PEMBUATAN DAN KUALITAS KARTON DARI CAMPURAN PULP TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT DAN LIMBAH PADAT ORGANIK INDUSTRI PULP

Han Roliadi

Abstract


Industri karton skala kecil yang menggunakan bahan baku limbah padat organik industri pulp/kertas (sludge) saat ini mengalami kesulitas kontinuitas pasokan bahan serat lain sebagai campuran limbah padat organik tersebut (khususnya pulp dan kertas bekas). Di lain hal, limbah industri pengolahan minyak kelapa sawit dalam bentuk tandan kosong kelapa sawit (TKKS) sebagai bahan serat berligno-selulosa berlimpah jumlahnya dan belum banyak dimanfaatkan, sehingga berindikasi pemanfaataannya sebagai bahan baku industri karton. Terkait dengan hal tersebut, TKKS sesudah dijadikan serpih, diolah menjadi pulp untuk karton menggunakan proses semi-kimia soda panas tertutup pada ketel pemasak skala semi-pilot hasil rekayasa hasil rekayasa Pusat Litbang Keteknikan Kehutanan dan Pengolahan Hasil Hutan (P3KKPHH, Bogor). Rata-rata rendemen pulp TKKS yang diperoleh 60,17%. Lembaran karton dibentuk di industri karton skala kecil, dari campuran pulp TKKS 50% dan limbah padat organik industri kertas 50%; dan dari pulp TKKS 100%, masing-masing dengan penambahan bahan aditif (kaolin 5%, alum 2%, tapioka 4%, dan sizing darih rosin 2%). Sifat fisik dan kekuatan karton asal pulp TKKS 100% dan asal campurannya dengan limbah padat organik industri pulp (50 : 50%) lebih tinggi dari pada karton produksi industri rakyat (dari campuran kertas 50% kertas bekas dan 50% limbah padat organik industri kertas, tetapi tanpa aditif), dan memenuhi kriteria karton komersial. Di samping itu, terdapat kesan visual menarik pada permukaan karton dari campuran pulp TKKS dan limbah padat organik, mengakibatkan sesuai untuk kertas karton indah (kartu undangan, sampul buku, karton hiasan, dsb). Ini mengisyaratkan prospek penggunaan pulp TKKS yang dicampur dengan limbah padat organik industri pulp, sebagai bahan baku alternatif/pengganti campuran limbah padat organik pada industri karton rakyat yaitu kertas bekas.


Keywords


Tandan kosong kelapa sawit (TKKS); pulp; kertas bekas; limbah padat organik industri pulp; industri karton rakyat

References


Anonim. 1972. TAPPI (Techinal Association of the Pulp and Paper Industries) Testing Procedures. Numerical Index of TAPPI Standard and Suggested Method. Atlanta, Georgia.

Anonim. 1983. Techinal Association of the Pulp and Paper Industries (TAPPI)'s Test Methods. TAPPI Press. Atlanta, Georgia.

Anonim. 1984. Standar Industri Indonesia (SII) untuk pulp dan kertas. SII 0435-81, SII 0436-81, SII 0529-81, SII 0531-81. Departemen Perindustrian. Jakarta.

Anonim. 1989. Standar Nasional Indonesia (SNI): Cara uji kertas dan karton. Badan Standardisasi Nasional. Jakarta.

Anonim. 1994. Sludge incineration technology creates alternative to landfilling. Sludge Technology, pg. 6-7.

Anonim. 1998a. Pulp and paper from empty oil-palm bunches. Project Proposal. PT. Triskisatrya Daya Paratama dan PT. Chatama Agro Indofin. Jakarta.

Anonim. 1998b. Menuai devisa dengan limbah kelapa sawit. Harian Kompas, tanggal 18 Maret 1998. Hlm. 15. Jakarta.

Anonim. 2000a. Cara uji indeks sobek lembaran pulp dan kertas (SNI 0435-89). Badan Standardisasi Nasional. Jakarta.

Anonim. 2000b. Cara uji indeks tarik lembaran pulp dan kertas (SNI 0436-89). Badan Standardisasi Nasional. Jakarta.

Anonim. 2000c. Cara uji indeks retak lembaran pulp dan kertas (SNI 14-1442- 1998). Badan Standardisasi Nasional. Jakarta.

Anonim. 2000d. Cara uji ketlembaran pulp dan kertas (SNI 0435-89). Badan Standardisasi Nasional. Jakarta.

Anonim. 2003. Indonesian Pulp and Paper Industry. Directory 2003. Indonesian Pulp and Paper Association. Jakarta, Indonesia

Anonim. 2004. Industri hilir CPO perlu merek produk. Harian Kompas, tanggal 7 Oktober 2004. Jakarta.

Anonim. 2005. Standar kualitas karton jenis chipboard. PT Bekasi Teguh. Jakarta.

Anonim. 2007. Indonesian Pulp and Paper Industry. Directory 2007. Indonesian Pulp and Paper Association. Jakarta, Indonesia.

Anonim. 2008. Supplai CPO dipangkas. Harian Kompas, tanggal 7 November 2008. Jakarta. Hlm. 17. Jakarta.

Anonim. 2009. Kelapa sawit: Indonesia harus berani pakai standar sendiri. Harian Kompas, tanggal 23 November 2009. Jakarta. Hlm. 19. Jakarta.

Casey, J.P. 1980. Pulp and Paper: Chemistry and Chemical Technology. Third edition, Vol. I. A Wiley - Interscience Publications. John Wiley and Sons. New York Toronto - London.

Komarayati, S., E. Santoso, dan Gusmailina. 2005. Kajian teknis dan ekonomis produksi dan pemanfaatan pupuk organik mikorhiza (POM) dari sludge industri pulp untuk tanaman HTI. Laporan Hasil Penelitian. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan. Bogor.

Maybee, W. 1999. Comparative study on chemical composition of paper-mill sludge. Ph.D. Candidate. Website: www.chem-eng. utoronto. ca/-pphone/Research/Othermabee.html. Diakses 5 Maret 2002.

Rina, S.S., S. Purwanti, H. Hardiani, dan S. Surachman, 2002. Pengaruh kompos dan limbah lumpur IPAL industri kertas terhadao tanaman dan tanah. Prosiding Seminar Teknologi Selulosa - Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Industri Selulosa. Bandung

Roliadi, H. dan R.A. Pasaribu. 2004. Teknologi pembuatan pulp tandan kosong kelapa sawit (TKKS) untuk karton. Laporan Hasil Penelitian. Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Hasil Hutan. Bogor.

Roliadi, H. dan R.A. Pasaribu. 2005. Teknologi pembuatan dan peningkatan kualitas karton dari pulp TKKS serta dari campuran sludge industri kertas dan pulp TKKS, pada skala kecil. Laporan Hasil Penelitian. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan. Bogor.

Roliadi, H. dan R.A. Pasaribu. 2005a. Teknologi produksi karton skala kecil dari limbah pembalakan kayu hutan alam produksi dan hutan tanaman. Laporan Hasil Penelitian. Pusat Litbang Hasil Hutan. Bogor.

Roliadi, H. dan R.A. Pasaribu. 2006. Teknologi produksi karton dan papan serat skala kecil dari limbah hutan alam produksi dan industri kertas. Laporan Hasil Penelitian. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan. Bogor.

Roliadi, H. dan R.A. Pasaribu. 2007. Analisa finansial teknologi tepat guna produksi karton skala kecil dari campuran limbah pembalakan kayu HTI dengan sludge dari limbah industri kertas. Laporan Hasil Penelitian. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan. Bogor.




DOI: https://doi.org/10.20886/jphh.2010.28.3.209-221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL PENELITIAN HASIL HUTAN INDEXED BY:

More...


Copyright © 2015 | Jurnal Penelitian Hasil Hutan (JPHH, Journal of Forest Products Research)

eISSN : 2442-8957        pISSN : 0216-4329

       

JPHH is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.