KOMBINASI PERMUDAAN ALAM Agathis dammara (Lambert) L.C. Rich. DENGAN TANAMAN Theobroma cacao Linn. PADA LAHAN KURANG PRODUKTIF DI MALILI, SULAWESI SELATAN

Ruben Renden, Merryana Kiding Allo, Suhartati Suhartati

Sari


Hutan  dijadikan  sebagui sumber pemuas kebutuhan dan penghasilan, karena itu  mereka memperlakuan hutan secara tidak bijak tanpa mempertimbangkan kemampuan  alarn yang ada. Selain itu  pula teknik pemukaan lahan dilakukan secara tebas habis lalu dibakar (slash and burn),sehingga kerusakan lapisan top soil  tanah sulit dihindarkan. Penyediaan paket teknologi sangat penting untuk rneningkatkan pertumbuhan jenis andalan setempat melalui penerapan teknik konservasi tanah berupa pemupukan dalam rangka rehabilitasi lahan kurang   produktif. Tujuan penelitian ini  adalah untuk rnendapatkan informasi tentang pertumhuhan perrnudaan alarn Agathis dammara (Lambert) L.C. Rich. yang dikombinasikan dengan tanaman Theobroma cacao  Linn. pada lahan kurang produktif di Malili. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Rancangan Petek Terpisah atau Split Plot, dengan perlakuan utama adalah dosis pupuk NPK dan sub perlakuan adalah kombinasi antara pupuk kandang dengan kapur dolomit. Menurunnya kandungan bahan organik tanah pada bagian hutan yang telah berubah menjadi lahan HKM yaitu pada lapisan atas 5,93 dan pada lapisan bawah 5,43.  Sedangkan untuk  meningkatkan pertumbuhan permudaan alam agatis sebaiknya rnenggunakan cara penanaman campuran dengan tanaman coklat karena pemupukan akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman pokok pada  penarnbahan bahan organik pupuk NPK 100 gram+ pupuk kandang 2 kilogam + kapur dolomit 300 gram.


Kata Kunci


Agathis dammara (Lambert) L.C. Rich.; Theobroma cacao Linn.; coklat; bahan organik; NPK; pupuk kandang; dolomit

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Halidah. 2001. Kajian siklus hara pada hutan kemasyarakatan SPUC Malili. Laporan Hasil Penelitian (unpublished). Balai Penelitian Kehutanan Ujung Pandang. Makassar.

Lingga, P. 1986. Petunjuk penggunaan pupuk. Penebar Swadaya. Jakarta.

Lutz, H.J. dan R.F. Chandler. 1965. Forest soil. John Wiley and Sons. London.

Suhendi, H. 1979. Kesuburan dan pemupukan tanah pertanian. CV. Pustaka Buana. Bandung.

Sutriana, S. 1989. Pupuk dan pernupukan. Medyatama Sarana Perkasa. Jakarta.

Syarief, S. 1986. Kesuburan dan pemupukan tanah pertanian. CV. Pustaka Buana. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.20886/jphka.2006.3.3.215-223

##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

JURNAL PENELITIAN HUTAN DAN KONSERVASI ALAM INDEXED BY:

More...

Copyright of Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam (JPHKA)

eISSN : 2540-9689, pISSN : 0216-0439 

JPHKA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.