STUDI KASUS ALIH TEKNOLOGI PENGOLAHAN ROTAN LEPAS PANEN DI KPH KUNINGAN

D Martono, Triyono P

Abstract


Industri pengolahan rotan washed and sulfunzed (W&S) yang menggunakan bahan baku rotan lepas panen telah dibangun di KPH Kuningan (Jawa Barat) untuk keperluan studi alih teknologi. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengevaluasi: 1) sejauh mana alih teknologi dapat diadopsi oleh masyarakat yang tinggal di sekitar hutan di KPH Kuningan dan 2) penerimaan pasar terhadap rotan W&S hasil pengolahan masyarakat.

Hasil studi menunjukkan bahwa alih teknologi berjalan secara efektif dimana prosedur pengolahan rotan dapat dipahami dengan mudah oleh masyarakat sehingga kegiatan pengolahan rotan berjalan baik. Setiap hari dapat diproduksi 300 batang rotan W&S yang kualitasnya sesuai dengan permintaan pasar. Studi ini menilai bahwa penerapan pengolahan rotan panen bermanfaat bagi petani atau masyarakat pedesaan. Meskipun demikian, penyempumaan teknologi pengolahan rotan lepas panen yang ditunjang analisis biaya masih perlu dilakukan. Dengan cara ini, rotan W&S hasil pengolahan masayarakat dapat dijual secara bersaing di pasaran.


Keywords


alih; teknologi; rotan; petani

References


Rachman, O dan Jamal, B. 1985. Pedoman Teknis Pengusahaan Rotan. Pusat Penelitian Hasil Hutan Bogar.

Rachman, O. 1995. Peranan Sifat Anatomi Kimia dan Fisik Terhadap Mutu Rekayasa Rotan. Disertasi Pasca Sarjana IPB Bogor (Tidak dipublikasikan).

---. 1995. Percobaan Pengupasan Rotan Segar dan Pengeringannya. Laporan Proyek APBN P3HH&SEK (Tidak dipublikasikan).

Rachman, O., Martono dan Jasni. 1997. Penetapan Faktor Konversi Rotan. Laporan Proyek Penelitian DPL 1996/1997, P3HH&SEK. Bogor (Tidak dipublikasikan).

Triyono, P., Osly Rachman dan Martooo. 1998. Analisis Finansial Pengolahan Rotan Lepas Panen Pedesaan. Studi kasus Transfer Teknologi di Kuningan. Makalah Penunjang Diskusi HHBK di Bogor.




DOI: https://doi.org/10.20886/jphh.1999.16.4.201-208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL PENELITIAN HASIL HUTAN INDEXED BY:

More...


Copyright © 2015 | Jurnal Penelitian Hasil Hutan (JPHH, Journal of Forest Products Research)
eISSN : 2442-8957, pISSN : 0216-4329
JPHH is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.