Pemanfaatan Lignin Sebagai Bahan Perekat Kayu

Mody Lempang

Abstract


Lignin pada kayu berasosiasi dengan selulosa dan hemiselulosa dan berperan sebagai pengikat antara individu sel kayu. Kadar lignin kayu (25-30%) yang terdapat di antara sel dan di dalam sel menyebabkan kayu menjadi keras dan kaku sehingga mampu menahan tekanan mekanis yang besar dan bertanggungjawab terhadap perubahan dimensi kayu akibat fluktuasi kadar air. Lignin merupakan polimer yang sangat melimpah dan berpotensi dimanfaatkan berkaitan dengan aplikasi-aplikasi polimer. Sebagian besar lignin yang diproduksi dalam proses pembuburan kayu dibakar sebagai bahan bakar pada tempat pembuburan kayu. Sementara konsumsi polimer sintetis dunia seperti perekat semakin meningkat. Karena jumlahnya besar, alami dan merupakan produk yang dapat diperbaharui, lignin mempunyai potensi besar untuk penggunaan beberapa industri. Akan tetapi lignin mempunyai keterbatasan pemanfaatan secara komersial disebabkan oleh sifat kimia dan fisikanya yang rumit dan karakteristiknya yang sangat bervariasi. Oleh karena itu, lignin merupakan polimer alam yang menarik untuk modifikasi kimia. Hasil modifikasi ini telah menghasilkan beberapa jenis produk perekat kayu antara lain  resin lignin fenol formaldehida (L-PF) dan resin resol.


Keywords


Lignin kayu; pemanfaatan; perekat kayu

Full Text:

PDF

References


Achmadi, S.S. 1990. Kimia Kayu. Pusat Antar Universitas dan Ilmu Hayat, Institut Pertanian Bogor.

ASTM. 1995. Annual book of ASTM Standards. Volume 04.10 wood. Section 4. Philadelphia.

FAO. 1980. Guideline for utilization and marketing of tropical wood species. Food and Agricultural Organization (FAO) of theUnited Nation, Rome.

Bowyer, J.L., Shmulsky, R., Haygreen, J.G. 2003. Forest Product and Wood Science, an Introduction 4th Edition. The Iowa State University Press, Ames, Iowa.

Fengel, D. dan Wegener, G. 1995. Kayu: Kimia, Ultrastruktur, Reaksi-Reaksi. Terjemahan Hardjono Sastrohamidjojo dari buku asli Wood: Chemistry, Ultrastructure, Reactions. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Hollis, Jr., John, W., Schoenherr and Michael W. 1981. Lignin Containing Resin Adhesive. American Can Company, Greenwich. Unitet States Patent 43035662. http://Lignin-containing resin adhesive-Patent 43035662.htm. diakses tanggal 17 Nopember 2008.

Marra, A.A. 1992. Technology of Wood Bonding (Priciples in Practice). Van Nostrand Reinhold, New York.

Pari, G. 1990. Isolasi lignin dari lindi hitam. Jurnal Penelitian Hasil Hutan .8 (1): 25-30. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan, Bogor.

Rowell, R.M. 2005. Wood Chemistry and Wood Composites. CRC Press, Florida.

Schroeder and Helbert, A. 1993. Method For Recovering and Using Lignin in Adhesive Resin. Colorado State University Research Foundation, Collins. Unitet States Patent 5177169. http://Method for recovering and using lignin in adhesive resin –Patent 5177169.htm diakses tanggal 17 Nopember 2008.

Stevens. M.P. 2007. Kimia Polimer. PT. Pradnya Paramita, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.20886/buleboni.5087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Buletin Eboni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: