Informasi untuk Penulis

Petunjuk bagi Penulis

Ruang Lingkup

Penulis dapat mengirimkan artikelnya dengan memperhatikan Fokus dan ruang lingkup JPED yang merupakan hasil penelitian yang memuat aspek lingkungan hidup dan ekosistem hutan Dipterokarpa, terutama dalam bidang : Silvikultur, Jasa Lingkungan (Nilai Hutan), Biometrik Hutan, Pengolahan Hasil Hutan, Keteknikan dan Pemanenan Hutan, Hasil Hutan Bukan Kayu, Perlindungan Hutan, Konservasi Sumberdaya Hutan, Perhutanan Sosial, Ekonomi dan Kebijakan, Ekologi Tumbuhan dan Biomassa Hutan, Mikrobiologi dan Bioteknologi, Hama dan Penyakit Hutan, Anatomi Kayu, Hidrologi dan Konservasi Tanah Hutan, Dendrologi, Fitogeografi dan Arsitektur Pohon, Fisiologi Tumbuhan

Selanjutnya Penulis Harap Memperhatikan Susunan Penulisan Sebagai Berikut:

Artikel/Naskah yang diserahkan asli karya penulis sendiri atau tim dan belum pernah diterbitkan di Majalah Ilmiah lainnya serta benar-benar hasil pemikiran sendiri/tim dan bukan merupakan penjiplakan dari sumber manapun (bebas plagiarisme).

Artikel/Naskah di tulis menggunakan aplikasi OpenOffice atau Microsoft Word dengan format Doc/Docx. Mengacu kepada Template Artikel/Naskah JPED. Tulisan tersebut adalah benar-benar hasil pemikiran sendiri/tim dan bukan merupakan penjiplakan dari sumber manapun (bebas plagiarisme).

FORMAT:Naskah diketik diatas kertas A4 pada satu permukaan dengan satu spasi, dua kolom, font Times New Roman 12pt. Pada semua tepi kertas disisakan ruang kosong minimal 2 cm.

BAHASA: Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia dengan abstrak dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Khusus Bahasa Asing/Latin menggunakan font Italic.

JUDUL: Judul dibuat tidak lebih dari 15 (lima belas) kata dan paling banyak dua baris serta harus mencerminkan isi tulisan. Nama penulis, Afiliasi dan email dicantumkan di
bawah judul.

ABSTRAK: Abstrak dibuat tidak lebih 250 kata berupa intisari permasalahan secara meneyluruh, dan bersifat informative mengenai hasil yang dicapai.

KATA KUNCI: Kata kunci terdiri atas tiga sampai lima kata, dimulai dari paling umum dan penting dan dipisahkan dengan tanda koma.

TABEL: Judul tabel dan keterangan yang diperlukan ditulis dengan bahasa Indonesia dan Inggris dengan jelas dan singkat, font Times New Roman 11pt. Tabel harus diberi nomor. Penggunaan tanda koma (,) dan titik (.) pada angka di dalam tabel masing-masing menunjukkan nilai pecahan/ decimal dan kebulatan seribu. Dibawahnya diikuti dengan sumber/keterangan yang jelas. GAMBAR: Grafik dan ilustrasi lain yang berupa gambar harus kontras, berukuran proporsional serta beresolusi tinggi, font Times New Roman 11pt. Setiap gambar harus diberi nomor, judul dan keterangan yang jelas dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Gambar dari acuan harus disebutkan sumbernya.

FOTO: Foto harus mempunyai ketajaman yang baik, diberi judul dan keterangan yang jelas dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

DAFTAR PUSTAKA: Disarankan menggunakan Aplikasi Referensi seperti Mendeley untuk memudahkan penyusunan Daftar Pustaka. Daftar Pustaka mengacu gaya Harvard atau American Psychological Association (APA), harus disusun menurut abjad nama pengarang dengan mencantumkan nama pengarang. (tahun terbit), judul pustaka, media, Vol, (No), Hal. penerbit dan kota penerbit. Sumber kutipan primer paling sedikit 80% dari total Daftar Pustaka. Kutipan tulisan sendiri dibatasi paling banyak 30% dari total Daftar Pustaka. Kemutakhiran kutipan paling lama dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir. Kemutakhiran Daftar Pustaka >80%, dapat dihitung dengan rumus:
Jumlah daftar pustaka 10 tahun terakhir  x 100%
Jumlah keseluruhan daftar pustaka

Komposisi Acuan Primer pada Daftar Pustaka setidaknya 10 buah dan akan lebih baik jika persentasenya di atas 80% (jurnal internasional, jurnal nasional terakreditasi, skripsi, tesis, disertasi dll.)