Serangan Kumbang Pemakan Daun Tanaman Jenis Dipterokarpa di PT Inhutani II, Pulau Laut, Kalimantan Selatan

Ngatiman Ngatiman, Armansah Armansah

Abstract


Tanaman jenis dipterokarpa (Shorea leprosula dan S. ovalis) di areal hutan PT Inhutani II, Pulau Laut, Kalimantan Selatan diserang kumbang (Scarabaeidae, Coleoptera) yang mengakibatkan tajuk tanaman menjadi gundul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui frekuensi dan intensitas serangan kumbang pada tanaman S. leprosula dan S. ovalis. Untuk maksud tersebut dibuat jalur pengamatan pada beberapa petak tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa frekuensi serangan kumbang berkisar 97,5 – 100,0% dengan intensitas serangan berkisar 28,9 – 62,8%. Selain kumbang menyerang tanaman S. leprosula dan S. ovalis, juga ditemukan menyerang daun S. johorensis, Duabanga molluccana dan Arthocarpus anysophyllus yang tumbuh secara alami.

Keywords


S. leprosula; S. ovalis; frekuensi; intensitas; kumbang

References


Husaeni, E.A. 2001. Hama Hutan Tanaman. Fakultas Kehutanan. Institut Pertanian Bogor.

Mardji, D. 1996. Hama dan penyakit tanaman jenis Dipterocarpaceae di Bukit Soeharto. Laporan Penelitian. Lembaga Penelitian Universitas Mulawarman, Samarinda.

Mardji, D. 2000. Penuntun Pratikum Penyakit Hutan. Fakultas Kuhutanan Universitas Mulawarman, Samarinda.

Mardji, D. 2003. Identifikasi Dan Penanggulangan Penyakit Pada Tanaman Kehutanan. Pelatihan Bidang Perlindungan Hutan di PT ITCI Kartika Utama, Samarinda.

Okochi, I. dan Fathiah. 1994. Insects and Amphibians in Bukit Soeharto Experiment Forest. Research Report Pusrehut Unmul, Samarinda.

Subiakto, A. dan P. Parthama. 2007. Pemilihan jenis dan biaya penanaman Dipterokarpa. Info Teknis Dipterokarpa Vol.1 No.1. Hal.1-6. Balai Besar Penelitian Dipterokarpa, Samarinda.

Sumardi dan S.M. Widyastuti. 2004. Dasar-dasar perlindungan hutan. Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Tjitrosemito, S., G. Rahayu dan K. Martosentono. 2007. Potensi dan pencegahan hama dan penyakit hutan tanaman Dipterokarpa di Indonesia. Prosiding Seminar Pengembangan Hutan Tanaman Dipterokarpa dan Expose TPTII/SILINT. Balai Besar Penelitian Dipterokarpa, Samarinda.

Turjaman, M., R.S.B. Irianto., I.R. Sitepu dan E. Santoso. 2009. Serangan ulat daun pada jenis-jenis pohon penghasil gaharu dan strategi pengendaliannya. Gelar Teknologi Badan Litbang Kehutanan, Jakarta.

Winada, E. 1996. Efektivitas penggunaan beberapa konsentrasi insektisida Diazinon 60 EC dan Tamaron 200 EC terhadap kematian serangga Lacosta migratoria manilensis Meyen pada

permudaan Shorea spp. di PT Kiani Hutani Lestari, Batu Ampar, Kabupaten Kutai Timur. Skripsi Sarjana Fakultas Kehutanan, Universitas Mulawarman, Samarinda.




DOI: https://doi.org/10.20886/jped.2014.8.2.117-122

Copyright (c) 2016 Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by: Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Lingkungan Hidup

Address: Street A. Wahab Syahrani No.68, Sempaja, Samarinda, East Kalimantan, Indonesian

Phone: 0541-206364 | Faximile: 0541-742298

Website: http://www.diptero.or.id

Email: publikasidiptero@gmail.com

 

 

Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa Indexed By:

      

   

 

 

Copyright © 2018 | Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa

Creative Commons License
The JPED is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.