KUALITAS PAPAN KAYU MANGLID (Manglieta glauca Bl.) PADA DUA POLA PENGGERGAJIAN

Mohamad Siarudin, Ary Widiyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji kualitas papan gergajian manglid (Manglieta glauca Bl.) dari dua pola penggergajian berdasarkan karakteristik cacat bentuk dan cacat terpisahnya serat. Sampel yang digunakan adalah log manglid yang berasal dari hutan rakyat Desa Sodonghilir, Kecamatan Sodonghilir, Kabupaten Tasikmalaya. Sejumlah 35 papan gergajian dari masing-masing pola penggergajian satu sisi dan pola penggergajian semi perempatan diambil sebagai contoh uji pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis cacat bentuk yang terjadi pada papan gergajian manglid dari kedua pola penggergajian adalah cacat memuntir (55,91 %), cacat melengkung (53,57 %) dan cacat membusur (41,35 %). Sedangkan jenis cacat terpisahnya serat yang terjadi adalah cacat pecah tertutup (18,25 %), pecah terbuka (14,13 %) dan belah (2,82 %). Perbedaan nyata antara papan dari kedua pola penggergajian terjadi pada jenis cacat membusur dan memuntir. Sementara pada jenis cacat melengkung, pecah tertutup, pecah terbuka, dan belah relatif seragam antara dua pola penggergajian. Papan dari pola penggergajian satu sisi memiliki cacat membusur dan persentase gubal yang lebih kecil dari pola semi perempatan, tetapi memiliki cacat melengkung yang lebih besar. Berdasarkan kriteria cacat bentuk dan terpisahnya serat, papan dari pola satu sisi memiliki kualitas lebih baik serta lebih banyak yang memenuhi standarmutu berdasarkan Standar Nasional Indonesia.

Keywords


Cacat bentuk, kayu manglid, kualitas papan, pola penggergajian, terpisahnya serat

References


Abdurachman, dan N, Hadjib, 2006, Pemanfaatan Kayu Hutan Rakyat untuk Komponen Bangunan.

Prosiding Seminar Hasil Litbang Hasil Hutan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan. Bogor.

Badan Standarisasi Nasional (BSN), 1999. Kayu Gergajian Rimba. Standar Nasional Indonesia (SNI) nomor 01-5008.1-1999 revisi dari SNI nomor 01-0191-1987

Basri E dan Martawijaya. 2005. Jadwal Pengringan asar 16 Kayu Indonesia. Jurnal Peneitian Hasil Hutan Vol. 23 No.1. Bogor : Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan.

Ginanjar, R.R. 2011. Sifat dan Jadwal Pengeringan Tiga Kayu Rakyat (Altingia excelsa, Quercus sp, Podocarpus imbricatus). Skripsi Jurusan Teknologi Hasil Hutan, FakultasKehutanan, Institut Pertanian Bogor.

Haygreen, J.G. dan J.L Bowyer, 1996. Hasil Hutan dan Ilmu Kayu. Terjemahan Sutjipto A.H. Gadjah Mada University Press,Yogyakarta.

Panshin, A.J. dan C. De Zeew, 1980. Textbook of Wood Technology. Volume I. 3 ed. McGraw-Hill. New York. 643p.

Seng, O.D., 1990. Spesific Grafity of Indonesian Woods and Its Significance for Practical Use, Diterjemahkan oleh Suwarsono P,H, Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan, Departemen Kehutanan Indonesia. Bogor. Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.20886/jphh.2012.30.1.10-16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL PENELITIAN HASIL HUTAN INDEXED BY:

More...


Copyright © 2015 | Jurnal Penelitian Hasil Hutan (JPHH, Journal of Forest Products Research)
eISSN : 2442-8957, pISSN : 0216-4329
JPHH is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.