PEMANENAN BERWAWASAN LINGKUNGAN UNTUK MINIMASI KERUSAKAN HUTAN

Sona Suhartana, Dulsalam Dulsalam

Abstract


Tulisan ini mengetengahkan hasil penelitian tentang pemanenan berwawasan lingkungan dan pemanenan konvensional. Penelitian telah dilakukan di suatu perusahaan hutan di Kalimantan Barat pada tahun 1999. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pemanenan berwawasan lingkungan terhadap terjadinya kerusakan tegakan tinggal. keterbukaan lahan, penurunan lapisan tanah atas, produktivitas traktor sarad dan biaya produksi penyaradan.

Data yang dikumpulkan adalah: jumlah pohon ditebang, jumlah pohon berdiameter 20 cm ke atas, tiang yang rusak, lahan terbuka, penurunan lapisan tanah atas, produktivitas traktor sarad dan biaya produksi penyaradan. Data dianalisis dengan uji-t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kerusakan tiang dan pohon pada sistem pemanenan berwawasan lingkungan lebih rendah daripada tingkat kerusakan tiang dan pohon pada sistem konvensional. Lebih lanjut, penurunan lapisan tanah atas dan keterbukaan lahan pada sistem pemanenan berwawasan lingkungan lebih rendah daripada penurunan lapisan tanah konvensional. Berdasarkan pertimbangan lingkungan, disarankan agar sistem pemanenan berwawasan lingkungan diterapkan.


Keywords


Pemanenan berwawasan lingkungan; kerusakan tegakan tinggal; keterbukaan lahan; penurunan lapisan tanah atas; produktivitas traktor sarad; biaya produksi penyaradan; sistem konvensional

References


Direktorat Jenderal Pengusahaan Hutan. 1994. Petunjuk Teknis Tebang Pilih Tanam Indonesia (TPTI) pada hutan alam daratan. Departemen Kehutanan. Jakarta.

Idris, M.M., dan S. Suhartana. 1997. Pembalakan ramah lingkungan untuk minimasi kerusakan tegakan tinggal : Kasus di suatu perusahaan hutan di Kalimantan Timur. Buletin Penelitian Hasil Hutan 15 (3): 212-222.

NRMP. 1997. Reducing logging waste and related impact on an operational logging trial evolution of the harvested stand. National Resource Management Project, Jakarta.

Steel, R.G.D. and J.H.Torrie. 1976. Principles and procedure of statistic. Mc. Graw- Hill Book Co., New York.

Subartana, S. 1997. Penyaradan yang direncanakan untuk minimasi kerusakan tegakan tinggal : kasus di dua perusahaan hutan di Kalimantan Timur. Buletin Penelitian Hasil Hutan 15 (1) : 60-67.

Thaib, J. 1985. Pengaruh intensitas penebangan dan lereng terhadap keterbukaan tanah, Jumal Penelitian Hasil Hutan 2(4):28-32.




DOI: https://doi.org/10.20886/jphh.2000.18.2.87-103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL PENELITIAN HASIL HUTAN INDEXED BY:

More...


Copyright © 2015 | Jurnal Penelitian Hasil Hutan (JPHH, Journal of Forest Products Research)

eISSN : 2442-8957        pISSN : 0216-4329

       

JPHH is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.