APLIKASI PUPUK ORGANIK PLUS ARANG DAN PUPUK ORGANIK MIKORIZA PLUS ARANG PADA MEDIA TUMBUH ANAKAN Shorea crysophylla

Sri Komarayati, Gusmailina Gusmailina

Abstract


Tulisan ini menyajikan hasil penelitian penggunaan pupuk organik plus arang (POA) dan pupuk organik mikoriza plus arang (POAM) pada media tumbuh anakan Shorea crysophylla selama 6 bulan di rumah kaca. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan POA dan POAM terhadap respon pertumbuhan anakan Shorea crysophylla. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan 1 tablet pupuk organik mikoriza plus arang (POAM) memberikan perbedaan nyata pada pertumbuhan tinggi dan diameter anakan Shorea crysophylla dan juga dapat meningkatkan pertumbuhan tinggi sebesar 43,9% dan diameter sebesar 49,3% dibandingkan tanpa POAM. Penambahan pupuk organik plus arang (POA) kurang efektif terhadap peningkatan pertumbuhan tinggi dan diameter anakan Shorea crysophylla, dibandingkan POAM Untuk meningkatkan pertumbuhan anakan Shorea crysophylla, cukup diberi 1 tablet POAM tanpa harus ditambah POA. Tablet POAM sangat berpengaruh terhadap peningkatan pertumbuhan diameter daripada pertumbuhan tinggi.


Keywords


Pupuk organik; mikoriza; anakan; arang; aplikasi.

References


Hesti, L.T dan D. Prameswari. 2003. Pengaruh inokulasi tablet spora ektomikoriza Scleroderma columnare terhadap pertumbuhan Shorea seminis dan efektivitasnya pada berbagai dosis arang. Prosiding Pada Seminar Mikoriza. Teknologi Produksi dan Pemanfaatan Inokulan Endo-Ektomikoriza Untuk Pertanian, Perkebunanan dan Kehutanan. Bandung, 16 September. Halaman 163 - 170.

Hodgson, T.J. 1981. Growing media for container nurseries: An interim statement. South African Forestry J. no. 117.

Komarayati, S. dan E. Santoso. 2009. Pemanfaatan limbah padat industri pulp dan kertas sebagai pupuk organik pada pertumbuhan anakan Shorea mesisopterik. Jurnal Penelitian Hasil Hutan 27 (1) : 68 - 75. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan. Bogor.

Santoso, E. 1997. Hubungan perkembangan ektomikoriza dengan populasi jasad renik dalam rizosfer dan pengaruhnya terhadap pertumbuhanEucalyptus pellita dan Eucalyptus urophylla. Disertasi Doktor. Program Pasca Sarjana IPB. Bogor. Tidak diterbitkan.

Steel, R.G.D dan J.H.Torrie.1991. Prinsip dan Prosedur Statistika (Terjemahan) PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sudradjat, R. 1991. Alternatif siklus hara di suatu areal hutan menimbun hara di areal HTI dengan kompos serasah. Sylva Tropika 6 (1). Badan Litbang Kehutanan. Jakarta.

Suhaendi, H. 1982. Pengaruh pupuk N, P dan kapur terhadap pertumbuhan anakan Pinus merkusii Junght et De Vriese pada tanah latosol di persemaian. Laporan No. 407. Balai Penelitian Hutan. Bogor.

Ogawa, M. 1989. Mycorhizza and their utilization in forestry. Report on Short termed Research Cooperation. The Tropical Rain Forest Research Project JTA (137). JICA. Japan.




DOI: https://doi.org/10.20886/jphh.2010.28.1.77-83

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL PENELITIAN HASIL HUTAN INDEXED BY:

More...


Copyright © 2015 | Jurnal Penelitian Hasil Hutan (JPHH, Journal of Forest Products Research)

eISSN : 2442-8957        pISSN : 0216-4329

       

JPHH is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.