FUNGI PADA BATANG POHON Paraserianthes falcataria DAN ASOSIASINYA DENGAN Xystrocera festiva (Coleoptera : Cerambycidae)

Yunasfi Yunasfi, Soetrisno Hadi, Gayuh Rahayu, Teguh Santoso

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis fungi yang berkembang pada batang pohon Paraserianthes falcataria yang diserang oleh Xystrocera festiva. Fungi diisolasi dari kulit dan kayu gubal pada beberapa tahap gerekan X. festiva. Acremonium sp. 1 berhasil diisolasi dari kulit batang. Pada permukaan kayu gubal ditemukan Trichoderma virens dan Acremonium sp. (aff. Acremonium sp. st. imperfect Nectria arenuloides). Trichoderma harzianum dan Acremonium sp. (aff. Acremonium sp. st. imperfect N. cyathea) ditemukan pada terowongan kayu gubal yang dibuat oleh X. festiva. Acremonium spp. juga terdapat pada larva dan imago X. festiva. Hal ini menunjukkan adanya interaksi antara Acremonium spp. dengan X. festiva. Terdapat indikasi bahwa T. virens dan T. harzianum menekan perkembangan Acremonium spp. pada batang pohon P. Falcataria.

Kata Kunci


Acremonium; fungi; Paraserianthes falcataria; Trichoderma; Xystrocera festiva

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agrios, G. N. 1997. Plant Pathology. 4rd Ed. Academic Press, Inc. San Diego, New York.

Beaver, R. A. 1989. Insect-Fungus Relationship in the Bark Ambrosia Beetles. Hlm 121-143 dalam Insect-Fungus Interaction. N. M. Wilding, N. M. Collins, P. M. Hammond dan J. F. Webber (Peny.). Academic Press. London, San Diego, New York, Berkeley, Boston, Sydney, Toronto, Tokyo.

Bissett, J. 1991. A Revision of the Genus Trichoderma. II. Infrageneric Classification. Can. J. Bot. 69:2357-2372.

Borror, D.J., C.A. Triplehorn dan N.F. Johnson. 1989. Pengenalan Pelajaran Serangga. Terjemahan. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Carter, W. 1973. Insect in Relation to Plant Disease. Second Edition. John Wiley & Sons. New York, London, Sydney, Toronto.

Departemen Kehutanan. 1990. Pemanfaatan Hutan secara Lestari. Departemen Kehutanan Republik Indonesia. Jakarta.

Hadi, S. 1994. Perkembangan dan Status Bidang Perlindungan Hutan terhadap Penyakit dan Implementasinya dalam Kegiatan Pengelolaan Hutan. Makalah disampaikan pada Forum Komunikasi Hasil Penelitian Bidang Kehutanan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi 3 - 6 Oktober 1994 Cisarua-Bogor. Bogor

Hasan A., D. K. Permana, T. S. Aminah, A. R. Sutiawan, dan Azisadi. 1990. Hama Xystrocera festiva Pascoe pada Pohon Sengon dan Alternatif Penanggulangannya. Hlm 102-115 dalam Prosiding Seminar Nasional Sengonisasi. Jurusan Manajemen Hutan Fakultas Kehutanan IPB Bogor.

Jeger, M. J dan N. J. Spence. 2001. Biotic Interactions in Plant-Pathogen Associations. CABI Publishing. Wallingford, New York.

Jolivet, P. 1998. Interrelationship between Insects and Plants. CRC Press. Boca Raton, Boston, London, New York, Washington, D.C.

Metcalf, R. L., dan W. H. Luckmann. 1982. Introduction to Insect Pest Management. John Wiley & Sons. New York, Chichester, Brisbane, Toronto, Singapore.

Patton, R,F. 1990. Diseases of Forest Trees, Him 169-194 dalam Introduction to Forest Science, 2" Edition. R.A. Young dan R.L. Giese (Peny.). John Wiley & Sons. New York, Chichester, Brisbane, Toronto, Singapore.

Samuels, G.J. 1976. Perfect States of Acremonium the Genera Nectria, Actiniopsis, Ijuhya, Neohenningsia, Ophiodictyon, and Peristomialis. New Zealand Journal of Botany 14: 231-260.

Soerianegara, I. 1986. The Use of Legumes for Reforestation and Greening in Indonesia. Rimba Indonesia 20 : 27 - 33.

Suharti, M dan T. H.T. Waluyo. 1992. Teknik Pengenalan Hama Xystrocera festiva Pascoe dan Usaha Pengendaliannya. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan. Bogor.

Sulthoni, A. 1986. Permasalahan Perlindungan Tanaman pada Hutan Tanaman Industri dan Kaitannya dengan Teknologi Maju. Dalam Prosiding Seminar Nasional Ancaman terhadap Hutan Tanaman Industri. R. S. Wirakusumah (Peny.) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia dan Departemen Kehutanan. Jakarta.

Suratmo, F. G. 1994. Perkembangan Perusak Hutan Tanaman Industri. Makalah disampaikan pada Forum Komunikasi Hasil Penelitian Bidang Kehutanan yang diselenggarakan pada tgl 3 - 6 Oktober 1994 Cisarua-Bogor. Bogor.

Wells, H.D. 1988. Trichoderma as a Biocontrol Agent. Hlm 71-82 dalam Biocontrol of Plant Disease.

Vol.l. K.G. Mukerji dan K.L. Garg (Peny.). CRC Press Inc. Boca Raton. Florida.




DOI: https://doi.org/10.20886/jpht.2009.6.4.251-259

##submission.copyrightStatement##

JURNAL PENELITIAN HUTAN TANAMAN INDEXED BY:

More...

Copyright of Jurnal Penelitian Hutan Tanaman (JPHT)

eISSN : 2442-8930 pISSN : 1829-6327

JPHT is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.