Karakteristik Buah, Benih dan Penyemaian Macadamia integrifolia di Persemaian Aek Nauli, Sumatera Utara

Aswandi Aswandi, Cut Rizlani Kholibrina, Selamat Lumbantobing

Sari


Salah satu jenis potensial untuk rehabilitasi hutan dan lahan di DTA Danau Toba adalah Macadamia integrifolia. Selain adaptif pada lahan kritis, pohon ini menghasilkan buah yang dapat dimakan dan bernilai ekonomi. Sehingga diperlukan upaya pembangunan sumber benihnya di kawasan ini. Tujuan kegiatan ini adalah untuk pengetahui karakteristik buah, benih dan penyemaian Macadamia (Macadamia integrifolia) yang berasal dari Hutan Penelitian Sipisopiso, Danau Toba Sumatera Utara. Penelitian yang dilakukan meliputi penanganan buah; penangan benih/biji dan penyemaian benih. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata berat buah basah adalah 7,51 g atau terdapat 141 buah per 1 kg. Berat rata-rata benih adalah 5,83 atau 181 biji dalam satu kilogramnya. Benih mulai berkecambah pada hari ke 26 dengan masa kecambah benih selama 70 hari. Daya kecambah tertinggi terdapat pada benih yang tidak mendapat perlakuan perendaman (kontrol). Perlakuan peretakan benih mampu mempercepat perkecambahan benih. Benih yang direndam dengan air dingin selama 24 jam mampu meningkatkaan daya kecambah hingga 78%. Berdasarkan pertumbuhan awal selama 6 bulan di persemaian, kecambah memiliki tinggi rata-rata 13,7 cm dengan  diameter 3,2 mm.

Kata Kunci


buah; rehabilitasi lahan kritis; adaptif; daya kecambah; pertumbuhan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aswandi dan Kholibrina CR, 2017. Pemulihan Ekosistem Danau Toba. Bina Media Perintis, Medan.

Gintings AN, 2010. Rencana umum untuk pemulihan dan rehabilitasi ekosistem DTA Danau Toba secara partisipatif. Prosiding Workshop II: Diseminassi Hasil Studi ITTO dan Tukar Menukar Pengalaman Dalam Pemulihan Ekosistem Danau Toba. Medan, 28 Januari 2010. Kerjasama ITTO PD 394/06 Rev. 1(F) dengan Puslitbang Hutan dan KA dan Puslit Lingkungan Hidup Universitas HKBP Nommensen Sumatera Utara.

Hasanah, M. 1998. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Vol XVII No. 1. Badan LitbangDepartemen Pertanian. 32.

Djaenudin, D., B. Saefoel dan H. Suharjo. 2001. Lahan yang Berpotensi untuk Pengembangan Makadamia (Macadamia integrifolia) di Indonesia. Jurnal Penelitian dan PengembanganPertanian 2 (1): 32-37.

Hasanah, M. 1998. Peluang Pengembangan Makadamia diIndonesia. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pertanian 17(1): 32-38.

Kholibrina CR, 2014 . Variasi Ukuran Benih Beberapa Provenan Styrax sumatrana Terhadap Daya Kecambah di Persemaian Aek Nauli. Prosiding Expose Hasil – hasil Penelitian. Pusat Litbang Konservasi dan Rehabilitasi Medan , 6 Nopember 2014.




DOI: https://doi.org/10.20886/jpks.2018.2.1.47-56

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Penelitian Kehutanan Sumatrana