Model Peningkatan Air Tanah Berbasis Pemukiman pada Hulu Daerah Aliran Sungai

M. Kudeng Sallata, Hunggul YSH Nugroho, Ade Suryaman, Muhammad Saad

Abstract


Rendahnya persentase air hujan pada musim hujan yang tersimpan di daerah imbuhan air baku DAS, akan mengganggu keseimbangan hidrologi khususnya komponen-komponen penyusun siklus air dalam suatu DAS. Diperlukan terobosan dalam mengembangkan program konservasi tanah dan air secara menyeluruh dalam hubungannya dengan program-program pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Metode konsevasi air berupa  sumur resapan dan bentuk metode fisik lainnya seperti teras gulud, pengatur saluran air, untuk mengurangi atau memanen aliran permukaan (runoff) telah dikembangkan di Kampung Babangeng, Desa Pa’bumbungan, Kecamatan Eremerasa, Kabupaten Bantaeng, Provinsi Sulawesi Selatan, untuk meningkatkan kemampuan tanah meresapkan air (Soil infiltration capacity) kedalam tanah. Model kegiatan ini diharapkan menambah ketersediaan air tanah pada daerah imbuhan air DAS Calendu. Tujuan pengembangan adalah meningkatkan resapan air untuk ketersediaan air baku melalui pembangunan sumur resapan air berbasis kelompok pemukiman dan melakukan rehabilitasi lahan dan konservasi tanah partisipatif di daerah imbuhan air tanah DAS Calendu, Bantaeng. Hasil  pengembangan menunjukkan bahwa  dengan terbangunnya  dua  buah sumur resapan dengan kapasitas masing-masing  8 meter kubik dapat  meresapkan air  atau menambah air tanah  sebanyak  124,92 meter kubik dari 35 kejadian hujan dengan tinggi 1583 mm  periode Juli - Agustus 2017.  Hal yang sama terjadi pada periode hujan dari Oktober - Desember 2017, sumur dapat menampung runoff 122,84 meter kubik dari kejadian hujan lebih banyak yaitu 55 kali.


Keywords


Sumur resapan; aliran permukaan; air tanah; daerah imbuhan air

Full Text:

PDF

References


Arafat. Y. (2008). Reduksi Beban Aliran Drainase Permukaan Menggunakan Sumur Resapan. Jurnal SMARTek, 6 (3): 144 - 153.

Arsyad. S. (2010). Konservasi Tanah dan Air, Edisi II, IPB Press, Bogor.

Asdak, Chay. (2014). Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. Yogyakarta. Gajah Mada University Press.

Bisri. Muh dan T. A. N. Prastya (2009). Imbuhan Air tanah Buatan Untuk Mereduksi Genangan (Studi Kasus di Kecamatan Batu Kota Batu). Jurnal Rekayasa Sipil, 3(1): 77-90.

Hardjowigeno, (2010). Ilmu Tanah. Penerbit Akademika Pressindo. Jakarta.

Hasanuddin. (2009). Pemukiman di Sepanjang Daerah Aliran Sungai Biang Keke dan Calendu Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. Walennae, 11 (1): 33-50.

Irianto. G. (2000). Panen Hujan Dan Aliran Permukaan Untuk Peningkatan Produktivitas Pertanian Lahan Kering, Penanggulangan Banjir Dan Kekeringan. Berita Biologi, 5 (1), April 2000.

Kodoati, Robert J. & Sjarief, Roestam. (2008). Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu, Ed. II. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Murtono, T; A.M. Imran, M. Arsyad Thaha, (2013). Zonasi Imbuhan Air Tanah pada Daerah Aliran Sungai Lahumbuti Provinsi Sulawesi Tenggara. GEOSAINS, 9 (2): 89-97.

Sallata. M.K. (2016). Pengelolaan Sumberdaya Air Partisipatif Berbasis Pemukiman di Wilayah Hulu Daerah Aliran Sungai. Studi Kasus: Pengelolaan air di Kampung Babangeng, Desa Pa’bumbungang, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. Prosiding Seminar Nasional Peran Pengelolaan DAS Untuk Mendukung Ketahanan Air. 22 September 2016 Surakarta.

Sallata. M.K dan H.Y.S.H Nugroho. (2016). Model Pengelolaan Sumber Daya Air Bersama Masyarakat Secara Konservatif dan Mandiri Berbasis Desa. Banga Rampai, Pengelolaan Lahan dan Air Berkelanjutan dengan Melibatkan Mayarakat. Forda Press Bogor.

Sallata.M.K. (2017). Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Berbasis DAS Skala Mikro. Penerbit PT Kanisius, Yokyakarta.

Suripin (2004). Pelestarian Sumber Daya Tanah dan Air. 208 hal. ISBN 979-731-431-6. Penerbit Andi. Jogyakarta.

USAID/IUWASH (2012): Sumur Resapan, Sebuah Adaptasi Perubahan Iklim dan Konservasi Sumberdaya Air. Pembangunan Sumur Resapan. USAID ESP.

Wibowo Mardi. (2003). Teknologi Konservasi Untuk Penanganan Kawasan Resapan Air Dalam Suatu Daerah Aliran Sungai. J.Tek.Ling. P3TL-BPPT. 4(1): 8-13.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Buletin Eboni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: