PERCOBAAN PENGGUNAAN HASIL MODIFIKASI ALAT UKUR DOLOK DI AIR

Wesman Endom

Sari


Hingga saat ini tongkat ukur rnasih dipergunakan untuk mengukur diameter dolok. Dengan bantuan pengait di ujung tongkat, diameter dolok diketahui dalam satuan cm inelalui pengukuran di ujung dan pangkal batang. Pada kenyataannya, alat ukur ini menjadi kurang praktis terutama bila pengukuran itu dilakukan pada rakitan dolok yang sistem pengikatannya hanya dilakukan di salah satu bagian ujungnya saja. Cara pembuatan rakit seperti ini banyak ditemukan di daerah Kalimantan Tengah. Dengan cara pengukuran seperti itu, di samping cukup memakan waktu, juga berisiko tinggi, karena sering munculnya gelombang akibat tingginya kegiatan transportasi sungai, seperti speed boat, perahu besar maupun kecil.

Dalam penelitian ini dikaji penggunaan modifkasi alat ukur tongkat, yang dipergunakan dengan memakai prinsip cukup kuat, ringan. mudah dibawa serta memiliki ketelitian tinggi. Dari percohaan diperoleh gambaran bahwa untuk menghitung volume dolok di air dibanding hasil pengukuran di darat yang dipandang sebagai yang paling telili perlu faktor koreksi (FK). Untuk jenis kayu ramin FK diameter besamya 1,0143 dan FK volumenya sebesar 1,0308. Untuk jenis kayu hutan tanah kering, FK diameter sebesar 1,0155 dan FK untuk volumenya sebesar 1,0272. Berdasarkan uji keragaman, dengan hasil pengukuran di darat (M4) sebagai kontrol, temyata tidak berbeda terhadap 2 cara pengukuran di air yakni mengukur pada jarak sekitar 1 meter dari kedua ujung batang (M1) dan mengukur diameter pada sekitar pertenguhan setiap panjang batang (M2). Sedangkan pengukuran dengan cara acak (M3) berbeda nyata dengan ketiga cara pengukuran itu. Berdasarkan hal itu alat ukur ini cukup praktis dan teliti untuk dipakai para petugas di lapangan.


Kata Kunci


Pengukuran diameter; logpond; rekayasa alat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin, Zainal. 1988. Evaluasi Instruksional. Prinsip-Teknik Prosedur. Remadja Karya, CV. Bandung.

Hitam, Hasril, 1980. Dasar-Dasar Teori dan Penggunaan Teknik Pengambilan Contoh (sampling Techniques) Dalam Inventarisasi Hutan. Pradnya Paramita, Jakarta.

Singarimbun, M. dan Sofyan Effendi. Metode Penelitian Survai. LP3ES kerjasama dengan USAID. IKAPI. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.20886/jphh.1998.16.1.17-26

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


JURNAL PENELITIAN HASIL HUTAN TERINDEKS DI:

Lebih banyak...


Copyright © 2015 | Jurnal Penelitian Hasil Hutan (JPHH, Journal of Forest Products Research)
eISSN : 2442-8957, pISSN : 0216-4329
JPHH is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.