TINGKAT PEMAHAMAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA KEGIATAN PEMANENAN KAYU JATI DI KPH CIANJUR

Sona Suhartana, Yuniawati Yuniawati

Sari


Pemanenan kayu merupakan pekerjaan yang beresiko kecelakaan kerja tinggi. Kondisi areal hutan yang sulit, ketidakseimbangan antara alat yang digunakan dengan kondisi lapangan dan keterampilan pekerja dapat menyebabkan kecelakaan kerja. Penelitian dilaksanakan di KPH Cianjur, Perum Perhutani Unit III Jawa Barat pada bulan Oktober  2010. Tujuan  penelitian adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman pekerja pemanenan tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di KPH Cianjur. Penelitian dilakukan melalui wawancara kepada sejumlah pekerja di lapangan. Hasil wawancara kemudian dianalisis menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pemahaman pekerja terhadap K3 di KPH Cianjur memiliki skor “baik”; Pemahaman pekerja terhadap K3 belum mendapat dukungan penyediaan kelengkapan pakaian kerja, jalan angkutan dan kondisi kendaraan angkut dari pihak perusahaan; dan Pemahaman terhadap K3 selayaknya tidak hanya ditujukan kepada pekerja tetapi juga kepada pihak perusahaan.


Kata Kunci


Kecelakaan kerja, pemanenan kayu jati, K3.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim. 2009. Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Laboratorium Kesehatan. Website www.depkes.go.id/index.php?option=articles&task=viewarticle&artid=127& Itemid=3.Diakses Tanggal 27 April 2011.

Arep, I. dan H. Tanjung. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Universitas Trisakti. Jakarta.

Dalih, S.A.1985. Keselamatan kerja dalam tata laksana bengkel I. Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Gani, S. 1992. Ketenagakerjaan dan Keselamatan Kerja. Fakultas Kehutanan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

ILO. 1979. Work study. Third edition. Geneva.

ILO. 1998. Kode praktis ILO K3 di kehutanan. Website http://ilo-mirror.library.cornell.edu/public/english/region/asro/jakarta/download/osh. pdf. Diakses Tanggal 11 Maret 2010.

ILO. 2002. Standar ILO Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Pekerjaan Kehutanan. Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI. Jakarta.

Rivai, V. 2006. Manajemen Sumber daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Santoso, G. 2004. Manajeman K3. Prestasi Pustaka. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.20886/jphh.2011.29.1.46-56

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


JURNAL PENELITIAN HASIL HUTAN TERINDEKS DI:

Lebih banyak...


Copyright © 2015 | Jurnal Penelitian Hasil Hutan (JPHH, Journal of Forest Products Research)
eISSN : 2442-8957, pISSN : 0216-4329
JPHH is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.