PRODUKTIVITAS DAN BIAYA PENGANGKUTAN BIBIT PADA MEDAN SULIT DENGAN SISTEM KABEL LAYANG

Wesman Endom, Yayan Sugilar, Silvanus Suprapto

Sari


Indonesia saat ini terus giat melakukan upaya rehabilitasi hutan dan lahan. Dalam pelaksanaannya kegiatan ini mengalami berbagai kesulitan lapangan, terutama medan yang curam. Untuk mengangkut bibit di area seperti itu perlu dipertimbangkan solusi untuk cara pemecahannya.  Hasil studi pertama dengan menggunakan rekayasa alat Prototipe-I, telah memberikan hasil cukup nyata. Pada pengujian untuk mengangkut bibit pada medan berat ini, diteliti rekayasa alat angkut bibit yang telah ada perbaikannya dengan sebutan Semanggi-I. Hasilnya memperlihatkan bahwa kinerja Semanggi-I lebih baik dari pada Prototipe-I. Semanggi-I dapat mengangkut sekitar 5.000-6.000 bibit.hm/jam yang adalah dua kali produktivitas Prototipe-I.  Meskipun biaya tetap dan biaya operasi Semanggi-I lebih besar dibanding Prototipe-I rata-rata biaya pengangkutan bibit Semanggi-I adalah hanya Rp 7 per bibit yang kurang lebih setengahnya daripada biaya pengangkutan bibit dengan Prototipe-I.


Kata Kunci


Gerhan; kendala lapangan; angkutan bibit; sistem kabel layang

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim. 1974. Logging and log transport in tropical high forest. FAO Forestry Development Paper. No. 18. FAO. Rome.

Djapilus, A. 1988. Bibit akar telanjang pangkasan akar dan prospeknya dalam pembangunan Hutan Tanaman Industri. Duta Rimba Hal. 3-17 No 119-120/XVI. Perhutani. Jakarta.

Harahap, H. 1989. Volume produksi HTI lima kali produksi hutan alam. Sambutan tertulis pidato Menteri kehutanan pada pembukaan Seminar mahasiswa Kehutanan se-Indonesia tanggal 12 Oktober 1988 di Yogyakarta. Kehutanan Indonesia No 32. Departemen Kehutanan. Jakarta.

Joyoadikusumo, S. 2004. Tanaman GN-RHL 2003 tumbuh baik di Jawa Timur. Majalah Kehutanan Indonesia. Edisi II 2004. Hal 2-4. Departemen Kehutanan. Jakarta.

Von der Gonna, M.A. 1990. Evaluation of an insulated canopy fo seedling transportation. Forest Engineering Research Institute of Canada. FRDA Report No 123. Vancouver, BC.Canada.




DOI: https://doi.org/10.20886/jphh.2007.25.1.1-14

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


JURNAL PENELITIAN HASIL HUTAN TERINDEKS DI:

Lebih banyak...


Copyright © 2015 | Jurnal Penelitian Hasil Hutan (JPHH, Journal of Forest Products Research)
eISSN : 2442-8957, pISSN : 0216-4329
JPHH is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.