Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Penelitian Agroforestry?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PETUNJUK UNTUK PENULIS

Naskah ditulis dalam format kertas berukuran A4 (210 mm x 297 mm) dengan margin atas 3 cm, margin bawah 3 cm, margin kiri dan kanan masing–masing 2 cm. Bentuk naskah berupa 2 kolom dengan jarak antar kolom 1 cm. Panjang naskah hendaknya maksimal 12 halaman, termasuk lampiran. Jarak antara paragraf adalah satu spasi tunggal.  Naskah merupakan hasil penelitian dalam bidang sosial dan ekonomi kehutanan, serta lingkungan. Naskah harus berisi informasi yang benar, jelas dan memiliki kontribusi substantif terhadap bidang kajian.

FORMAT: Naskah diketik di atas kertas putih A4, Times New Roman, font 12, keculai Abstrak, Kata Kunci dan Daftar Pustaka font 10

SISTEMATIKA PENULISAN

     JUDUL

     Identitas Penulis

     Abstrak dan Kata Kunci

     I. PENDAHULUAN

     II. METODE PENELITIAN

     III. HASIL DAN PEMBAHASAN

     IV. KESIMPULAN DAN SARAN

     UCAPAN TERIMA KASIH

     DAFTAR PUSTAKA

     LAMPIRAN

JUDUL : Dibuat dalam 2 bahasa, harus mencerminkan isi tulisan, dan ditulis dengan Times New Roman. Bahasa Indonesia dengan font 14, huruf kapital, tegak dan tidak lebih dari 2 baris atau tidak lebih dari 13 kata. Bahasa Inggris dengan font 12, huruf kecil, italik, dan diapit tanda kurung.

IDENTITAS PENULIS: Nama penulis (tanpa gelar dan jabatan) dicantumkan di bawah judul, di bawahnya diikuti nama dan alamat instansi, no. telp./faks. serta alamat e-mail penulis ditulis dengan font lebih kecil dari font teks (font 10).

ABSTRAK: Dibuat dalam dua bentuk: pertama untuk Lembar Abstrak, maksimal 100 kata, dan kedua (Abstrak) maksimal 200 kata, keduanya berupa intisari dari naskah secara menyeluruh dan informatif.

KATA KUNCI: Dicantumkan di bawah abstrak masing-masing, maksimal 5 entri, dibuat dalam bahasa yang digunakan dalam Lembar Abstrak dan Abstrak.

I. PENDAHULUAN : Mencakup latar belakang, sasaran atau luaran, hasil yang telah dicapai.

II. METODE PENELITIAN : Metode penelitian yang digunakan harus ditulis sesuai dengan cara ilmiah, yaitu rasional, empiris dan sistematis

III. HASIL DAN PEMBAHASAN : Hasil disajikan dalam bentuk uraian umum. Disusun secara berurutan sesuai dengan tujuan penelitian. Pembahasan dapat menjawab apa arti hasil yang dicapai dan apa implikasinya.

TABEL: Diberi nomor, judul, dan keterangan yang diperlukan, ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.  Tabel ditulis dengan Times New Roman ukuran 10 pt.

GAMBAR: Gambar, grafik, dan ilustrasi lain yang berupa gambar harus berwarna kontras (hitam putih atau berwarna), masing-masing harus diberi nomor, judul, dan keterangan yang jelas dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Penulisan keterangan gambar menggunakan huruf Times New Roman berukuran 10 pt, bold dan diletakkan di bagian bawah. Penulisan keterangan gambar menggunakan huruf Times New Roman berukuran 10 pt, bold dan diletakkan di bagian bawah.

FOTO: Harus mempunyai ketajaman yang baik, diberi nomor, judul, dan keterangan yang jelas dalam bahasa Indonesia dan Inggris.  Resolusi gambar disarankan paling sedikit 300 dpi, sehingga gambar tetap terbaca jelas meskipun diperbesar.

IV. KESIMPULAN DAN SARAN

A. KESIMPULAN : Memuat hasil yang telah dibahas. Hal yang perlu diperhatikan adalah segitiga konsistensi (masalah-tujuan-kesimpulan harus konsisten).

B. SARAN : Saran dapat dikemukakan untuk dipertimbangkan pembaca.

UCAPAN TERIMA KASIH : Merupakan bagian yang wajib ada dalam sistematika karya tulis ilmiah.  Suatu penelitian tidak akan berhasil tanpa melibatkan pihak-pihak yang telah membantu, baik berperan secara finansial, teknis, maupun substantif.  Ucapan terima kasih merupakan sebuah kewajiban, bukan pilihan (opsional).

DAFTAR PUSTAKA : Daftar pustaka merupakan referensi yang dirujuk dalam naskah, diutamakan terbitan paling lama 5 tahun terakhir. Format penulisan Daftar Pustaka mengacu pada American Psychological Association (APA) style. Referensi terdiri dari acuan primer dan/atau acuan sekunder. Penulisan sitasi dan daftar pustaka diharuskan menggunakan aplikasi referensi seperti Mendeley & Endnote.

LAMPIRAN

CATATAN : Penggunaan titik dan koma dalam penulisan angka: Naskah (teks) bahasa Indonesia: titik (.) menunjukkan kelipatan ribuan dan koma (,) menunjukkan pecahan. Naskah (teks) bahasa Inggris: titik (.) menunjukkan pecahan dan koma (,) menunjukkan kelipatan ribuan.

KONDISI : Dewan Redaksi berhak mengubah naskah tanpa mengurangi isi yang terkandung di dalamnya, dan juga berhak menolak naskah yang dianggap tidak memenuhi ketentuan yang disyaratkan. Penulis dari luar instansi Badan Litbang Kehutanan wajib menyertakan curriculum vitae singkat dan alamat yang jelas.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah saya belum pernah diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam proses pada media publikasi yang lain.
  2. Tulisan tersebut adalah benar-benar hasil pemikiran sendiri/tim dan bukan merupakan penjiplakan dari sumber manapun (bebas plagiarisme)
  3. Tulisan yang disusun telah memperhatikan peraturan, pedoman, kaidah penulisan dan kode etik peneliti yang berlaku serta melampirkan Surat Pernyataan Klirens Etik (Perka LIPI 08/E/2013)
  4. Naskah yang diajukan telah ditulis menggunakan Aplikasi Pengolah Kata (Word: .doc /.docx). (Format menyesuaikan template yang telah disiapkan)
  5. Judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Judul dibuat tidak lebih dari 2 baris (berkisar antara 10-15 kata)
  6. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, tidak lebih dari 200 kata dalam bahasa Inggris dan 250 kata dalam bahasa Indonesia
  7. Daftar Pustaka ditulis sesuai gaya penulisan Jurnal Penelitian Hasil Hutan. dengan mengikuti tatacara (style) yang dikeluarkan oleh APA (American Psychological Association). Disarankan untuk memakai aplikasi mendeley.
  8. Penulis tidak menyalin daftar pustaka suatu terbitan jika memang tidak membaca sendiri karya tulis yang disitasi
  9. Kemutakhiran Daftar Pustaka >80%, dapat dihitung dengan rumus: Jumlah daftar pustaka 5-10 tahun terakhir  x 100%
    jumlah keseluruhan daftar pustaka
 

Copyright Notice

Naskah yang dikirim penulis ke Jurnal Penelitian Agroforestry (JPAG), bila diterima dan layak terbit maka hak cipta harus diberikan kepada JPAG dan Balai Penelitian Teknologi Agroforestry selaku penerbit jurnal.

Copyright meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel di semua bentuk dan media, termasuk cetak, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Reproduksi setiap bagian dari jurnal ini, penyimpanan dalam database dan transmisi oleh media, seperti elektronik, elektrostatik dan mekanik salinan, fotokopi, rekaman, media magnetik, dll, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari Jurnal Penelitian Agroforestry.

Jurnal Penelitian Agroforestry dan Balai Penelitian Teknologi Agroforestry menjamin para editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data yang salah atau menyesatkan, pendapat atau pernyataan dipublikasikan dalam jurnal. 

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.