ANALISIS VARIABILITAS CURAH HUJAN DAN SUHU DI BALI

Ogi Setiawan

Abstract


Indonesia sebagai negara kepulauan yang terdiri dari pulau-pulau besar dan kecil menjadi sangat rentan terhadap dampak perubahan iklim. Salah satu pulau yang juga rentan terhadap perubahan iklim adalah pulau Bali. Dampak potensial adanya perubahan iklim adalah perubahan pola hujan, peningkatan suhuudaradankenaikanpermukaanlaut. Sektoryangakanmenerimadampakperubahaniklimdengan serius adalah sektor kehutanan dan pertanian. Untuk mendukung upaya mitigasi dan adaptasi maka diperlukan informasi perubahan iklim yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabilitas iklim di Bali. Metode yang digunakan adalah analisis kecenderungan curah hujan, analisis perubahan suhu udara, analisis perubahan tipe iklim dan analisis pergeseran bulan basah, lembab dan kering. Data hujan yang digunakan adalah data hujan dari GPCC (1961-1998) dan BMKG Bali (19992008), sedangkan data suhu berasal dari BMKG Bali (2004-2008). Hasil analisis menunjukkan bahwa di pulau Bali secara umum sudah mengalami perubahan iklim. Tipe iklim berdasarkan Schmidt-Ferguson mengalami perubahan dari relatif basah menjadi agak kering. Suhu udara rata-rata bulanan serta curah hujan bulanan dan tahunan memiliki kecenderungan yang semakin meningkat. Bulan basah dan bulan kering telah mengalami pergeseran dan perubahan jumlahnya. Dampak perubahan iklim terhadap ekosistem hutan di Bali belum diketahui dengan pasti, namun terdapat beberapa implikasi perubahan iklim terhadap sektor kehutanan diantaranya kebakaran hutan dan perubahan jadwal penanaman.



Keywords


Perubahan iklim; curah hujan; suhu udara; Bali.

Full Text:

PDF

References


Asdak, C. 2002. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. Edisi revisi. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Bayong Tjasyono, H.K. 1999. Klimatologi Umum. PenerbitITB. Bandung.

Bayong Tjasyono, H.K. 2004. Klimatologi. PenerbitITB.Bandung.

IPCC. 2007. Climate Change 2007 : Impacts, Adaptation and Vulnerability. Contribution of Working Group II to the Fourth Assessment Report of the Intergovernmental Panel on Climate Change. M.L. Parry, O.F. Canziani, J.P. Palutikof, P.J. van der Linden, and C.E. Hanson. ( .). Cambridge University Press.Cambridge,UK.

Las, I. 2007. Kebijakan litbang pertanian menghadapi perubahan iklim. Dipresentasikan pada pertemuan Pokja Anomali Iklim mengenai Dampak Perubahan Iklim terhadap Sektor Pertanian. Strategi Antisipasi dan Teknologi Adaptasi. 20 Agustus 2007. Bogor.

Meiviana, A., D.R. Sulistiowati, dan M.H. Soejach-moen.2004.BumiMakinPanas. AncamanPerubahanIklimdiIndonesia. Kementerian Lingkungan Hidup RepublikIndonesiadanYayasanPelangi Indonesia.Jakarta.65Hlm.

Naylor, R.L., D.S. Battisti, D.J. Vimont, W.P. Falcon, and M.B. Burke. 2007. Assessing risks of climate variability and climate change for Indonesian rice agriculture. ProceedingsoftheNationalAcademyof SciencesoftheUnitedStatesofAmerica. PNAS104(19):7752-7757.

Panjiwibowo, C., R.Wisnu, H. S. Moekti, dan T. Olivia. 2003. Mencari PohonUang: CDMKehutanandiIndonesia. Yayasan Pelangi. Jakarta.

Qodrita Avia, L. 2007. Variabilitas Curah HujandiDenpasar1926-2002. Prosiding Seminar Nasional Pemanasan Global dan Perubahan Global . Fakta, Mitigasi, dan Adaptasi.

Runtunuwu, E. and A. Kondoh. 2006. Assessing Global Climate Variability

.Diakses20Desember2009. www.dirgantara

lapan.or.id

and Change under Coldest and Warmest Periods at Different Latitude Regions. IJAS.( ).

Schmidt, F.H., and J.H.A. Fergusson. 1951. Rainfall types based on wet and dry periodratiosforIndonesiawithWestern NewGuinea.DjawatanMeteorologidan Geofisik.Jakarta.

Vladu, I.F. 2006. Adaptation as part of the development process. Technology Subprogramme. Adaptation, Technology andScienceProgramme.UNFCCC




DOI: https://doi.org/10.20886/jakk.2012.9.1.66-79

Copyright (c) 2017 Jurnal Analisis Kebijakan Kehutanan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.