KUALITAS BAMBU LAMINASI ASAL KABUPATEN TORAJA, SULAWESI SELATAN

Misdarti Misdarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh jenis bambu dan macam perekat poly vinyl acetate (PVAc) terhadap sifat fisis dan mekanis bambu laminasi. Jenis bambu yang digunakan adalah hitam dan parring. Sedangkan macam perekat PVAc yang digunakan adalah fox, tiger dan epoxy. Bambu laminasi dibuat dengan menggunakan bambu kering udara dengan ukuran 51 x 2,5 x 0,5 cm. Kemudian sampel bambu dilaburi perekat secara merata pada salah satu sisi dengan berat labur 200 gr/m2.  Selanjutnya sampel bambu dari jenis yang sama direkat satu sama lain kemudian dikempa pada suhu ruangan dengan menggunakan klem selama 12 jam. Bambu lamina kemudian dikondisikan pada suhu ruangan selama 1 minggu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan macam perekat berpengaruh tidak nyata terhadap sifat fisis dan mekanis bambu laminasi yang dibuat dari bilah bambu hitam dan bambu parring. Bambu laminasi dengan menggunakan lem epoxy cenderung memiliki nilai MOE dan keteguhan rekat yang lebih baik dibanding lem fox dan lem tiger. Efisiensi perekatan terbesar terjadi pada bambu laminasi parring dengan lem epoxy.


Keywords


Bambu laminasi; macam perekat PVAc; sifat fisis dan mekanis

References


Anonim. 2003. Japanese agricultural standard for glued laminated timber. MAFF, Notification No. 234. Japan Plywood Inspection Corporation. Tokyo.

, 2000. Himpunan sari hasil penelitian rotan dan bambu. Pusat Penelitian Hasil

Hutan. Bogor.

Dransfield, S dan E.A. Widjaja (Editors). 1995. Plant resources of south east asia (PROSEA) No. 7 : Bamboos. Backhuys Publishers, Leiden.

Gaspersz, V. 1994. Metode Perancangan Percobaan. Penerbit Armico. Bandung.

Janssen, J.J.A. 1981. Bamboo in building structures. Doctor's Thesis TH Eindhoven.

Netherland (Unpublished).

Sallata, M.K. 1998. Hutan bambu dan keberadaannya di kabupaten Tana Toraja, Sulawesi

Selatan. Eboni (semi popular), 3 ( 2). Balai Penelitian Kehutanan Ujung Pandang.

Samiun, S. 1995. Pengaruh waktu kempa dan jenis perekat terhadap sifat keteguhan rekat balok laminasi produksi PT. Mutiara Sotia Hijau Jakarta. Skripsi Jurusan Teknologi Hasil Hutan, Fakultas Kehutanan IPB. Bogor. Tidak diterbitkan.

Sulastiningsih, I.M., Nurwati dan Adi Santoso. 2004. Pengaruh lapisan kayu terhadap sifat bambu lamina. Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Peneliti Kayu Indonesia (MAPEKI) VII, tanggal 5-6 Agustus 2004 di Makassar. Hlm. B148-153. Masyarakat Peneliti Kayu Indonesia, Balai Penelitian dan Pengembangan Kehutanan Sulawesi dan Jurusan Kehutanan Universitas Hasanuddin. Makassar.

Tsoumis, G. 1991. Science and Technology of Wood Structure, Properties, Utilization. Van

Nostrand Reinhold. New York.




DOI: https://doi.org/10.20886/jphh.2006.24.3.183-189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL PENELITIAN HASIL HUTAN INDEXED BY:

More...


Copyright © 2015 | Jurnal Penelitian Hasil Hutan (JPHH, Journal of Forest Products Research)

eISSN : 2442-8957        pISSN : 0216-4329

       

JPHH is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.