KUALITAS REKATAN BILAH SAMBUNG JARI PADA LIMA JENIS KAYU DENGAN PEREKAT LIGNIN DAN TANIN

Adi Santoso, Osly Rachman, Jamaludin Malik

Abstract


Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa komponen senyawa dalam lignin dan tanin dapat dibuat kopolimer dengan resorsinol dan formaldehida membentuk resin lignin dan tanin formaldehida untuk produksi kayu lamina eksterior.

Penelitian ini bertujuan mengetahui kualitas lignin resorsinol formaldehida dan tanin resorsinol formaldehida dalam pembuatan bilah sambung jari dari lima jenis kayu untuk bangunan perkapalan, yaitu: tempeas (Teysmanniodendron sympliciodes Kosterm), waru (Hibiscus tiliaceus L), bunyo (Trioma malaccensis Hook F.), gambir (Trigonopheura malayana Hook F.), dan rasamala (Altingia exelsa Noronha) terhadap sifat mekanisnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak dijumpai adanya delaminasi bilah sambung jari pada kelima jenis kayu. Sifat mekanis dari bilah sambung jari dipengaruhi secara nyata oleh jenis kayu, jenis perekat dan interaksi kedua faktor tersebut.


Keywords


Lignin; tanin; resorsinol; jenis kayu; bilah sambung

References


Anonim, 1996. Japanese agricultural standard for structural glued laminated timber. Agricultural Standard (JAS) NotificationNo. 111, January 29, 1996. Tokyo: JPIC.

. 2000 a. Papan dan bilah sambung untuk kusen, daun jendela dan daun pintu. Standar Nasional Indonesia (SNI). Badan Standardisasi Nasional. Jakarta.

. 2000 b. Kayu untuk bangunan perkapalan. RSNI 1, Badan Standardisasi Nasional (BSN). Jakarta.

Martawijaya, A., I. Kartasudjana & K. Kadir. 1981. Atlas kayu Indonesia Jilid 1. Balai Penelitian Hasil Hutan (BPHH) Bogor. Indonesia.

Martawijaya, A. 1990. Sifat dasar beberapa jenis kayu yang berasal dari hutan alam dan hutan tanaman. Prosiding Diskusi HTI. hal. 267-291. Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan. Jakarta.

Santoso, A. 2003 a. Sintesi dan karakterisasi resin lignin resorsinoll formaldehida untuk perekat kayu lamina. Disertasi Fakultas Pascasarjana-Institut Pertanian Bogor. Tidak diterbitkan.

_______. 2003 b. Uji coba penggunaan perekat tanin untuk kayu rekonstitusi. Laporan hasil Penelitian Pusat Litbang Teknologi Hasil Hutan, Bogor. Tidak diterbitkan.

Steel, R. G. D & J. H. Torrie. 1993. Prinsip dan prosedur statistik. Garmedia. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.20886/jphh.2005.23.3.187-195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL PENELITIAN HASIL HUTAN INDEXED BY:

More...


Copyright © 2015 | Jurnal Penelitian Hasil Hutan (JPHH, Journal of Forest Products Research)

eISSN : 2442-8957        pISSN : 0216-4329

       

JPHH is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.