STRATEGI PENGEMBANGAN ILES-ILES (Amorphophallus spp.) SEBAGAI HASIL HUTAN BUKAN KAYU (HHBK) DI KABUPATEN KUNINGAN, JAWA BARAT

Eva Fauziyah, Dian Diniyati, Suyarno Suyarno, Eyet Mulyati

Abstract


Iles-iles (Amorphophallus spp.) termasuk dalam jenis HHBK berupa umbi-umbian penghasil pati yang memiliki banyak kegunaan.  Iles-iles di Provinsi Jawa Timur bahkan sudah menjadi salah satu jenis HHBK unggulan provinsi.    Iles-iles di Kabupaten Kuningan banyak ditemukan di lahan hutan rakyat maupun hutan negara, namun sejauh ini belum dikembangkan dengan baik.  Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh informasi mengenai faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perkembangan iles-iles dan memperoleh strategi pengembangan iles-iles.  Penelitian ini dilakukan Kabupaten Kuningan, Jawa Barat pada bulan Agustus sampai dengan bulan Desember 2009.  Responden diambil secara sengaja yakni para pakar yang memahami tentang perkembangan iles-iles di Kabupaten Kuningan.  Data dikumpulkan melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner dan wawancara mendalam.  Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis dengan analisis SWOT.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang termasuk faktor  internal utama (kekuatan dan kelemahan) adalah dapat tumbuh di bawah naungan (0,661) dan pertumbuhan awal lama (0,700). Yang termasuk faktor eksternal  utama (peluang dan ancaman) adalah kebutuhan ekspor masih sangat tinggi (0,792) dan jumlah bandar masih terbatas (0,803).  Strategi yang terbaik untuk mengembangkan iles-iles di Kabupaten Kuningan adalah dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada (strategi SO), melalui kemitraan dan kegiatan penyuluhan.


Keywords


Iles-iles; Amorphophallus spp.; SWOT; faktor internal; faktor eksternal

Full Text:

PDF

References


Ali, I. 2013. Iles-iles Tak Kenal Tak Sayang. htp://www.bebeja.com/iles- iles-tak kenal-tak-sayang. Diakses tanggal 20 Maret 2013.

Anonim. 2010. Nilai Ekonomis dan Budidaya Porang. http://www. bojonegoro.go.id/baru/images/artikel/porang.jpg. Diakses tanggal 20 Maret 2013.

Aulinurman, E. 1998. Keunggulan Komparatif dan Kompetitif Iles-iles (Amorphophallus sp.) di Lahan Hutan. Skripsi Jurusan Ilmu-ilmu Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian IPB. Bogor. Tidak diterbitkan.

Ermiati dan M.P Laksmanahardja. 1996. Manfaat Iles-iles (Amorphophalus spp.) sebagai Bahan Baku Makanan dan Industri : 74-80. Jurnal Litbang Pertanian. XV (3). Balai Litbang Pertanian. Jakarta.

Fauziyah, E. 2004. Prospek Pengembangan Iles-iles (Amorphopallus muelleri Blume) sebagai Komoditi Penyusun Hutan Kemasyarakatan. Buletin Al-Basia Vol.1 No.2, Desember 2004:59 -64. Loka Litbang Hutan Moonsoon Ciamis.

Fauziyah, E. 2010. Prospek Pengem- bangan Iles-iles (Amorphopallus spp.) di Hutan Rakyat. Jurnal inovasi Vol.7 No.3, September 2010 : 239-245. Balitbangda. Medan.

Ikhsan, S. dan A. Aid. 2012. Analisis SWOT untuk Merumuskan Pengembangan Komoditas Karet di Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah. http://faperta.unlam.ac.id/web/wp- content/uploads/downloads/2012/03/013_1Sadik-SWOT.pdf. Diakses tanggal 16 Januari 2013.

Koswara, S. Tanpa tahun. Modul Teknologi Pengolahan Umbi-Umbian. http:// seafast.ipb.ac.id/tpc-project. Diakses tanggal 20 Maret 2013.

Pandelaki, L. 2012. Strategi Pengembangan Budidaya Rumput Laut di Pulau Nain Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Perikanan dan Kelautan Tropis Vol.VIII-2, Agustus 2012:52-57. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas Sam Ratulangi. Manado.

Permenhut No P.35/Menhut/2007 tentang Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK).

Novianty, R., S. Sastrawibawa, dan D.J. Prihadi. 2011. Identifikasi Keru- sakan dan Upaya Rehabilitasi Eko- sistem Mangrove di Pantai Utara Kabupaten Subang. http: / / jurnal. unpad.ac.id/acuatica/article.download. Diakses tanggal 16 Juli 2013.

Rangkuti, F. 2000. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia. Jakarta.

Sumarwoto. 2007. Revieuw : Kandungan Mannan pada Tanaman Iles-iles (Amorphophallus muelleri Blume.). http:/ / biosains.mipa.uns.ac.id . Diakses tanggal 20 Maret 2013

Supriadi, H. 2008. Strategi Kebijakan Pembangunan Pertanian di Papua Barat. Jurnal Analisis Kebijakan Pertanian Vol. 6 No. 4, Desember 2008: 352-377. Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Bogor.

Yuhono, JT. dan P. Rosmeilisa. 1996. Analisis Kelayakan Usahatani Iles- iles pada Lahan Hutan Produksi di Kabupaten Madiun. Jurnal Penelitian Tanaman Industri Vol II (1): 21-26. Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat. Bogor.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Hak cipta dari Jurnal Penelitian Agroforestry (JPAG)
pISSN : 2355-6366
JPHH dibawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International