POTENSI DAN SEBARAN SPESIES POHON PENGHASIL MINYAK KERUING DI HUTAN PENELITIAN LABANAN, KALIMANTAN TIMUR

Amiril Saridan, Agus Kholik, Tati Rostiwati

Abstract


Hutan Penelitian Labanan memiliki keanekaragaman spesies yang sangat tinggi. Salah satu genus diantaranya adalah Dipterocarpus (keruing) yang memiliki potensi sebagai penghasil minyak keruing. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data potensi dan sebaran spesies pohon penghasil minyak keruing. Penelitian ini menggunakan plot berukuran 100 m x 100 m (1 ha) sebanyak tiga plot. Pengamatan dilakukan terhadap semua individu pohon yang berdiameter 10 cm dan ke atas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam spesies pohon penghasil minyak keruing dari sembilan spesies keruing yang ditemukan diarea penelitian yaitu Dipterocarpus stellatus ssp. parvus Ashton, D. palembanicus Sloot., D. verrucosus Foxw. ex Sloot., D. confertus Sloot. , D. grandiflorus (Blco) Blco. dan D. cornutus Dyer. Potensi pohon penghasil minyak keruing rata-rata 35 batang/ha dan rata-rata per jalur adalah tujuh batang dengan total volume tegakan keruing secara keseluruhan sebesar 234,09 m3/ha. Secara umum spesies keruing tumbuh pada kelerengan yang sangat curam. Dipterocarpus stellatus ssp. parvus Ashton memiliki kemampuan tumbuh di berbagai kelerengan tersebar di semua areal plot penelitian dan termasuk spesies pohon yang mendominasi areal penelitian. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang potensi dan sebaran spesies pohon penghasil minyak keruing yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat di sekitar hutan. 

Keywords


Dipterocarpus spp.; potensi; sebaran; Labanan

References


Ashton, P.S. 1982. Flora Malesiana, Series I – Spermatophyta, Flowering Plants. Vol. 9. Part 2. Dipterocarpaceae. Martinus Nijhoff. The Hague, Boston, London.

Boer, E. dan Ella, A.B. 2001. Plant Producing Exudates. PROSEA No. 18. Bogor.

Dastur,J.F.1996.Medicinal PlantsofIndiaandPakistan.D.B.TaraporevellaSons&Co.Private Ltd. 76 – 150.

Kartawinata, K. 1983. Jenis-jenis Keruing. Lembaga Biologi Nasional – LIPI. Bogor.

Lawrence, B.M. 1985. A Review of The World Production of Essential Oils (1984). Perfumer and Flavourist 10: 2 – 15.

Newman, M.F., Burgess, P.F. dan Whitmore, T.C. 1999. Pedoman Identifikasi Pohon-pohon Dipterocarpaceae Pulau Kalimantan. PROSEA Indonesia. Bogor.

Schmidt, F.H. dan Ferguson, J.H.A. 1951. Rainfall Type Based on Wet and Dry Period Ratios for Indonesia with Western New Guenia. Verhan 42. Jawatan Meteorologi dan Geofisika. Jakarta.

Shiva,M.P.dan Jantan,I.1998.NonTimberForestProductfromDipterocarps.DalamApannah,S. dan Turnbull, J.M. (eds.). A Review of Dipterocarps: Taxonomy, Ecology and Sylviculture. Bogor: CIFOR.

Sutisna, M. 2000. Hasil Penelitian. Dalam Sutisna, M. dan Suyana, A. 1997-2000. Laporan Akhir Tahun Ke-3 Penelitian Kajian Penjarangan TPTI. Kerja sama Penelitian antara Balai Penelitian Kehutanan Samarinda dan Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman, Samarinda.

Weidelt, H.J. 1996. Sustainable Management of Dipterocarp Forest Opportunities and Constraints. Dalam Schulte, A. dan Schone, D. (eds.). Dipterocarp Forest Ecosystems. World Scientific Publishing Co. Singapura.

Yulita, K.S. 2002. Sebuah Tinjauan Mengenai Potensi Dipterocarpus (Dipterocarpaceae) Sebagai Tumbuhan Obat dan Aromatik. Prosiding Simposium Nasional II Tumbuhan Obat dan Aromatik. LIPI. Bogor.




DOI: https://doi.org/10.20886/jped.2011.5.1.11-22

Copyright (c) 2016 Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by: Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Lingkungan Hidup

Address: Street A. Wahab Syahrani No.68, Sempaja, Samarinda, East Kalimantan, Indonesian

Phone: 0541-206364 | Faximile: 0541-742298

Website: http://www.diptero.or.id

Email: publikasidiptero@gmail.com

 

 

Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa Indexed By:

      

   

 

 

Copyright © 2018 | Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa

Creative Commons License
The JPED is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.