PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK M-DEXT TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN PALAHLAR (Dipterocarpus spp.) DI WILAYAH PERUM PERHUTANI BKPH JASINGA, KPH BOGOR

Istomo Istomo, Sri Wilarso, Haris Arifiyanto Hidayat

Sari


Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan mencegah punahnya jenis pohon bernilai tinggi palahlar (Dipterocarpus spp.) di Jawa Barat  adalah dengan penanaman. Dalam menunjang keberhasilan penanaman salah satu kegiatan pemeliharaan tanaman yang penting adalah pemupukan. Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji pengaruh pemberian pupuk organik M-dext terhadap respon pertumbuhan anakan  palahlar (Dipterocarpus retusus Bl. dan D. hasseltii Bl.).Penelitian dilakukan pada blok penanaman palahlar di wilayah BKPH Jasinga, KPH Bogor seluas 3,5 ha. Rancangan penelitian menggunakan rancangan acak lengkap dalam percobaan faktorial dengan dua perlakuan yaitu jarak tanam (5 m x 5 m dan 3 m x 3 m) dan pemberian pupuk organik M-Dext (0,0; 1,0; dan 2,5 ml/tanaman). Waktu yang diperlukan untuk mengukur respon pertumbuhan tanaman setelah pemupukan adalah enam bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi perlakuan jarak tanam 3 m x 3 m dengan dosis pupuk satu ml/tanaman memberikan pengaruh sangat nyata terhadap pertumbuhan tinggi dan diameter untuk D. hasseltii masing-masing sebesar 2,31 cm/bulan dan 0,06 cm/bulan dan untuk D. restusus masing-masing 2,33 cm/bulan dan 0,03 cm/bulan

Kata Kunci


Dipterocarpus hasseltii Bl.; D. retusus Bl.; pupuk organik; jarak tanam; pertumbuhan tinggi dan diameter

Teks Lengkap:

pdf

Referensi


Alrasyid, H. 1999. Sejarah dan Perjalanan Pembuatan Tegakan Dipterocarpaceae di Jawa.

Prosiding SeminarNasional Status Silvikultur. Yogyakarta, Agustus, 1999. Fakultas Kehutanan UGM. Yogyakarta.

Hadi, S. 2001a. Aplikasi Teknologi MDext untuk Budidaya Kedelai. Makalah Disampaikan pada Seminar dan Pelatihan Produk Teknologi Pertanian Unggulan dan Ramah Lingkungan di Bandar Lampung 5-6 Juni 2001.

Hadi, S. 2001b. Petunjuk Teknis Budidaya Tanaman Padi Menggunakan Teknologi M-Dext. Makalah Disampaikan pada Seminar dan Pelatihan Produk Teknologi Pertanian Unggulan dan Ramah Lingkungan di Bandar Lampung 5-6 Juni 2001.

Istomo, S. Wilarso, I. Z. Siregar. 2004. Laporan Akhir Pengembangan jenis Pohon Asli Bernilai Tinggi Palahlar (Dipterocarpus spp.) di Areal Perum Perhutani Unit III Jawa Barat dan Banten tahun 2004. Kerjasama Antara Pusat Pengembangan Sumberdaya Hutan Cepu, Perum Perhutani dengan Fakultas Kehutanan IPB.

Mattjik, A. dan I M. Sumertajaya. 2000. Perancangan Percobaan dengan Aplikasi SAS dan Minitab Jilid I. IPB Press. Bogor.

Newman, M.F., P.F. Burgess, and T.C. Whitmore 1999. Pedoman Identifikasi Pohon-Pohon Dipterocarpaceae: Jawa Sampai Niugini. PROSEA Indonesia. Bogor.

Sarief, E. S. 1986. Kesuburan dan Pemupukan Tanah Pertanian. Pustaka Buana. Jakarta.

Steel, R.G.D. and J.H. Torrie. 1980. Principles and Procedures of Statistics. McGraw-Hill,Inc.




DOI: https://doi.org/10.20886/jphka.2010.7.1.35-46

##submission.copyrightStatement##



JURNAL PENELITIAN HUTAN DAN KONSERVASI ALAM INDEXED BY:

More...

Copyright of Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam (JPHKA)

eISSN : 2540-9689, pISSN : 0216-0439 

JPHKA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.