IDENTIFIKASI KERUSAKAN POHON SHOREA LEPROSULA MIQ DENGAN METODE FOREST HEALT MONITORING DI KHDTK SEBULU

Hartati Apriani, Kiswanto Kiswanto, Marjenah Marjenah

Abstract


Obyek penelitian tegakan Shore leprosula Miq dibangun oleh PT. KTI pada tahun 1992 di KHDTK Sebulu dengan tujuan untuk melakukan uji coba teknik Silvikultur. Mudahnya aksesisibilitas dan adanya beberapa aktivitas masyarakat di sekitar tegakan Shore leprosula Miq menyebabkan penurunan fungsi kawasan di sekitar tegakan yang dapat mempengaruhi kesehatan pohon sehingga perlu dilakukan penilaian kesehatan sebagai langkah pencegahan kerusakan yang lebih parah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan tegakan Shorea leprosula dengan mengidentifikasi kerusakan pohon. Penelitian dilakukan dengan metode Forest health Monitoring (FHM) dengan menggunakan skoring untuk setiap parameter kerusakan. Parameter penelitian yang dilakukan antara lain: lokasi kerusakan, tipe kerusakan, dan ambang batas kerusakan. Hasil Penelitian menunjukkan lokasi kerusakan paling banyak ditemukan kerusakan pada akar dan batang bagian bawah dengan persentase 90,32%. Tipe kerusakan berupa luka terbuka ditandai dengan terkelupasnya kulit batang yang disebabkan oleh bekas rumah rayap pada ambang kerusakan lebih dari 50%. Berdasarkan penilaian kerusakan pohon teridentifikasi 2 pohon pada kondisi rusak berat dan sebanyak 16 pohon berada pada kategori rusak sedang dengan nilai indek 3.92 < TDLI ≤ 4.52.


Keywords


Shorea leprosula, Kerusakan pohon, FHM

References


Ardiansyah, M., Medha, B. dan Suwasono, H. 2018. Penilaian Kondisi Fisik Pohon Tepi Jalan Utama Kota Malang. Jurnal Produksi Tanaman. 6(2): 273-282.

Cahyani, A., Rachmawati, N., & Fitriani, A. (2020). IDENTIFIKASI KERUSAKAN TEGAKAN SUNGKAI (Peronema canescens Jack) DI AREAL IUPHHK- HTI PT PRIMA MULTIBUANA KALIMANTAN SELATAN. Jurnal Sylva Scienteae, 3(1), 1-12.

Erly, H., Wulandari, C., Safe’i, R., Kaskoyo, H. dan Winarno, G.D. 2019.

Keanekaragaman Jenis dan Simpanan Karbon Pohon di Resort Pemerihan, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Jurnal Sylva Lestari. 7(2): 139-149.

Haikal, Fansuri Fikri And Safe'I Rahmat And Kaskoyo,Hari And Darmawan, Arief. 2020. Pentingnya Pemantauan Kesehatan Hutan Dalam Pengelolaan Hutan Kemasyarakatan (Studi Kasus Hkm Beringin Jaya Yang Di Kelola Oleh Kth Lestari Jaya 8). Jurnal Pulau-Pulau Kecil, 4 (1). Pp. 31-43.

Indriani, Y., Safe'i, R., Kaskoyo, H., & Darmawan, A. (2020). Vitalitas Sebagai Salah Satu Indikator Kesehatan Hutan Konservasi. Jurnal Perennial, 16(02), 40-46.

Iskandar, T. (2018). Penilaian Kesehatan Kebun Benih Semai Pinus Merkusii Dengan Metode Fhm (Forest Health Monitoring) Di Kph Sumedang Health Assessment for Seedling Seed Orchard of Pinus merkusii Using FHM (Forest Health Monitoring) Method in KPH Sumedang. Jurnal Silvikultur Tropika, 9(2), 99-108.

Kristin, Y., Qurniati, R., & Kaskoyo, H. (2018). Interaksi masyarakat sekitar hutan terhadap pemanfaatan lahan taman hutan raya wan abdul rachman. Jurnal Sylva Lestari, 6(3), 1-8.

Kurniadinata, K., Rusdiansyah, R., & Palupi, N. P. (2019). Studi Performa Akar Jagung (Zea Mays L.) pada Aplikasi Pupuk Organik dan Anorganik. Agropet, 14(2).

Mangold, R. (1997). Forest health monitoring: Field methods guide. Buku. USDA Forest Service. New York.

Ngatiman, N. (2014). Serangan Rayap Coptotermes Sp. pada Tanaman Meranti Merah (Shorea Leprosula Miq.) di Beberapa Lokasi Penanaman di Kalimantan Timur. Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa, 8(1), 59-64.

Safe’I, R., & Tsani,K.M. (2017). Penyuluhan Program Kesehatan Hutan Rakyat di Desa Tanjung Kerta Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran. Sakai Sembayan, Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(1), 35-37.

Soekotjo, 2009. Teknik Silvikultur Intensif (SILIN). Gadjah Mada University Press.




DOI: https://doi.org/10.20886/jped.2022.8.1.35-42

Copyright (c) 2022 Hartati Apriani, Kiswanto Kiswanto, Marjenah Marjenah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by: Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Lingkungan Hidup

Address: Street A. Wahab Syahrani No.68, Sempaja, Samarinda, East Kalimantan, Indonesian

Phone: 0541-206364 | Faximile: 0541-742298

Website: http://www.diptero.or.id

Email: publikasidiptero@gmail.com

 

 

Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa Indexed By:

      

   

 

 

Copyright © 2018 | Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa

Creative Commons License
The JPED is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.