PERTUMBUHAN Rhizophora mucronata Lamk PADA BERBAGAI KONDISI SUBSTRAT DI KAWASAN REHABILITASI MANGROVE SINJAI TIMUR SULAWESI SELATAN

Halidah Halidah

Sari


Rhizophora mucronata Lamk adalah salah satu jenis mangrove yang digunakan untuk rehabilitasi kawasan mangrove di kawasan pantai barat maupun pantai timur  di Sulawesi Selatan. Mangrove akan sulit tumbuh di wilayah pesisir yang terjal dan berombak besar dan arus pasang surut yang kuat karena kondisi ini tidak memungkinkan terjadinya pengendapan lumpur, substrat yang diperlukan untuk pertumbuhannya. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh informasi tentang pertumbuhan R. mucronata yang meliputi parameter kerapatan, pertumbuhan tinggi batang, tinggi perakaran, dan jumlah akar  pada kondisi substrat yang berbeda di kawasan rehabilitasi mangrove di  Sinjai Timur Sulawesi Selatan. Penelitian dilakukan dengan membuat- plot-plot pengamatan secara sistematis di setiap lokasi tempat tumbuh.  Jarak setiap plot adalah 100 m. Luas setiap plot adalah 5 m x 5 m dengan asumsi tanaman yang diukur adalah tanaman pada tingkat semai dan pancang. Plot dibuat pada lokasi tumbuh yang meliputi empat desa dan tiga arah tumbuh: arah laut, bagian tengah, dan arah darat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan substrat yang nyata  pada empat lokasi tumbuh yang diamati, kerapatan akan semakin berkurang dari arah tumbuh darat ke laut dan kerapatan yang tertinggi terdapat di Desa Samatarring yaitu rata-rata 61 pohon/25 m². Terdapat perbedaan yang nyata terhadap pertumbuhan tinggi batang serta tinggi dan jumlah perakaran tanaman pada setiap lokasi tumbuh. Pertumbuhan tinggi yang paling besar terdapat pada lokasi tumbuh Desa Samatarring, rata-rata 36,64  cm/tahun.  Tinggi  dan  jumlah  perakaran  tertinggi  terdapat  di  Desa  Samatarring    dengan  tinggi perakaran rata-rata 43 cm/tahun dan jumlah perakaran rata-rata empat dengan kondisi substrat yang mempunyai kandungan pasir 62,78%, debu 29,89%, serta liat 7,33% dan  ketebalan lumpur rata-rata 29,73 cm


Kata Kunci


Substrat; ketebalan lumpur; arah tumbuh; lokasi tumbuh

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Anonimous. 2003. National Strategy for Indonesia Mangrove Ecosystem Management. (Draf Revisi). Second Book Mangrove Ecosystem in Indonesia.

Departement of Forestry, Departement of Fishery and Marine, Ministry of Environment, Departement of Home Affairs, Indonesian Institute of Sciences, Japan International Cooperation Agency and Institute of Mangrove Research and Development.

Brady, N.C. 1985. The Nature and Properties of Soils. Ninth edition. Metro Manila.

Cox, G.W. 1972. Laboratory Manual of General Ecology. Brown Company Publishes. Dubuque Iowa.

Dahuri, R., J. Rais, S.P. Ginting, dan M.J.Sitepu. 1996. Pengelolaan Sumber

Daya Wilayah Pesisir dan Lautan Secara Terpadu. PT. Pradnya Paramita. Jakarta.

Hogarth, P.J. 1999. The Biology of Mangroves. Oxford University Press.

Mann, K.H. 1982. Ecology of Coastal Water A Systems Approach. Blackwell Scientific Publications. Oxford London Edinburgh. Boston Melbourne.

Marsono, D. 1989. Synecological Consideration on Rehabilitation of Mangrove Vegetation. Prosiding Simposium Mangrove Management: Its Ecological and Economic Consideration. Biotrop Special Pub. 37. Bogor.

Peter, K.L. dan N. Sivasothi. 2001. A Guide to Mangroves of Singapore", Mangrove ecosystem.http: //mangrove.nus.edu.sg/guidebooks/teks/ 1011c.htm.

Poedjirahajoe. 1995. Peranan Akar Bakau Sebagai Penyangga Kehidupan Biota Laut di Kawasan Rehabilitasi Mangrove Pantai Pemalang Jawa Tengah.

Tesis Program Studi Ilmu Kehutanan Jurusan Ilmu-ilmu Pertanian. Program Pasca Sarjana Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Poedjirahajoe. 2006. Klasifikasi Lahan Potensil untuk Rehabilitasi Mangrove di Pantai Utara Jawa Tengah. Disertasi. Universitas Gajah Mada. Yokyakarta.

Sudjana. 2002. Desain dan Analisis Eksperimen. Edisi IV. Tarsito. Bandung.

Supriharyono. 2000. Pelestarian dan Pengelolaan Sumber Daya Alam di Wilayah Pesisir Tropis. Gramedia Pustaka. Jakarta.

Walsh, C.E. 1974. Mangrove a Review. Ecology of Halophytes. Academic Press, New York.




DOI: https://doi.org/10.20886/jphka.2010.7.4.399-412

##submission.copyrightStatement##



JURNAL PENELITIAN HUTAN DAN KONSERVASI ALAM INDEXED BY:

More...

Copyright of Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam (JPHKA)

eISSN : 2540-9689, pISSN : 0216-0439 

JPHKA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.