Sosiologi Kehutanan dalam Pengelolaan Hutan

Achmad Rizal HB

Abstract


Pengelolaan hutan yang bersifat kompleks dengan multikomponen dan multiaspek di dalamnya, memerlukan berbagai pendekatan, antara lain pendekatan sosiologi  yang menitikberatkan perhatiannya pada masyarakat, dalam hal ini masyarakat di dalam dan sekitar hutan. Masyarakat tersebut dipandang sebagai bagian dari ekosistem hutan, sehingga tidak hanya sebagai objek tetapi juga sebagai subjek pengelolaan hutan. Konsekuensi dari pandangan tersebut adalah dimasukkannya perhatian terhadap kepentingan masyarakat di dalam dan sekitar hutan sebagai indikator keberhasilan pengelolaan hutan, selain kepentingan fungsi produksi dan kepentingan konservasi. Ada hubungan saling ketergantungan antara hutan dan masyarakat yang tinggal di dalam dan sekitar hutan. Masyarakat tersebut berkontribusi kepada hutan dan sekaligus mengambil manfaat dari hutan. Dipandang dari sudut hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan tersebut, masyarakat, termasuk yang tinggal di dalam dan sekitar hutan merupakan objek sosiologi. Oleh karena itu, beberapa permasalahan terkait masyarakat dan pengelolaan hutan dapat pula diupayakan solusinya dengan pendekatan sosiologi. Pendekatan sosiologi  tidak dapat berdiri sendiri dan perlu didampingi pendekatan lainnya, seperti pendekatan ekonomi, ekologi, politik, dan lain-lain. Namun, pengelolaan hutan tanpa pendekatan sosiologi yang bertumpu pada hal-ihwal masyarakat, tampaknya akan berujung pada pengelolaan yang tidak optimal.

Keywords


Pengelolaan hutan; pendekatan sosiologi; sosiologi kehutanan

Full Text:

PDF

References


Alhamid, H., A.R.H. Bisjoe. 1997. Pemberdayaan Masyarakat Sekitar Hutan di Irian Jaya. Prosiding Ekspose Hasil-hasil Penelitian Balai Penelitian Kehutanan Manokwari Tahun 1997.Sardjono, M.A. 2011. Promoting Research on Indonesian Community Forestry Practices Towards Global Issues. Makalah disampaikan pada seminar INAFOR 5 – 7 Desember 2011 di Bogor.

CIFOR. 2001. People Managing Forests. The Link between Human Well-being and Sustainability. Editor: C.J.P. Colfer dan Yvonne Byron. Bogor. Indonesia.

Rahardjo. 1999. Pengantar Sosiologi Pedesaan dan Pertanian. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Sardjono, M.A. 2011. Promoting Research on Indonesian Community Forestry Practices Towards Global Issues. Makalah disampaikan pada seminar INAFOR 5 – 7 Desember 2011 di Bogor.

Soekanto, S. 2003. Sosiologi Suatu Pengantar. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.20886/buleboni.4988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Buletin Eboni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: