Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal GALAM?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PETUNJUK PENULISAN UMUM

Redaksi hanya menerima naskah dari penulis yang menjamin bahwa tulisannya tidak melanggar hak cipta, belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang dalam proses penerbitan di media lain. Pemuatan dalam Jurnal Galam untuk naskah yang ternyata telah/sedang akan diterbitkan di media lain sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis.

BENTUK NASKAH

Naskah dalam bentuk hasil penelitian dan sintesis (review) hasil penelitian dalam bidang lingkungan hidup dan kehutanan baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Hasil penelitian harus ringkas, fokus pada hasil-hasil dan data terbaru. Ulasan bersifat mengulas penelitian-penelitian terbaru pada topik khusus. Bagian-bagian dari naskah ulasan mengikuti tata cara penulisan dibawah, kecuali tidak perlu bagian “Bahan dan Metode” dan “Hasil dan Pembahasan”.

FORMAT NASKAH

• BAHASA: Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

• FORMAT: Naskah diketik pada kertas ukuran A4 (210 mm x 297 mm) dengan spasi 1,5. Pada semua tepi kertas dikosongkan 3 cm. Jumlah halaman antara 5 sampai 20 halaman. Isi tulisan diketik dengan font Cambria, 11pt.

• JUDUL: Judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris menggunakan huruf Cambria ukuran 11. Judul dibuat tidak lebih dari 2 baris (tidak lebih dari 15 kata)

• NAMA DAN ALAMAT PENULIS: Penulisan nama tidak disingkat. Nama penulis dicantumkan di bawah judul tanpa mencantumkan gelar dan jabatan serta bukan nama samaran, letaknya di bawah nama penulis diikuti nama lembaga tempat penulis bekerja, alamat instansi, No telp/faks, No handphone (HP) dan alamat email penulis.

• ABSTRAK: Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, tidak lebih dari 250 kata baik dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Abstrak diketik dengan font Cambria, ukuran 10pt, spasi satu. Abstrak bersifat mandiri, ditulis dalam satu paragraf, menggambarkan secara singkat isi tulisan yang memuat latar belakang, tujuan, metode dan hasil penelitian. Prinsip penulisan abstrak yakni Apa yang dilakukan, bagaimana cara melakukan, dan Apa yang dihasilkan. Sangat baik jika mencantumkan rekomendasi atau prospek dari penelitian tersebut. Hindari menggunakan singkatan yang tidak umum, tanpa catatan kaki dan tidak mencantumkan referensi. Cara penulisan Abstrak ini berbeda dengan penulisan hasil pembahasan dan kesimpulan.

.

• KATA KUNCI: Kata kunci dicantumkan di bawah abstrak, harus mengandung cukup informasi untuk indeks dan membantu dalam penelusuran; dapat berupa kata tunggal dan kata majemuk, minimal 3 kata dan maksimal 5 kata, ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Kata kunci sebaiknya berbeda dengan kata-kata di judul dan diurutkan sesuai abjad

• TABEL: Judul tabel dan keterangan yang diperlukan ditulis dalam bahasa Indonesia dengan jelas dan singkat. Tabel harus diberi nomor. Penggunaan tanda koma (,) dan titik (.) pada angka di dalam tabel masing-masing menunjukkan nilai pecahan desimal dan kebulatan seribu. Tabel tidak menggunakan garis vertikal.  Isi dalam tabel menggunakan 1 spasi dan ukuran huruf  9 pts.

• GAMBAR: Gambar berupa grafik dan gambar harus kontras. Setiap gambar harus diberi nomor, judul dan keterangan yang jelas 

• FOTO: Foto yang digunakan harus mempunyai ketajaman yang baik dan diinsert dalam format tex box agar posisi gambar dapat tetap stabil bila terjadi perubahan format.  Gambar diberi judul dan keterangan yang jelas. Pemuatan foto penulis dalam terbitan berkala ilmiah tidak diperkenankan.

• SISTEMATIKA PENULISAN adalah sebagai berikut :

1. Judul: Bahasa Indonesia dan Inggris

2. Penulis dan instansi penulis, email penulis

3. Abstrak: Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia

4. Pendahuluan

5. Bahan dan Metode

6. Hasil dan Pembahasan

7. Kesimpulan dan Saran

8. Ucapan Terima Kasih dan Lampiran (jika ada)

9. Pernyataan Kontribusi

10. Daftar Pustaka

DAFTAR PUSTAKA

Semua nama pengarang yang disebutkan dalam kutipan harus dicantumkan dalam daftar pustaka secara lengkap, dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Nama pengarang ditulis mulai dari nama belakang/keluarga diikuti dengan tanda koma kemudian nama depan.

2. Bila terdapat lebih dari satu pengarang, maka semua nama pengarang tetap ditulis dan tidak perlu menggunakan et al atau dkk. Sementara dalam kutipan (tubuh teks) bila pengarangnya lebih dari dua orang maka cukup gunakan et al.

3. Sumber dituliskan dengan mengikuti tata cara (style) yang dikeluarkan oleh APA (American Psychological Association).

4. Referensi pustaka yang diunduh dari internet, harus mencantumkan URL/Web resmi, dengan ketentuan terdapat: Nama penulis. Tahun upload tulisan. Judul tulisan. Nama lengkap URL/Web. (tanggal, bulan, dan tahun diunduh), bukan dari Blogspot, wordpress, wikipedia.

5. Sumber daftar pustaka yang tidak ada nama pengarangnya ditulis nama lembaga/instansi yang menerbitkannya.

6. Pustaka yang bersumber dari Undang-undang/peraturan pemerintah atau dokumen penting hendaknya mencantumkan: Badan yang mengesahkan. Tahun terbit/pengesahan. Judul UU/PP/Perda atau dokumen penting. Kota pengesahan. Lembaga yang mengeluarkan.

7. Pustaka yang dirujuk diusahakan terbitan paling lama 10 (sepuluh) tahun terakhir dan paling sedikit 80% dari pustaka primer, dengan jumlah paling sedikit 10 (sepuluh) pustaka.

8. Untuk menjaga konsistensi cara pengacuan, pengutipan dan penulisan daftar pustaka kami sarankan untuk menggunakan aplikasi referensi standar seperti Mendeley, EndNote, Zotero, dll.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Jurnal Galam adalah  publikasi ilmiah yang memuat karya tulis ilmiah hasil penelitian dan sintesis hasil penelitian bidang lingkungan hidup dan kehutanan yang meliputi silvikultur, mikrobiologi hutan, ekologi, perencanaan, biometrik, teknologi hasil hutan, konservasi hutan, sosial, ekonomi, kebijakan, dan dampak lingkungan.  Pengelola Jurnal Galam akan menerapkan kode etika publikasi imiah yang telah ditetapkan berdasarkan Peraturan Kepala LIPI No 5 Tahun 2014.

Etika publikasi ilmiah menjunjung tiga nilai etika dalam publikasi, yaitu (i) Kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi; (ii) Keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang/penulis; dan (iii) Kejujuran, yakni bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme (DF2P) dalam publikasi. Kode etika publikasi ini dalam rangka peningkatan mutu jurnal ilmiah Galam sesuai dengan baku mutu internasional. Kode etika ini terdiri dari: kode etika pengelola jurnal ilmiah, kode etika editor jurnal ilmiah, kode etika mitra bestari jurnal ilmiah, dan kode etika pengarang jurnal ilmiah. Kode etika tersebut sebagai berikut:

  1. 1.      Kode etika pengola jurnal

Definisi pengelola jurnal adalah suatu institusi yang mempublikasikan naskah ilmiah yang telah memenuhi kaidah-kaidah ilmiah, etik, Hak Kekayaan Intelektual, dan mempromosikan serta menjamin keberlanjutan penerbitan jurnal. Tugas dan tanggung jawab pengelola jurnal antara lain:

a)      Menentukan nama jurnal, lingkup keilmuan, keberkalaan, dan pengajuan akreditasi apabila diperlukan.Menentukan keanggotaan dewan editor.

b)      Mendefinisikan hubungan antara penerbit, editor, mitra bestari, dan pihak lain dalam suatu kontrak.

c)      Menghargai hal-hal yang bersifat rahasia, baik untuk peneliti yang berkontribusi, pengarang/penulis, editor, maupun mitra bestari.

d)     Menerapkan norma dan ketentuan mengenai hak atas kekayaan intelektual, khususnya hak cipta.

e)      Melakukan telaah kebijakan jurnal dan menyampaikannya kepada pengarang/penulis, dewan editor, mitra bestari, dan pembaca.

f)       Membuat panduan aturan dan etika perilaku bagi editor dan mitra bestari.

g)      Mempublikasikan jurnal secara teratur.

h)     Menjamin ketersediaan sumber dana untuk keberlanjutan penerbitan jurnal.

i)       Membangun jaringan kerja sama lembaga penelitian dan instansi terkait

j)        Mempersiapkan perizinan dan aspek legalitas lainnya.

  1. 2.      Kode etika editor jurnal ilmiah

Definisi editor jurnal ilmiah adalah seseorang yang mengkoordinasikan peran dan fungsi pengarang, mitra bestari, dan pengelola jurnal dalam proses mempublikasikan karya tulis ilmiah berdasarkan kaidah ilmiah dan etika. Tugas dan tanggung jawab editor jurnal ilmiah antara lain:

a)      Mempertemukan kebutuhan pembaca dan penulis,Mengupayakan peningkatan mutu publikasi secara berkelanjutan,

b)      Menerapkan proses untuk menjamin mutu karya tulis yang dipublikasikan,

c)      Mengedepankan kebebasan berpendapat secara objektif,

d)     Memelihara integritas rekam jejak akademik penulis,

e)      Menyampaikan koreksi, klarifikasi, dan permintaan maaf apabila diperlukan,

f)       Bertanggung jawab terhadap gaya dan format penulisan karya tulis ilmiah, sedangkan isi dan segala pernyataan dalam karya tulis merupakan tanggung jawab penulis,

g)      Secara aktif meminta pendapat penulis, pembaca, mitra bestari, dan anggota dewan editor untuk meningkatkan mutu publikasi,

h)     Melakukan evaluasi internal secara berkala terhadap kualitas jurnal ilmiah

i)       Mendukung inisiatif penulis tentang etika publikasi dengan menyertakan formulir klirens dalam setiap pengajuan naskah

j)        Berpikiran terbuka terhadap pendapat baru atau pandangan orang lain yang mungkin bertentangan dengan pendapat pribadi untuk kemajuan ilmu pengetahuan,

k)      Menghindari keputusan yang bersifat objektif dengan tidak mempertahankan pendapat sendiri, penulis atau pihak ketiga dengan mencari jalan keluar yang secara ilmiah dapat dipertanggungjawabkan,

l)        Mendorong penulis untuk melakukan perbaikan karya tulis hingga layak terbit

  1. 3.      Kode etika mitra bestari jurnal ilmiah

Definisi editor jurnal ilmiah adalah seseorang yang membantu editor untuk menelaah secara kritis substansi karya tulis ilmiah sesuai bidang kepakarannya. Tugas dan tanggung jawab mitra bestari jurnal ilmiah antara lain:

a)      Menelaah karya tulis dan menyampaikan hasil telaahan kepada editor, sebagai bahan penentuan kelayakan suatu karya tulis untuk diterbitkan,

b)      Penelaah tidak melakukan telaah ilmiah atas karya tulis yang melibatkan dirinya, baik secara langsung maupun tidak langsung,

c)      Memberikan saran, masukan dan rekomendasi positif terhadap manuskrip karya tulis ilmiah, 

d)     Menjaga privasi penulis dengan tidak menyebarluaskan hasil koreksi, saran, dan rekomendasi terhadap suatu manuskrip,

e)      Mendorong penulis melakukan perbaikan karya tulis,

f)       Menelaah kembali karya tulis yang telah diperbaiki sesuai dengan standar yang telah ditentukan,

g)      Karya tulis ditelaah tepat waktu sesuai gaya selingkung terbitan berdasarkan kaidah ilmiah (metode pengumpulan data, legalitas pengarang, kesimpulan, dan lain-lain) yang telah ditetapkan.

 

  1. 4.      Kode etika pengarang jurnal ilmiah

Definisi pengarang jurnal ilmiah adalah seseorang yang menuangkan hasil-hasil  pemikiran dan/penelitian dan pengembangannya dalam bentuk karya tulis yang telah memenuhi persyaratan kaidah ilmiah dan etik. Tugas dan tanggung jawab pengarang jurnal ilmiah antara lain:

a)      Memastikan bahwa yang termasuk dalam daftar penulis telah memenuhi kriteria sebagai penulis,

b)      Bertanggung jawab secara kolektif untuk pekerjaan dan isi artikel meliputi metode, analisis, perhitungan, dan rinciannya.

c)      Menyatakan asal sumber daya (termasuk pendanaan), baik secara langsung maupun tidak langsung.

d)     Menjelaskan keterbatasan dalam penelitian.

e)      Menanggapi komentar yang dibuat oleh mitra bestari dan dewan redaksi secara profesional ilmiah dan tepat waktu.

f)       Menginformasikan secara tertulis kepada editor jika akan menarik kembali karya tulisnya.

g)      Membuat pernyataan bahwa karya tulis yang diserahkan untuk diterbitkan adalah asli, dan belum pernah dipublikasikan di manapun dan dalam bahasa apapun, dan tidak sedang dalam proses pengajuan ke penerbit lain.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.