ANALISIS CADANGAN KARBON POHON PADA LANSKAP HUTAN KOTA DI DKI JAKARTA

Sofyan Hadi Lubis, Hadi Susilo Arifin, Ismayadi Samsoedin

Abstract


Meningkatnya persoalan lingkungan, seperti polusi udara dan peningkatan suhu di DKI Jakarta menyebabkan keberadaan hutan kota sangat penting. Pohon memiliki peran penting karena berfungsi sebagai penyimpan karbon dan penyerap karbon paling efesien di perkotaan. Hutan kota di DKI Jakarta memiliki persoalan dalam pengembangannya, selain aspek teknis juga dipengaruhi oleh aspek kebijakan hutan kota. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian ini dengan tujuan: (1) menganalisis cadangan karbon, nilai serapan CO , dan jenis pohon hutan kota yang memiliki cadangan karbon potensial, dan (2) menganalisis faktor kebijakan yang perlu mendukung pengembangan hutan kota. Penelitian dilakukan di DKI Jakarta dengan fokus pada tiga hutan kota, yaitu hutan kota Universitas Indonesia, Srengseng dan PT JIEP. Analisis cadangan karbon dilakukan melalui pendekatan allometrik dan analisis faktor kebijakan hutan kota dengan pendekatan (AHP). Jumlah cadangan karbon pohon terbesar terdapat pada hutan UI yaitu 178,82 ton/ha, Srengseng 24,04 ton/ha dan PT JIEP 23,64 ton/ha. Nilai serapan CO terbesar dihasilkan dari hutan kota UI yaitu 634,40 ton/ha, Srengseng 88,15 ton/ha dan PT JIEP 86,76 ton/ha. Sumbangan cadangan karbon pohon terbesar dihasilkan dari pohon famili Fabaceae, antara lain yaitu A. Cun Ex Benth Willd Boj. Ex Hook Willd dan Prioritas kebijakan yang mendukung pengembangan hutan kota pada level faktor adalah peningkatan kualitas hutan kota, level aktor adalah pemerintah dan level alternatif adalah evaluasi peraturan dan perluasan hutan kota.

Keywords


AHP; allometrik; jenis pohon; serapan CO2

Full Text:

PDF

References


Arifin, HS. and N. Nakagosaki. 2011. Landscape Ecologi and Urban Biodiversity in Tropical Indonesia Cities. Landscape Ecol Eng. 7:33-43. Springer. New York.

Chave J, C. Andalo, S. Brown, MA. Cairns, JQ Chambers, D. Eamus, H. Folster, F. Fromard, N. Higuchi, T. Kira, JP. Lescure, and T. Yamakura. 2005. Tree Allometry and Improved Estimation of Carbon Stock and Balance in Tropical Forests. Oecologia. 145:87-99.

Hairiah K, SM. Sitompul, MV. Noordwijk, and C. Palm. 2011. Methods for Sampling Carbon Stocks Above and Below Ground. ICRAF. Bogor.

DIPCC. 2006. Guidelines for National Greenhouse Gas Inventories: References Manual. Paris.

Krisnawati H, WC. Adinugroho, dan R. Imanuddin. 2012. Model-Model Allometrik untuk Pendugaan Biomassa Pohon pada Berbagai Tipe Ekosistem Hutan di Indonesia. Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan. Bogor.

Kusmana C, S. Sabiham, K. Abe, and H. Watanabe. 1992. An Estimation of Above Ground Biomass of A Mangrove Forest in East Sumatera. Indonesia. Tropics. 4:143-257.

Murdiyarso M, K. Hairiah, and MV. Noordwijk. 1994. Modelling and Measuring Soil Organic Matter Dinamics and Greenhouses Emission After Forest Conversion. Report of Workshop Training Course. Bogor. Indonesia.

Nova JS, A. Widyastuti, dan E. Yani. 2011. Keanekaragaman Jenis Pohon Pelindung dan Estimasi Penyimpanan Karbon Kota Purwokerto. Jakarta. Hal 176-222.

Rahayu SB, B. Lusiana, and MV. Noordwijk. 2007. Pendugaan Cadangan Karbon di Atas Permukaan Tanah pada Berbagai Sistem Penggunaan Lahan di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur. ICRAF. Bogor.

Samsoedin I. dan T. Waryono. 2010. Hutan Kota dan Keanekaragaman Jenis Pohon di Jabotabek. Yayasan Kehati Indonesia. Jakarta.

Standar Nasional Indonesia (SNI), 2011. Pengukuran dan Perhitungan Cadangan Karbon. Badan Standarisasi Nasional. Jakarta.

Subarudi, I. Somsoedin, dan T. Waryono. 2010. Kebijakan Pembangunan RTH dan Hutan Kota di Wilayah Jabodetabek: Sebuah Upaya Pencegahan Tenggelamnya Kota Jakarta. Prosiding Ekspose Hasil Penelitian Pusat Penelitian Sosial ekonomi dan Kebijakan Kehutanan, Tanggal 30 September 2010. Pusat Penelitian, Pengembangan Perubahan Iklim dan K ebijakan, K e mentrian Kehutanan. Bogor.




DOI: https://doi.org/10.20886/jpsek.2013.10.1.1-20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan



Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan Indexed by:

 ...More

Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan (JPSEK)
eISSN : 2502-4221 pISSN : 1979-6013
JPSEK is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.