KAJIAN ATURAN ADAT PEMANFAATAN TANE' OLEN OLEH MASYARAKAT LOKAL DI DESA SETULANG KABUPATEN MALINAU, KALIMANTAN TIMUR

Catur Budi Wiati

Abstract


Keberadaan Tane Olen yang masih dipelihara dan dikelola secara bijaksana menunjukkan bahwa  masyarakat Desa Setulang memiliki suatu aturan adat dalam pemanfaatannya. Keberadaan aturan adat dalam pemanfaatan sumberdaya hutan mencerminkan pentingnya keberadaan sumberdaya hutan bagi masyarakat lokal. Penelitian yang dilakukan antara April – Mei 2012 di Desa Setulang, Kabupaten Malinau, Kalimantan Timur ini bertujuan untuk menginformasikan hasil identifikasi hukum adat dalam pemanfaatan Tane’ Olen oleh masyarakat Desa Setulang. Hasilnya menunjukkan bahwa aturan adat pemanfaatan Tane’ Olen yang dimiliki masyarakat Desa Setulang sangat dipengaruhi oleh aturan adat leluhur mereka dari suku Dayak Kenyah Oma’ Longh saat masih di Long Sa’an, hulu Sungai Pujungan, Kabupaten Malinau. Aturan adat tersebut berupa aturan pembatasan pemanfaatan Tane’ Olen agar seluruh masyarakat Desa Setulang dapat memperoleh manfaatnya secara adil dan berkelanjutan.

Keywords


aturan adat, sumberdaya hutan, masyarakat lokal, Tane’ Olen, Desa Setulang

References


Iwan, R. dan Godwin Limberg, 2009. Tane’ Olen Sebagai Alternatif Pengelolaan Hutan: Perkembangan Lanjutan di Desa Setulang, Kalimantan Timur (Dalam Buku Desentralisasi Tata Kelola Hutan. Politik, Ekonomi dan Perjuangan untuk Menguasai Hutan di Kalimantan, Indonesia). Disunting oleh Moira Moeliono, Eva Wollenberg dan Godwin Limbeg. Center for International Forestry Research (CIFOR). Bogor.

Konradus, B. 1999. Jaringan Pemasaran Gaharu, Pengelolaan Hutan, dan Dampak Sosiologis, Ekonomis, dan Ekologisnya di Kawasan Sungai Bahau. (Dalam Buku Kebudayaan dan Pelestarian Alam: Penelitian Interdisipliner di Pedalaman Kalimantan). Penyunting Cristina Eghenter dan Bernard Sellato. Diterbitkan atas Kerjasama Direktorat Jenderal PHPA Departemen Kehutanan RI, The Ford Foundation dan WWF Indonesia. Jakarta.

Lamis, K., Paulus Bunde dan Concordius Kanyan. 1999. Pola-Pola Penguasaan Hak Atas Tanah pada Tiga Suku Bangsa Dayak Kenyah (Dalam Buku Kebudayaan dan Pelestarian Alam: Penelitian Interdisipliner di Pedalaman Kalimantan ). Penyunting Cristina Eghenter dan Bernard Sellato. Diterbitkan atas Kerjasama Direktorat Jenderal PHPA Departemen Kehutanan RI, The Ford Foundation dan WWF Indonesia. Jakarta.

Peraturan Adat Oma’ Longh Nomor: 02/BMAOL/III/2003 Tanggal 5 Januari 1998. Badan Musyawarah Adat Oma’ Longh. Setulang

Pemerintah Desa (Pemdes) Setulang. 2011. Proposal Penetapan Areal Kerja Hutan Desa di Desa Setulang, Kecamatan Malinau Selatan, Kabupaten Malinau, Propinsi Kalimantan Timur. Setulang

Peraturan Desa (Perdes) Setulang. 2011. No: 1/DsSet/Tahun 2011. Badan Permusyawaratan DesaSetulang.

Rahmadani, F. dan Edy Marbyanto. 2010. Hasil Kajian Desa Partisipatif dan Pendampingan Penyusunan Proposal Pengelolaan Hutan Desa di Desa Setulang – Kabupaten Malinau.

Sidiyasa, K., Zakaria dan Ramses Iwan, 2006. Hutan Desa Setulang dan Sengayan Malinau, Kalimantan Timur. Potensi dan Identifikasi Langkah-langkah Perlindungan dalam Rangka Pengelolaannya Secara Lestari. Center for International Forestry Research (CIFOR). Bogor.

Subroto, D. 1997. Sistem Pengelolaan Tana’ Ulen oleh Masyarakat Dayak Kenyah di Desa Batu Majang Kecamatan Long Bagun Kabupaten Kutai. Skripsi. Fakultas Kehutanan. Universitas Mulawarman. Samarinda.

Usung. A, Made Sudana dan Eva Wollenberg. 2001. Ketergantungan Masyarakat Dayak Terhadap Hutan di Sekitar Taman Nasional Kayan Mentarang. Center for International Forestry Research (CIFOR). Bogor.




DOI: https://doi.org/10.20886/jped.2013.7.2.123-130

Copyright (c) 2016 Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by: Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Lingkungan Hidup

Address: Street A. Wahab Syahrani No.68, Sempaja, Samarinda, East Kalimantan, Indonesian

Phone: 0541-206364 | Faximile: 0541-742298

Website: http://www.diptero.or.id

Email: publikasidiptero@gmail.com

 

 

Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa Indexed By:

      

   

 

 

Copyright © 2018 | Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa

Creative Commons License
The JPED is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.