KETERGANTUNGAN MASYARAKAT TERHADAP KAWASAN TAMAN NASIONAL KERINCI SEBLAT PASCA PELAKSANAAN KEGIATAN KONSERVASI TERPADU

Mamat Rahmat, Helmi Helmi, Rahmat Syahni

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis dampak dari pelaksanaan program Integrated Conservation and Development Project (ICDP) pada kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Program ICDP dalam pengelolaan TNKS telah dimulai sejak tahun 1998 dan berakhir pada tahun 2002. Pertanyaan utama yang diajukan adalah apakah pelaksanaan program ICDP dapat mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap sumberdaya di dalam kawasan TNKS dan sejauh mana pengaruh program ICDP serta faktor faktor-faktor sosial ekonomi lainnya terhadap pendapatan masyarakat, baik pendapatan dari sumberdaya di dalam kawasan TNKS maupun pendapatan dari luar kawasan TNKS sebagai alternatif pola pengembangan kedepan. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Napal Licin dan Desa Pulau Kidak, Kecamatan Ulu Rawas, Kabupaten Musi Rawas, Propinsi Sumatera Selatan yang termasuk desa-desa penyangga TNKS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program ICDP tidak dapat menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap kawasan TNKS, terutama terhadap lahan perladangan. Pelaksanaan program ICDP belum mampu menurunkan pendapatan masyarakat dari dalam kawasan TNKS, disamping itu juga belum mampu meningkatkan pendapatan masyarakat dari luar kawasan TNKS. Dalam rangka melaksanakan kegiatan konservasi TNKS, maka kegiatan perladangan di dalam kawasan TNKS harus dihentikan. Sebagai kompensasinya disarankan untuk meningkatkan akses masyarakat dalam pemanfaatan zona pemanfaatan khusus TNKS secara legal sebagai alternatif mata pencaharian masyarakat yang tidak mengakibatkan kerusakan kawasan TNKS tetapi memiliki nilai ekonomi tinggi.  Pola penanaman karet secara tradisional (non intensif) pada zona pemanfaatan khusus merupakan pilihan yang lebih baik dalam rangka pelestarian kawasan TNKS dan sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat lokal.


Keywords


Program Konservasi dan Pembangunan Terpadu; Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS); Ketergantungan masyarakat lokal.

Full Text:

PDF

References


Balai Taman Nasional Kerinci Seblat. 2002. Management Framework for Kerinci Seblat National Park: 2002-2006. KS-ICDP bekerjasama dengan BTNKS dan Direktorat Jenderal PHKA. Sungai Penuh.

Bappeda Kabupaten Musi Rawas dan BPS Kabupaten Musi Rawas. 2002. Kecamatan Rawas Ulu Dalam Angka 2001. Kerjasama Bappeda Kabupaten Musi Rawas dengan BPS Kabupaten Musi Rawas. Surulangun.

Departemen Dalam Negeri, Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah, Direktorat Lingkungan Hidup dan Penataan Ruang. 2002. Kerinci Seblat-Proyek Pengembangan Wilayah dan Konservasi Terpadu: TNKS-ICDP Komponen B, Pengembangan Wilayah/Pedesaan; Laporan Triwulan No. 13, Januari Maret 2002. Kerjasama AHT Group Consultants dengan PT. Tricon Jaya dan PT. Amythas Experts and Associates.

Gouyon, A. 2004. Ekosertifikasi Sebagai Sebuah Insentif Untuk Konservasi Keragaman Hayati dalam Sistem Wanatani Karet Rakyat: Sebuah Kajian Pendahuluan. World Agroforestry Centre (ICRAF). Bogor.

Salafsky, N. dan E. Wollenberg. 2000. Linking Livelihood and Conservation: A Conceptual Framework and Scale for Assessing the Integration of Human Needs and Biodiversity. World Development, 28 (8), 1421 1438.

Suharjito, D., A. Khan, W.A. Djatmiko, M.T. Sirait, dan S. Evelyna. 2000. Karakteristik Pengelolaan Hutan Berbasiskan Masyarakat. Aditya Media. Yogyakarta.

Supranto, J. 2000. Teknik Sampling: Untuk Survey dan Eksperimen. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Syahni, R., Mahdi, Yusmini, F. Tanjung dan R. Hakimi. 2002. Tekanan Aktifitas Ekonomi Masyarakat Terhadap Kelestarian Taman Nasional Kerinci Seblat. Jurnal Stigma, X (4), 364 370.

Yusron, M. dan I P. Wardana. 1993. Analisis Ekosistem daerah Perbatasan Taman Nasional Kerinci Seblat Propinsi Sumatera Barat: Hasil Pemahaman Singkat. Integrated Conservation and Development Project. Bogor.




DOI: https://doi.org/10.20886/jpsek.2006.3.3.191-204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan Indexed by:

 ...More

Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan (JPSEK)
eISSN : 2502-4221 pISSN : 1979-6013
JPSEK is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.