ANALISIS FLUKTUASI DEBIT AIR AKIBAT PERUBAHAN PENGGUNAAN LAHAN DI KAWASAN PUNCAK KABUPATEN BOGOR

Yunita Lisnawati, Ari Wibowo

Sari


Kawasan Puncak yang terletak di Sub DAS Ciliwung Hulu merupakan daerah tangkapan air yang penting bagi kota Jakarta. Namun saat ini dengan terjadinya perubahan penggunaan lahan yang sangat dinamis, terutama peningkatan penggunaan untuk pemukiman telah berdampak pada perubahan debit air maksimum-minimum. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan penggunaan lahan antara tahun 1995-2003, dalam hubungannya dengan perubahan debit air maksimum-minimum di kawasan Puncak Kabupaten Bogor. Analisis spasial dilakukan dengan menggunakan peta penggunaan lahan tahun 1995-2003 berdasarkan citra satelit landsat ETM+, dan Sistem Informasi Geografis (SIG). Analisis data atribut menggunakan Analisis Korelasi Berganda dan Analisis Regresi Berganda. Hasil analisis spasial menunjukkan bahwa perubahan penggunaan lahan di kawasan Puncak pada periode tahun 1995-2003 cenderung didominasi oleh perubahan lahan kebun campuran menjadi pemukiman. Analisis korelasi berganda menunjukkan adanya korelasi yang cukup tinggi dan berkorelasi negatif antara luas hutan dan selisish debit maksimum-minimum. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa hutan mampu menurunkan selisih debit air maksimum-minimum sebesar 0,027 m3/detik, jika luasan hutan naik sebesar satu hektar.


Kata Kunci


citra satelit landsat ETM+; fluktuasi debit air; kawasan Puncak; penggunaan lahan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Balai Pengelolaan Sumberdaya Air Ciliwung-Cisadane, Bogor. 2004. Data debit maksimum - minimum Sungai Ciliwung, Bendung Katulampa.

Fakhrudin, M. 2003. Kajian Respon Hidrologi akibat Perubahan Penggunaan Lahan DAS Ciliwung dengan Model Sedimot II. Tesis. Pasca Sarjana. IPB.

Hardiana, D. 1999. Simulasi Dampak Perubahan Guna Lahan terhadap Perubahan Limpasan Air Permukaan. Studi Kasus : Sub DAS Cipamingkis di Kawasan Jonggol. Skripsi. Institut Tehnologi Bandung.

Pemerintah Kabupaten Daerah Tingkat II Bogor.

Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Daerah Tingkat II Bogor. Bogor.

Pratiwi. 2004. Keragaman Jenis Pohon dan Konservasi Tanah dan Air di Kawasan Taman Nasional. Prosiding Pemanfaatan Jasa Hutan dan Non Kayu Berbasis Masyarakat sebagai Solusi Peningkatan Produktivitas dan Pelestarian Hutan. Departemen Kehutanan.

Walpole, R.E. 1992. Pengantar Statistika.

Terjemahan. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.20886/jpht.2010.7.4.221-226

##submission.copyrightStatement##

JURNAL PENELITIAN HUTAN TANAMAN INDEXED BY:

More...

Copyright of Jurnal Penelitian Hutan Tanaman (JPHT)

eISSN : 2442-8930 pISSN : 1829-6327

JPHT is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.