KAJIAN UJI COBA PENGELUARAN KAYU PINUS DENGAN SISTEM KABEL LAYANG P3HH20 DI KPH SUMEDANG, PERUM PERHUTANI UNIT III JAWA BARAT

Zakaria Basari, Wesman Endom

Abstract


Sistem kabel layang P3HH20 adalah alat yang dirancang khusus untuk. mengekstraksi sortimen kayu yang berukuran kecil (diameter20-40 cm) dengan menggunakan yarder. Alat ini pernah diuji coba di KPH Sukabumi. Setelah diadakan perbaikan lalu diadakan uji coba kedua di KPH Sumedang. Tujuan penelitan adalah untuk mengetahui produktivitas kerja, biaya pengeluaran kayu dan keterbukaan permukaan tanah hutan.

Produkttivitas kerja dihitung berdasarkan prestasi kerja per jam. Biaya operasi dihitung berdasarkan biaya tetap dan biaya tidak tetap. Dampak dihitung berdasarkan luas keterbukan tanah yang tergeser sebagai akibat kegiatan ekstraksi kayu.

Hasil penelitian produktvitas kerja rata-rata mencapai 13, 72 m3/hari atau rata-rata 1, 69 m3/jam,dengan waktu penarikan rata-rata 4, 17 menit/rit untuk jarak sejauh rata-rata I 09, 66 meter. Biaya operasi sebesar Rp 25.353/m3. Keterbukaan tanah lantai hutan 1,38 %. Berdasarkan kenyataan ini maka alat ini cukup efektif dan layak digunakan terutama pada daerah-daerah yang sulit. Namun demikian, beberapa kelemahan yang masih perlu diperbaiki lebih lanjut ialah : (a) sistem rem yang lebih baik dan kuat, (b) sistem starter mesin dengan sistem listrik dan (c) dapat dikombinasikan dengan seperangkat alat Ias listrik, sehingga bila terjadi sesuatu kerusakan dapat diperbaiki langsung di tempat.


Keywords


Sistem kabel layang; produktivitas kerja; biaya operasi dan keterbukaan lahan

References


Anonim.1976. Vademikum Kehutanan indonesia. Direktorat Jenderal Kehutanan. Jakarta.

Anonim.. 1990. Rencana Umum Perusahaan (RUP) Perum Perhutani 1990-2009.

Perhutani,. Jakarta.

Bul.Pen.Has.Hut.Vol.16 No.3 (1998) 171

Binkley, V.W. & H.H. Lysons., 1968. Planning Single Span Skyline. US Department of Agriculture-Forest Service, Forest Service,. Oregon.

Dulsalam, Maman Mansyur M.M. Idris dan W.esman Endom 1996. Produktivitas dan Biaya Pengeluaran kayu Dengan Sistem Kabel Layang P3HHSEK Laporan Uji Coba Penggunaan Yarder Buatan. Pusat Litbang Hasil Hutan dan Sosial Ekonomi Kehutanan,. Bogor.

Idris, M.M., 1995. Proposal penelitian Uji coba Pengoperasian Sistem Skyline Thunder Bird TTY 70 di Hutan Produksi Terbatas PT .Sumalindo Lestari Jaya. Kerjasama Penelitian Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan dan Sosial Ekonomi

Kehutanan dengan PT. Sumalindo Lestari Jaya.

Idris, M.M. dan S. Soenarso Sastrodimedjo. 1983. Prestasi Kerja Pengeluaran kayu Pinus Dengan Cara Nglebek di KPH Pekalongan Barat dan KPH Pekalongan Timur. Laporan. LPHH. Bogor. No 163. halaman 1--6.Bogor.

Rochmadi, M dan Soenarso. Sastrodimedjo., 1976. Rencana Pemungutan Kayu (logging Plan) Hutan Pinus Merkusii Bahan baku Pabrik Kertas Notog Jawa tengah. Perum Perhutani,. Jakarta.

Sastrodimedjo, R.S. 1968. Laporan Hasil Peninjauan Mengenai Forest Mechanism di

Jepang. Tidak diterbitkan. Lembaga Penelitian Eksploitasi Hutan, Bogor,




DOI: https://doi.org/10.20886/jphh.1998.16.3.162-176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL PENELITIAN HASIL HUTAN INDEXED BY:

More...


Copyright © 2015 | Jurnal Penelitian Hasil Hutan (JPHH, Journal of Forest Products Research)

eISSN : 2442-8957        pISSN : 0216-4329

       

JPHH is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.