PENINGKATAN PEMANFAATAN KAYU RASAMALA DENGAN PERBAIKAN TEKNIK PENEBANGAN DAN SIKAP TUBUH PENEBANG: STUDI KASUS DI KPH CIANJUR, PERHUTANI UNIT III JAWA BARAT

Sona Suhartana, Yuniawati Yuniawati, Djaban Tinambunan

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di KPH Cianjur Jawa Barat pada tahun 2005. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan pemanfaatan kayu rasamala yang dihasilkan dari penerapan teknik penebangan serendah mungkin dan konvensioal sikap tubuh penebang (jongkok dan membungkuk).

Data yang dikumpulkan adalah: waktu kerja, volume kayu, produktivitas, efisiensi, tinggi tunggak dan biaya penebangan. Data dianalisis dengan Rancangan Acak Lengkap faktorial split plot.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) Dengan menerapkan teknik serendah mungkin dapat meningkatkan efisiensi sebesar 28.5% (jongkok) atau 28,2% (membungkuk); (2) Teknik penebangan dan sikap tubuh penebang berpengaruh nyata terhadap produktivitas dan biaya penebangan; (3) Rata-rata tinggi tunggak untuk teknik penebangan serendah mungkin adalah 9.18 cm (jongkok) dan 9.64 cm (membungkuk); sedangkan untuk teknik konvensional adalah 15.83 cm (jongkok) dan 16.41 cm (membungkuk).


Keywords


Teknik penebangan; jongkok; membungkuk dan pemanfaatan kayu

References


Food and Agriculture Organization. 1992. Cost control in forest harvesting and road construction. FAO Forestry Paper No. 99, FAO of the UN. Rome.

Hartutiningsih dan M. Siregar. 1994. Pepohonan sumber penghasil kayu ekonomi utama. Prosea Indonesia. Yayasan Prosea Bogor.

Iskandar, E. 2000. Pemanenan kayu dengan sistem forwarder gang. Skripsi Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian. Bogor. Bogor. Tidak diterbitkan.

Steel, R.G.D and J.R. Torrie. 1980. Principle and Procedures of Statistics. McGraw-Hill Book Co., Inc. New York. 633 pp.

Soenarno. 1993. Studi pengaruh sikap tubuh pekerja pada penebangan secara mekanis terhadap beban kerja, produktivitas dan kerusakan tegakan tinggal. Usulan Penelitian Bidang Pemanenan Hasil Rutan. Program Pasca Sarjana, Institut Pertanian Bogor. Bogor. Tidak diterbitkan.

Suhartana, S., M. Sinaga dan I. Sumantri. 2004. Peningkatan .produktivitas dan efisiensi penabangan kayu mangium di satu perusahaan hutan tanaman di Propinsi Jambi. Jurnal Penelitian Hasil Hutan 22 (3): 175-182. Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi hasil Hutan. Bogor.




DOI: https://doi.org/10.20886/jphh.2005.23.5.349-361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL PENELITIAN HASIL HUTAN INDEXED BY:

More...


Copyright © 2015 | Jurnal Penelitian Hasil Hutan (JPHH, Journal of Forest Products Research)

eISSN : 2442-8957        pISSN : 0216-4329

       

JPHH is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.