ANALISIS DAYA DUKUNG LAHAN DI KAWASAN PUNCAK KABUPATEN BOGOR

Yunita Lisnawati, Ari Wibowo

Sari


Kawasan Puncak di Kabupaten Bogor telah ditetapkan sebagai kawasan andalan, kawasan konservasi tanah dan air, daerah wisata dan penyangga ibu kota Jakarta. Akan tetapi kawasan ini telah mengalami banyak perubahan penggunaan lahan yang mempersempit lahan pertanian dan dapat menurunkan daya dukung lahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besarnya daya dukung lahan di kawasan Puncak Kabupaten Bogor pada tahun 2005. Daya dukung lahan adalah jumlah penduduk yang dapat didukung atau disokong oleh suatu luas sumberdaya lahan pada lingkungan tertentu dalam keadaan makmur, sesuai dengan teknologi dan pengelolaan usahatani yang dilakukan petani. Analisis dilakukan dengan menggunakan rumus Bayliss-Smith yang diwakili oleh 3 desa contoh yaitu desa Gadog, Batulayang dan Sukakarya. Hasil perhitungan daya dukung menunjukkan daya dukung lahan di desa Sukakarya 84,48 jiwa/ha, desa Batulayang 40,90 jiwa/ha dan desa Gadog sebesar 35,65 jiwa/ha. Dengan angka kepadatan penduduk yang sesungguhnya yaitu desa Sukakarya 14,71 jiwa/ha, Batulayang 26,61 jiwa/ha dan Gadog 36,05 jiwa/ha, maka diketahui bahwa desa Gadog sudah melampaui daya dukung lahannya.


Kata Kunci


Daya dukung; kawasan puncak

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustono. 1984. Daya Dukung Lahan dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya di Kabupaten Cianjur dan Karawang, Jawa Barat. Tesis. Fakultas Pasca Sarjana. IPB.

Hermanto, A. 2005. Pemanfaatan Lahan Berbasis Rencana Tata Ruang sebagai Upaya Perwujudan Ruang Hidup yang Nyaman, Produktif, dan Berkelanjutan.

Mahmudi, B. 2004. Optimalisasi Penggunaan Lahan dan Penetapan Daya Dukung Lingkungan Di Daerah Tangkapan Air (DTA) Cilampuyang Sub DAS Cimanuk Hulu, Kabupaten Garut, Propinsi Jawa Barat. Tesis. Pasca Sarjana. Institut Pertanian Bogor.

Maulana, LH. 2003. Analisis Daya Dukung Lahan dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya di Kawasan Puncak Wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pemerintah Kabupaten Daerah Tingkat II Bogor. 2000. Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Daerah Tingkat II Bogor. Bogor.

Rusli, S. 1997. Pengantar Ilmu Kependudukan. LP3. Jakarta.

Sayogyo, Goenardi, S. Rusli, S. Harjadi dan M. Khumaedi. 1983. Menuju Gizi Baik yang Merata di Pedesaan dan Kota. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Soerianegara, I. 1978. Pengelolaan Sumberdaya Alam Bagian I dan II. Sekolah Pasca Sarjana IPB.




DOI: https://doi.org/10.20886/jpht.2009.6.1.45-54

##submission.copyrightStatement##

JURNAL PENELITIAN HUTAN TANAMAN INDEXED BY:

More...

Copyright of Jurnal Penelitian Hutan Tanaman (JPHT)

eISSN : 2442-8930 pISSN : 1829-6327

JPHT is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.