Eksplorasi Anakan Alam Eboni (Diospyros celebica Bakh.) di Tiga Kabupaten di Sulawesi Selatan

C. Andriyani Prasetyawati, Edi Kurniawan

Abstract


Eboni (Diospyros celebica Bakh.) merupakan salah satu pohon endemik Sulawesi, yang mempunyai nilai jual tinggi, saat ini keberadaannya sudah semakin sulit ditemui di hutan alam. Eksploitasi yang tidak terkontrol dengan tanpa diimbangi pengembangan yang serius membuat tanaman ini semakin berada diambang kepunahan. Pembangunan sumber benih merupakan salah satu upaya dari pemerintah untuk menghindarkan jenis-jenis endemik dari kepunahan. Benih eboni yang semakin langka, menjadikan anakan alam sebagai salah satu alternatif sebagai materi pembangunan sumber benih Areal Produksi Benih (APB). Untuk itu dilakukan eksplorasi terhadap anakan alam eboni di 3 kabupaten di Sulawesi Selatan, yaitu Kabupaten Luwu Timur, Kabupaten Sidrap dan Kabupaten Maros. Dengan dibangunnya APB untuk jenis eboni, diharapkan masyarakat dan para stakeholder lebih mudah dalam mendapatkan benih bermutu dari jenis tersebut, sehingga diharapkan akan dapat menyelamatkan eboni dari kepunahan.

Keywords


Sulawesi Selatan; anakan alam; sumber benih; eboni (Diospyros celebica)

Full Text:

PDF

References


Allo M.K., 2008. Deskripsi ekologi habitat eboni (Diospyros celebica Bakh.) di Cagar Alam Kalaena, Kab. Luwu Timur. Jurnal Penelitian Hutan Tanaman, 5 (3) : 175 - 190.

Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam Sulawesi Selatan, 2012. Inventarisasi Eboni Pada C. A. Kalaena dan C. A. Ponda-ponda. Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan Bidang Wilayah I Palopo. Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam.

Fathoni T., A. Wardhana dan B. Leksono, 2011. Kebijakan Badan Litbang Kehutanan Dalam Pembangunan Sumber Benih dan Status Pemuliaan Tanaman Hutan Saat Ini. Dalam : Peran Sumber Benih Unggul Dalam Mendukung Keberhasilan Penanaman Satu Milyar Pohon. Rimbawanto, A., B. Leksono dan AYPBC Widyatmoko (eds). Prosiding Seminar Nasional Pembangunan Sumber Benih, 30 Juni 2011. Hal : 3 - 35. Yogyakarta: Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan.

Na’iem M., 2011. Aspek ilmiah pembangunan sumber benih untuk mendukung kebijakan penanaman satu milyard pohon. Dalam : Peran Sumber Benih Unggul Dalam Mendukung Keberhasilan Penanaman Satu Milyar Pohon. Rimbawanto, A., B. Leksono dan AYPBC Widyatmoko (eds). Prosiding Seminar Nasional Pembangunan Sumber Benih, 30 Juni 2011. Hal : 37 - 43. Yogyakarta: Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan.

Nurkin, B. 2011. Partisipasi masyarakat dalam konservasi eboni di Maros, Sulawesi Selatan. Prosiding Loka Karya Nasional Status Konservasi dan Formulasi Strategi Konservasi Jenis-Jenis Pohon Yang Terancam Punah (Ulin, Eboni dan Michelia), Bogor, 18 – 19 Januari 2011. Hal : 204 - 213. Pusat Penelitian dan Pengembangan Konservasi dan Rehabilitasi Alam. Bogor: Badan Litbang Kehutanan Bekerjasama dengan ITTO.

Santoso B., 1997. Pedoman Teknis Budidaya Eboni (Diospyros celebica Bakh.). Makassar: Balai Penelitian Kehutanan Makassar.

Trihartono, B., Arif N., Lukman H., 2011. Pedoman Teknis Pembangunan Sumber Benih. Jakarta: Badan Litbang Kehutanan. Kementerian Kehutanan.

Wilaida, T., 2011. Rencana pemanfaatan sumber benih (potensi produksi, penanganan dan pemanfaatan serta distribusi sumber benih). Workshop Pembangunan Sumber Benih UPT Lingkup Badan Litbang Kehutanan Tahun 2011. Yogyakarta.: Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan.

Yudohartono T.P., Y. Hadiyan dan M. Mahfudz, 2009. Konservasi sumberdaya genetik tanaman hutan tingkat desa untuk jenis prioritas setempat. Dalam : Status Terkini Penelitian Pemuliaan Tanaman Hutan. B. Leksono, AYPBC Widyatmoko dan A. Nirsatmanto (eds). Prosiding Ekspose Hasil-Hasil Penelitian, 1 Oktober 2009. Hal : 11 - 19. Yogyakarta: Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan.

Yuniarti N., D. Syamsuwida dan A. Aminah, 2008. Pengaruh penurunan kadar air terhadap perubahan fisiologi dan kandungan biokimia benih eboni (Diospyros celebica Bakh.). Jurnal Penelitian Hutan Tanaman, 5 (3) : 191 - 198.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Buletin Eboni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: