PEMANFAATAN KAYU MANGIUM (Acacia mangium Wild) SEBAGAI BAHAN BAKU PULP KERTAS KORAN

Rena M Siagian, Han Roliadi, Bambang Prasetya, Didiek H Gunadi

Sari


Percobaan pembuatan pulp secara kimia-termomekanik (CTMP) dalam skala laboratorium telah dilakukan dengan menggunakan kayu mangium untuk tujuan kertas koran. Percobaan ini dilakukan untuk modifikasi pembuatan pulp secara termo-mekanik (TMP). Pemberian bahan kimia untuk tujuan pelunakan serpih dilakukan sebelum pemisahan serat pada suhu kamar dengan tekanan atmosflr. Bahan kimia yang digunakan adalah larutan NaOH sebanyak 0, 4 dan 8%. Serpih yang telah lunak diberi perlakuan uap pada suhu 140ºC dengan waktu bervariasi, yaitu 10, 15 dan 20 menit. Pemisahan serat dilaksanakan pada tekanan 2,2 Bar. Pemutihan pulp menggunakan hidrogen peroksida dalam dua tahap. Tahap pertama menggunakan konsentrasi peroksida 2% dan tairap kedua 4%. Pulp putih dijadikan lembaran setelah digiling sampai mencapai derajat kehalusan serat 200-300 ml CSF.

Pelunakan serpih dengan alkali sebanyak 4% pada waktu kukus selama 10 menit memberikan rendemen pulp belum putih lebih tinggi daripada penggunaan alkali 0% atau disebut juga proses TMP konvensional walaupun waktu kukusnya lebih panjang (20 menit). Kondisi pengolahan tersebut juga menghasilkan serat yang hancur lebih sedikit dibandingkan dengan proses TMP. Sifat pulp CTMP dari kayu mangium dengan menggunakan alkali 4% dan waktu kukus 15 menit dapat memenuhi syarat Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk kertas koran, kecuali kekuatan sobeknya. Dibandingkan dengan pulp TMP, maka pulp CTMP dari kayu mangium dapat memberikan sifat keteguhan yang memadai, bagian serat yang hancur lebih sedikit serta kebutuhan energi lebih rendah.


Kata Kunci


kayu mangium; CTMP; pengukusan; sifat fisik; sifat optik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Britt, K. W. 1970. Handbook of Wood and Paper Technology. 2nd Edition. Van Nostrand Reinhold Company, New York / Cincinnati / Toronto / London / Melbourne.

Fengel, D. and G. Wegener. 1984. Wood : Chemistry, Ultrastructure and Reactions. Walter de Gruyter, Berlin- New York.

Haroen, W.K. dan Soetrisno T. Sudirjo, 1996. Pembuatan pulp rendemen tinggi dari Acacia mangium Berita Selulosa 32(l) : 17-21.

Ibnusantosa, G. 1998. Pengaruh Krisis Keuangan Asia Terhadap Perkembangan Pulp dan Kertas Nasional. Lokakarya "Pemanfaatan Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) Sebagai Bahan Baku Pulp dan Kertas". Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Industri Selulosa, Bandung.

Leask, R. A., 1968. Chemimechanical Pulps from Hardwood. Tappi 51(12): 117. A Singh, R.P., 19920. The Bleaching of Pulp. TAPPI Press, Atlanta.

Standar Nasional Indonesia (SNI), 1987. Syarat Kertas Koran. SNI 0389 - 91. Dewan Standardisas1 Nasional.

Sudjana. 1994. Disain dan Analisis Eksperimen. Tarsito, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.20886/jphh.1999.16.4.191-200

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


JURNAL PENELITIAN HASIL HUTAN TERINDEKS DI:

Lebih banyak...


Copyright © 2015 | Jurnal Penelitian Hasil Hutan (JPHH, Journal of Forest Products Research)
eISSN : 2442-8957, pISSN : 0216-4329
JPHH is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.