PENGKAJIAN METODE UNTUK ANALISIS TOTAL LOGAM BERAT DALAM DAGING IKAN MENGGUNAKAN METODE ASSOCIATION OF OFFICIAL ANALITICAL CHEMIST (AOAC) MODIFIKASI

Siti Masitoh, Arum Prajanti, Jenia Mustika, Nurhasni Nurhasni

Abstract


Pengujian logam berat dalam material (daging ikan) tidak hanya tergantung pada prosedur yang telah ada tapi juga dapat dilakukan modifikasi untuk pengembangan, supaya dapat diketahui dan dipilih metode analisis yang paling cocok. Oleh karenanya, dalam penelitian ini dilakukan kajian metode Association of Official Analitical Chemist (AOAC) modifikasi internasional 2005: 999.10,dengan menggunakan Flame Atomic Absorption Spectrophotometry(FAAS) dan Graphite Furnace Atomic Absoption Spectroscopy(GFAAS). Pengkajian terhadap metode standar yang dimodifikasi perlu dilakukan oleh laboratorium untuk menegaskan dan mengkonfirmasikan bahwa metode tersebut sesuai dengan penggunaannya. Contoh uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah daging ikan dan Certified reference material(CRM) DORM-4 Fish Protein Certified Reference dari Kanada. Sebanyak 0,5 gram contoh uji dan CRM ditimbang kemudian ditambahkan dengan asam HNO3 dan selanjutnya didestruksi menggunakan microwave digestion. Larutan hasil destruksi kemudian diukur konsentrasi logam total tembaga (Cu), seng (Zn), besi (Fe), kadmium (Cd) dan timbal (Pb) dengan menggunakan FAAS dan GFAAS. Parameter dalam kajian metode ini meliputi linearitas, limit deteksi, akurasi dan presisi. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode AOAC modifikasi dengan penambahan HN03 untuk analisis logam berat telah memenuhi semua persyaratan keberterimaan suatu metode untuk digunakan dalam analisis di laboratorium


Keywords


HNO3, logam berat , microwave digestion,kajian metode,CRM

Full Text:

PDF

References


(1) Mukono, MS. 2009. Arsen, Dampak Terhadap Kesehatan Serta Penanggulangannya. Fakultas Kesehatan MasyarakatUniversitas Airlangga.

(2) Dony, Purnomo. 2009. Logam Berat Sebagai Penyumbang Pencemaran Air Laut. http://logam-berat-sebagai penyumbang-pencemaran-air-laut dony-purnomo_files/style_002.css. tgl akses 15 desember 2011 pukul 19.45 Wib.

(3) Harmita. 2004. Petunjuk Pelaksanaan Validasi Metode dan Cara Perhitunggannya. Departemen Farmasi FMIPA-UI Vol. I, No.3, Desember 2004, 117 – 135.

(4) AOAC 999.10. 2005. Official Method of Analysis of the Association of OfficialAnalytical Chemist. Benyamin Franklin Station. Washington, D.C.

(5) Anwar Hadi. 2010. Pedoman Verifikasi Metode Pengujian Parameter Kualitas Lingkungan. Asdep Urusan Standarisasi, Teknologi dan Produk Bersih Deputi Bidang Pembinaan Sarana Teknis dan Peningkatan Kapasitas, KLH, Jakarta, 2010.

(6) Standard Methods for the Examination of Water and Waste water 21st edition, 4500-S2-D, 2012, American Public Health Association (APHA), Washington DC USA




DOI: https://doi.org/10.20886/jklh.2014.8.1.43-51

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Ecolab

This Journal Index by:

  

 

 

  

e-ISSN: 2502-8812, p-ISSN: 1978-5860
Ecolab is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License