SIFAT FISIK DAN KIMIA TANAH SERTA KOMPOSISI VEGETASI DI TAMAN WISATA ALAM TANGKUBAN PARAHU, PROVINSI JAWA BARAT

Pratiwi Pratiwi, R. Garsetiasih

Sari


Taman Wisata Alam Tangkuban Parahu merupakan salah satu taman wisata alam yang memiliki kekhasan berupa kawah Gunung Tangkuban Parahu dengan tipe vegetasi hutan dataran tinggi, sehingga dalam suatu kesatuan sebagai panorama yang khas. Panorama yang khas ini memiliki daya tarik yang tinggi, sehingga taman wisata alam ini banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik asing maupun dalam negeri. Tipe vegetasi yang ada merupakan hasil interaksi dari komponen-komponen yang ada di dalam ekosistem tersebut. Salah satu komponen ekosistem adalah tanah. Sifat-sifat tanah erat hubungannya dengan komposisi vegetasi yang ada di atasnya. Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang sifat-sifat tanah dan komposisi vegetasi yang ada di Taman Wisata Alam Tangkuban Parahu. Penelitian dilakukan dengan membuat plot-plot penelitian untuk pengamatan sifat-sifat tanah dan topografi, serta vegetasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanah di lokasi penelitian termasuk jenis tanah Andosol, dengan tipe vegetasi khas daerah pegunungan.

 

 


Kata Kunci


Sifat-sifat tanah; komposisi vegetasi; Taman Wisata Alam Tangkuban Parahu

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Blackmore, L.C., P.L. Searle, and B.K. Daly. 1981. A Method for Chemical Analyses of Soil NZ. Soil Bureau Sci. Rep. 10 A. CSIRO, New Zealand.

Bullock, P.L., N. Jongerius., G. Stoops and T. Tursina. 1985. Handbook for Soil thin Section Description. Waine Res.Pub.Wolverhamton. 153 hp.

Donk, M.A. and C.G.G.J. Steenis. 1952. Reinwardtia. Vol. 2. Herbarium Bogoriense. Kebun Raya. Indonesia.

Garsetiasih, R. 2003. Dampak Pengunjung dan Daya Dukung Kawasan Taman Wisata Alam Tangkuban Parahu. Buletin Penelitian Hutan 637 : 51-64. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan dan Konservasi Alam. Bogor.

Jenny, H. 1941. Factor of Soil Formation. McGrawhill. New York. 280 p. Kartawinata, K., S. Soenarko, I.G.M.

Tantra dan T. Samingan. 1976. Pedoman Inventarisasi Flora dan Ekosistem. Direktorat Perlindungan dan Pengawetan Alam, Bogor.

Mukhtar, A.S. dan Pratiwi. 1991. Keragaman Jenis Pohon dan Permasalahannya di Kawasan Hutan Situ-gunung, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat. Buletin Penelitian Hutan 533: 1-11. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan dan Konservasi Alam. Bogor.

Pratiwi. 1987. Analisis Komposisi Jenis Pohon di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat. Buletin Penelitian Hutan 488 : 28-34. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan dan Konservasi Alam. Bogor.

Pratiwi dan Subiyanto. 1994. Vegetation and Related Soil in the Gunung Gede Pangrango National Park, West Jawa. Majalah Pertambangan dan Energi No.2/Th XIX/1994: 67-72.

Pratiwi dan B. Mulyanto. 2000. The Relationship Between Soil Characteristics with Vegetation Diversity in Tanjung Redep, East Kalimantan. Forestry and Estate Crops Research Journal 1(1): 27-33.

Pratiwi dan R. Garsetiasih. 2003. Dampak Pengunjung terhadap Sifat Fisik Tanah di Taman Wisata Alam Tangkuban Parahu, Jawa Barat. Buletin Penelitian Hutan 639 : 33-44. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan dan Konservasi Alam. Bogor.

Pratiwi. 2004. Hubungan Antara Sifat- sifat Tanah dan Komposisi Vegetasi di Daerah Tabalar, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Buletin Penelitian Hutan 644 : 63-76. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan dan Konservasi Alam. Bogor.

Pratiwi. 2005. Ciri dan Sifat Lahan Habitat Mahoni (Swietenia macrophylla King.) di Beberapa Hutan Tanaman di Pulau Jawa. Gakuryoku XI (2) : 127-131.

PT. Habitat. 1980. Laporan Akhir Peren- canaan Fisik/Rencana Tata Letak Objek Wisata Tangkuban Parahu. PT. Habitat, Bandung.

Schmidt, F.H. and J.H.A. Ferguson. 1951. Rainfall Based on Wet and Dry Period Ratios for Indonesia with Western New Guinea.

Verhand. 42. Kementrian Perhubungan. Djawatan Meteorologi dan Geofisika, Jakarta. Soil Survey Staff. 1994. Key to Soil Taxonomy. United Stated Department of Agriculture. Soil Conservation Service. Six Edition. 306 p.




DOI: https://doi.org/10.20886/jphka.2007.4.5.457-466

##submission.copyrightStatement##



JURNAL PENELITIAN HUTAN DAN KONSERVASI ALAM INDEXED BY:

More...

Copyright of Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam (JPHKA)

eISSN : 2540-9689, pISSN : 0216-0439 

JPHKA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.