Manfaat Sagu (Metroxylon spp.) bagi Petani Hutan Rakyat di Kabupaten Konawe Selatan

Nurhaedah Muin

Abstract


Petani hutan rakyat di Konawe Selatan sebagian besar mengusahakan tanaman jati yang berdaur panjang, sehingga diperlukan pendapatan antara dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Salah satu komoditi yang memungkinkan adalah tanaman sagu. Penduduk Kabupaten Konawe Selatan didominasi oleh Suku Tolaki, yang antara lain memiliki budaya mengonsumsi sagu. Umumnya petani hutan rakyat di daerah ini memanfaatkan sagu sebagai bahan pangan pendamping beras, selain itu sagu juga dipasarkan dalam bentuk sagu mentah dan panganan. Peluang pengembangan sagu masih memungkinkan karena kesesuaian lahan dan ketersediaan pasar, namun dalam pengembangannya memiliki hambatan berupa minimnya pengetahuan masyarakat terkait teknik budidaya dan diversifikasi produk serta jaringan pemasaran. Untuk itu, masih diperlukan pembinaan dari instansi terkait.

Keywords


Sagu; hutan rakyat; Konawe Selatan

Full Text:

PDF

References


Alfons JB dan Rivaie, A. 2011. Sagu mendukung kPetahanan pangan dalam menghadapi dampak perubahan iklim. Majalah Perspektif. Vol 10 No. 2. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Maluku. Kementerian Pertanian.

Badan Pusat Statistik, 2011. Kabupaten Konawe Selatan dalam Angka. Provinsi Sulawesi Tenggara.

Bintoro, M.H., M.Y.J. Purwanto dan S. Amarillis, 2010. Sagu di Lahan Gambut. IPB Press. Bogor.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, 2012. Inovasi Teknologi Membangun Ketahanan Pangan dan Kesejahteraan Petani. Kementerian Pertanian.

Direktorat Jenderal Perkebunan, 2012. Pedoman Teknis Pengembangan Tanaman Sagu. Kementerian Pertanian. Jakarta.

Kendari Kompas, 2013. Sinonggi” makanan khas Suku Tolaki. Travel kompas.com. 1 Mei 2013. Diakses 29 April 2014.

Master G, 2012. Sagu masih menjadi makanan pokok penduduk wilayah pedalaman Papua. www.UP4B go.id. Diakses 28 April 2014.

Nurhaedah, ARH. Bisjoe. 2012. Studi Analisis Dimensi Social CBCF di Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara. Laporan Hasil Penelitian. Balai Penelitian Kehutanan Makassar. Tidak dipublikasi.

Nurhaedah, ARH. Bisjoe dan T. Widianto. 2013. Kajian Forestry livelihood di Desa Lambakara, Kabupaten Konawe Selatan. Laporan Hasil Penelitian. Balai Penelitian Kehutanan Makassar. Tidak dipublikasi.

Soenardi, T., dan S.Wulan., 2009. Hidangan Nikmat Bergizi dari Bumi Indonesia. Kerjasama dengan Departemen Pertanian Republik Indonesia. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Tribun Maluku, 2013. Tepung sagu dapat diolah menjadi biji bakso dan mie. Tribun Maluku.com. Diakses 30 April 2014.

Wikipedia, 2013. Sinonggi. Id.wikipedia.org. Diakses 23 April 2014.




DOI: https://doi.org/10.20886/buleboni.5044

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Buletin Eboni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: