PENELITIAN PEMBUATAN METIL ESTER ASAM LEMAK RANTAI SEDANG DAN PANJANG SERTA PEMURNIAN GLISEROL DARI MINYAK KELAPA MURNI

Mappiratu Mappiratu, Ijirana Ijirana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kondisi optimum metanolisis minyak kelapa murni (MKM) dalam reaktor berpengaduk, metode pemurnian gliserol dan metode pemisahan metil ester asam lemak rantai sedang dari rantai panjang. Hasil penelitian menunjukkan MKM yang dihasilkan memenuhi persyaratan sebagai bahan baku metil ester asam lemak, sebab MKM yang dihasilkan mengandung air dan asam lemak bebas (FFA) mengandung asam laurat yang tinggi yaitu di atas 50% (52,86%). Kecepatan pengaduk dan waktu reaksi berpengaruh terhadap produksi 500 rpm dan waktu reaksi 50 menit. Pada kondisi tersebut fraksi massa metil ester asam lemak mencapai 100%. Metode pemurnian gliserol berpengaruh terhadap derajat kemurnian gliserol, dengan derajat kemurnian gliserol tertinggi adalah 98,04% yang diperoleh dari metode pemurnian ekstraksi dan netralisasi. Hasil fraksionasi metil ester asam lemak menghasilkan enam fraksi, tiga fraksi yaitu (fraksi I dan II dan VI) mengandung metil laurat yang lebih rendah dari MKM asalnya, dan tiga fraksi (fraksi III, IV dan fraksi V) mengandung metil laurat di atas MKM asalnya (di atas 70%). Fraksi VI dinyatakan sebagai metal ester asam lemak rantai panjang dengan rendemen 50% dari total metil ester asam lemak.


Keywords


Metil ester asam lemak; gliserol; minyak kelapa murni; metanolisis

References


(AOAC). Association of Official Agricultural Chemists. 1995. Official Methods of Analysis of AOAC International. Arlington, Virginia, USA.

Akoh, C.C dan B.G. Swanson. 1994. Carbohydrate Polyesters as Fat Substitutes. Marcel Dekker, Inc. New York.

Bautista, D. A., A.R. Hill dan M.W. Griffiths, 1993. An all natural approach to preserve cottage cheese. Modern Dairy 72 (1) : 12 - 13.

Davidson, P.M dan A.L. Branen. 1993. Antimicrobials in Foods. Marcel Dekker, New York.

Fitramadan, L. 2009, Kajian Profil metil Ester Asam Lemak Minyak kelapa dari Berbagai Waktu Reaksi Metanolisis, Skripsi, Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam UNTAD, Palu.

Kristian, N., 2005, Pembuatan Medium Chain Triglyceride (MCT) dari Ester Metil Kaprat dan Kaprilat, Skripsi, Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Mappiratu, D. Fardiaz dan Asriani. 2003. Produksi dan aplikasi produk monoasilgliserol dari minyak kelapa dalam pengolahan santan awet. J. Teknol. dan Industri Pangan. 14 (3) : 215 - 221.

Mappiratu, 2007. Aktivitas antimikroba monoasilgliserol produk biogliserolisis minyak kelapa dari berbagai waktu reaksi, J. Sains Biologi UNTAD, Palu. 5 (2) : 1-6.

Mappiratu dan A. Masyahoro. 2008. Kajian Teknologi Produksi Parfum dari Minyak kelapa Murni. Laporan Penelitian Hasil Kerjasama BAPPEDA Donggala dengan Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan Tropis (PKSPL - TROPIS) Fakultas Pertanian UNTAD, Palu. Laporan penelitian Fakultas Pertanian UNTAD, Palu.

Novianti, 2009. Sintesis ester metil kaprat dan kaprilat dari minyak kelapa murni. Skripsi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNTAD, Palu.

Purwati, I. 2009. Kajian komposisi dan waktu reaksi metanolisis dalam sintesis metil ester asam lemak dari minyak kelapa, Skripsi. Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam UNTAD, Palu.

Sudarmiko, N. 1995. Sintesis, isolasi, dan karakterisasi sifat aktif permukaan ester sukrosa laurat. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam, IPB, Bogor.

Sudrajat, R.Y. Widyawidi & D. Setiawan. 2007. Jurnal Penelitian Hasil Hutan Vol. 25 (3): 203 - 224

Wang, L. L, B.K. Yang, K.L. Parkin dan E.A. Johnson. 1993, Inhibition of Listeria monocytogenes by monoalcylglycerols synthesized from coconut oil and milk fat by lipase- catalyzed glycerolysis, J. Agric. Food Chem. 41 : 1000 - 1005.




DOI: https://doi.org/10.20886/jphh.2010.28.4.415-426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL PENELITIAN HASIL HUTAN INDEXED BY:

More...


Copyright © 2015 | Jurnal Penelitian Hasil Hutan (JPHH, Journal of Forest Products Research)

eISSN : 2442-8957        pISSN : 0216-4329

       

JPHH is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.