Produksi Nata Pinnata dari Nira Aren

Mody Lempang

Abstract


Aren  (Arenga pinnata Merr.) adalah pohon serbaguna yang sejak lama telah dikenal menghasilkan bahan-bahan industri. Hampir semua bagian fisik dan produksi tumbuhan ini dapat dimanfaatkan dan memiliki nilai ekonomi. Kegunaan aren dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat di dalam dan di sekitar hutan melalui penggunaan secara tradisional. Namun, saat ini masih terdapat bagian-bagian aren yang sesungguhnya  dapat ditingkatkan ragam pemanfaatannya, misalnya nira aren. Nira aren tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai bahan minuman atau diolah menjadi gula, cuka dan alkohol, tetapi  juga dimanfaatkan untuk memproduksi nata pinnata yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi. Produk nata pinnata merupakan pangan fungsional yang dapat diproduksi melalui proses fermentasi nira aren. Proses produksi nata pinnata dilakukan dalam tiga tahapan proses, yaitu perbanyakan starter (bibit), produksi nata pinnata lembaran dan pengolahan nata pinnata lembaran menjadi produk (manisan) kemasan.


Keywords


Nira aren; fermentasi; nata pinnata

Full Text:

PDF

References


Alam, S. dan Suhartati, 2000. Pengusahaan hutan aren rakyat di Desa Umpunge Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan. Buletin Penelitian Kehutanan, 6 (2) : 59-70. Balai Penelitian Kehutanan, Ujung Pandang.

Afri A.S., 1993. Kelapa. (Kajian Sosial-Ekonomi). Aditya Media, Yogyakarta.

Barlina, R. dan A.Lay, 1994. Pengolahan nira kelapa untuk produk fermentasi nata de coco, alkohol dan asam cuka. Jurnal Penelitian Kelapa, 7 (2): 21-33. Balai Penelitian Kelapa, Manado.

Heyne, K., 1950. Tumbuhan Berguna Indonesia. Jilid I. Terjemahan oleh Badan Litbang Kehutanan, Jakarta. 615 p.

Lempang, M. dan Soenarno, 1999. Teknik penyadapan aren untuk meningkatkan produksi nira. Prosiding Ekspose Hasil-Hasil Penelitian dan Pengembangan Kehutanan (Ujung Pandang, 8 Pebruari 1999). Balai Penelitian Kehutanan Ujung Pandang.

Lempang, M. dan Soenarno. 2000. Rendemen produksi gula aren. Buletin Penelitian Kehutanan, 6 (1): 17-28. Balai Penelitian Kehutanan, Ujung Pandang.

Lempang, M. 2006. Rendemen dan kandungan nutrisi nata pinnata yang diolah dari nira aren. Jurnal Penelitian Hasil Hutan 24 (2) :133-144. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan, Bogor.

Lutony, T. L., 1993. Tanaman Sumber Pemanis. PT. Penebar Swadaya, Jakarta.

Rachman, A.K. dan Y. Sudarto, 1992. Nipah Sumber Pemanis Baru. Kanisius, Yogyakarta.

Rumokoi, M.M.M. 1990. Manfaat tanaman aren (Arenga pinnata Merr). Buletin Balitka No. 10 Thn 1990 hal : 21-28. Balai Penelitian Kelapa, Manado.

Surtaminingsih, L., 2004. Peluang Usaha Nata de Coco. Kanisius, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.20886/buleboni.5092

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Buletin Eboni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: