APPROPRIATE AGROFORESTRY SYSTEM FOR THE PRODUCTION OF FUELWOOD IN GEMUHAN ASA, EAST KALIMANTAN

Satyawati Hadi

Abstract


Penelitian telah dilakukan untuk menjajagi kemungkinan pemakaian Agroforestry di Gemuhan Asa, Kalimantan Timur, yang dihuni oleh suku Tunjung dan suku Jawa. Di desa tersebut, produksi kayu bakar telah menjadi suatu masalah.

Contoh sebanyak 30 keluarga (KK) yang terdiri dari 15 KK Tunjung dan 15 KK Jawa telah diambil secara acak dalam penelitian ini. Keterangan tentang masalah-masalah yang berkaitan dengan konsumsi kayu bakar telah dikumpulkan.

Kayu bakar yang dipakai untuk memasak adalah 1,075 kg/hari/orang, sedanghan untuk dijual rata-rata 36 kg/kk/ minggu. Konsumsi kayu bakar per tahun di desa yang dihuni oleh 176 KK dengan 1.060 orang adalah kira-kira 750 ton/ tahun (1 m3 ekuivalen dengan 0, 79 ton). Jumlah tersebut ekuivalen dengan riap seluas 632 hektar hutan Dipterocarpaceae. Gula merah merupakan suatu bentuk tambahan penghasilan bagi masyarakat Tunjung dan dapat mencapai 14% dari penghasilan total.

Mengingat pula keperluan untuk pembuatan gula merah tersebut, maka untuk memenuhi kebutuhan kayu bakar agar hutan yang ada tidak menjadi lebih rusak lagi, sistem Agroforestry yang tepat perlu diKembangkan khususnya dalam rangka produksi kayu takar yang dibutuhkan oleh penduduk desa tersebut.


References


Hadi, Satyawati and J.B. Lune. 1989. Swidden Cultivation Among the Tunjung of East Kalimantan With Particular Emphasis On Socio-Economic Factors. Serawak Museum Journal (In Press). Kuching.

Huxley, P.A. 1983. Some Characteristics of Trees to be Carried in Agroforestry. Page 3 - 12 In Plant Research And Agroforestry (Ed. P.A. Huxley). International Council For Research in Agroforestry. Nairobi. Kenya.

Huxley, P.A. 1983. Comments On Agroforestry Classification With Special Reference To Plant Aspects. Pages 161 - 171. In Plant Research And Agroforestry (Ed. P.A. Huxley). International Council For Research In Agroforestry. Nairobi. Kenya.




DOI: https://doi.org/10.20886/jphh.1989.6.4.255-261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL PENELITIAN HASIL HUTAN INDEXED BY:

More...


Copyright © 2015 | Jurnal Penelitian Hasil Hutan (JPHH, Journal of Forest Products Research)

eISSN : 2442-8957        pISSN : 0216-4329

       

JPHH is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.