Kajian Tempat Tumbuh 3 Jenis Meranti Komersil di Sangkima, Taman Nasional Kutai, Kalimantan Timur

Nilam Sari, Rizki Maharani

Abstract


Dilandasi oleh kebutuhan bahan baku kayu pertukangan yang terus meningkat, maka dilakukan penelitian mengenai kajian tempat tumbuh tiga jenis Meranti komersil, yaitu: Shorea smithiana, Shorea johorensis dan Shorea leprosula. Kajian ini diharapkan dapat menyediakan informasi tentang persyaratan tempat tumbuh ideal bagi jenis-jenis tersebut untuk penanamannya di hutan tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga jenis yang menjadi target memiliki INP yang cukup dominan dari jenis lainnya dan tumbuh pada kelas kelerengan yang sesuai dengan habitatnya pada hutan alam. Jenis Shorea smithiana tumbuh tanpa adanya keterkaitan atau saling mempengaruhi dengan jenis lain. Kedua jenis lainnya, Shorea johorensis dan Shorea leprosula hidupnya cenderung merugikan satu dengan lainnya atau mempunyai respon adaptasi yang berbeda dengan lingkungannya sebagai akibat dari kompetisi dalam hal cahaya, nutrisi, ruang tumbuh dan kebutuhan lainnya. Di sisi lain, hasil analisa tanah tempat tumbuh memperlihatkan sifat fisik tanah dan kimia tanah yang cukup baik, serta perubahan iklim mikro rata-rata (suhu udara sedang, kelembaban tinggi dengan intensitas cahaya yang rendah sampai dengan sedang).


Keywords


Shorea smithiana; Shorea johorensis; Shorea leprosula; INP; hasil hutan komersil

References


Duryat. (2006). Dimensi Tegakan dan Pengaruh Peubah Tempat Tumbuh Terhadap Produksi Damar Mata Kucing (Shorea javanica K. et. V.) di Krui Lampung Barat. IPB.

Fajri, M., & Saridan, A. (2012). Kajian Ekologi Parashorea malaanonan MERR di Hutan Penelitian Labanan Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Jurnal Penelitian Dipterokarpa, 6(2).

Faridah, E. (1996). Pengaruh Intensitas Cahaya, Mikoriza Dan Serbuk Arang Pada Pertumbuhan Alam Drybalanops Sp. Buletin Penelitian, 29.

Istomo. (1994). Hubungan Antara Komposisi, Struktur dan PenyebaranRamin (Gonystylus bancanus) dengan Sifat-sifat Tanah Gambut (Studi Kasus di Areal HPH PT. Inhutani III Kalimantan Tengah). IPB Bogor.

Kusumawati, E. S. (1996). Inventarisasi Kualitas Untuk Menduga Nilai Pohon Kenuar (Shorea johorensis Foxw.) (Studi Kasus di Areal Hak Pengusahaan Hutan PT. International Timber Corporation Indonesia, Balikpapan, Kalimantan Timur). IPB Bogor.

Latifah, S. (2004). Pertumbuhan Dan Hasil Tegakan Eucalyptus grandis DI Hutan Tanaman Industri. Universitas Sumatera Utara.

Noor, M., & Leppe, D. (1995). Pengaruh pembukaan celah terhadap tanaman Dipterocarpaceae apad areal bekas terbakar. Wanatrop, 8(1), 1–8.

Ohta, S., & Syarif, E. (1996). Soils Under Lowland Dipterocarp Forest – Characteristics and Classification. Dipterocarp Forest Ecosystems: Towards Sustainable Management. (A. Schulte & D. Schöne, Eds.). Singapore: World Science.

Sari, N. (2012). Persyaratan Tumbuh Jenis Dipterokarpa. Laporan Hasil Penelitian B2PD. Samarinda.

Supriyo, H. (1996). Chemical and Physical Characteristic of Major Soils Under Dipterocarp Forest in PT. Silva Gama Jambi Sumatera. In Suhardi et al (Ed.), Proceedings of Seminar on: Ecology an Reforestation of Dipterocarp Forest (pp. 72–84). Yogyakarta: Fakultas Kehutanan UGM.

Tan, K. H. (1995). Dasar-Dasar Kimia Tanah. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Wahyuningtyas, R. S. (2010). Pengaruh Pola Tanam Sengon Terhadap Kelimpahan Makrofauna Tanah (Studi Kasus di Hutan Rakyat Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, DIY). In Prosiding Seminar Nasional (Kontribusi Litbang dalam Peningkatan Produktivitas dan Kelestarian Hutan). Bogor: Pusat Litbang Peningkatan Produktivitas Hutan.




DOI: https://doi.org/10.20886/jped.2016.2.2.83-94

Copyright (c) Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by: Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Lingkungan Hidup

Address: Street A. Wahab Syahrani No.68, Sempaja, Samarinda, East Kalimantan, Indonesian

Phone: 0541-206364 | Faximile: 0541-742298

Website: http://www.diptero.or.id

Email: publikasidiptero@gmail.com

 

 

Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa Indexed By:

      

   

 

 

Copyright © 2018 | Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa

Creative Commons License
The JPED is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.