IMPREGNASI EKSTRAK JATI DAN RESIN PADA KAYU JATI CEPAT TUMBUH DAN KARET

Efrida Basri, Jamal Balfas

Abstract


Penelitian sebelumnya menunjukkan karakteristik fisis, mekanis dan keawetan kayu jati cepat tumbuh (JCT) relatif lebih rendah dibanding kayu jati tradisional.  Berdasarkan hal tersebut, perlakuan modifikasi kayu dapat dilakukan dengan perlakuan tertentu untuk meningkatkan kualitas kayunya. Penelitian ini bertujuan menyempurnakan karakteristik kayu JCT dan karet dengan perlakuan impregnasi ekstrak jati dan resin hingga mendekati atau setara dengan karakteristik kayu jati tradisional.  Dalam penelitian ini dilakukan ekstraksi serbuk kayu jati tradisional dengan pelarut metanol.  Larutan ekstrak tersebut kemudian diimpregnasi ke dalam struktur kayu JCT dan karet dengan beragam konsentrasi menurut penambahan resin organik.  Resin yang digunakan sebagai campuran dalam penelitian ini adalah sirlak dan damar, masing-masing dengan konsentrasi berat 4, 6 dan 8% dari volume ekstrak.  Hasil penelitian menunjukkan perlakuan impregnasi larutan ekstrak jati terhadap kayu JCT dan karet mampu meningkatkan stabilitas dimensi kedua jenis kayu tersebut dengan nilai ASE lebih dari 50%, hingga setara dengan stabilitas jati tradisional. Penambahan resin sirlak maupun damar ke dalam larutan ekstrak jati secara nyata dapat lebih menyempurnakan sifat stabilitas dimensi kayu JCT dan karet secara proporsional menurut konsentrasi resin. 


Keywords


Ekstrak kayu jati, sirlak, damar, stabilitas dimensi kayu

References


Balfas J. 2007. Perlakuan resin pada kayu kelapa (Cocos nucifera). Jurnal Penelitian Hasil Hutan Vol. 25 (2): 108-118. Pusat Litbang Hasil Hutan. Bogor.

Basri E, Wahyudi I. 2013. Sifat dasar kayu jati plus Perhutani dari berbagai umur dan kaitannya dengan sifat dan kualitas pengeringan. Jurnal Penelitian Hasil Hutan Vol. 31 (2): 93-102. Pusat Litbang Keteknikan Kehutanan dan Pengolahan Hasil Hutan. Bogor.

Bowyer JL, Shmulsky R, Haygreen JG. 2007. Forest Products & Wood Science: An Introduction. Iowa State Press. Ames, Iowa. (5th Edition). 576 p.

Cave ID, Walker JCF. 1994. Stiffness of wood in fast-grown plantation softwoods: The influence of microfibril angle. Forest Prod. Journal 44 (5): 43 – 48.

Hill Callum A.S. 2006. Wood Modification: Chemical, Thermal and Other Processes. John Wiley & Sons Ltd. West Sussex, England.

Pandey KK, Jayashree, Nagaveni HC. 2009. Study of dimensional stability, decay resistance, and light stability of phenylisothiocyanate modified rubberwood. Bioresources 4 (1): 257-267.

Rowell RM. 2005. Handbook of Wood Chemistry and Wood Composites. Taylor and Francis Group. CRC Press.




DOI: https://doi.org/10.20886/jphh.2014.32.4.283-296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL PENELITIAN HASIL HUTAN INDEXED BY:

More...


Copyright © 2015 | Jurnal Penelitian Hasil Hutan (JPHH, Journal of Forest Products Research)

eISSN : 2442-8957        pISSN : 0216-4329

       

JPHH is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.