Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam

Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam (JPHKA) merupakan publikasi ilmiah resmi yang menerbitkan tulisan hasil penelitian yang mencakup bidang silvikultur hutan alam, nilai hutan, pengaruh hutan, botani dan ekologi hutan, perhutanan sosial, mikrobiologi hutan dan konservasi keanekaragaman hayati. Jurnal ini terakreditasi oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (RISTEKDIKTI) dengan peringkat 2 (Sinta 2).

JPHKA diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan, Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, sebelumnya dikenal sebagai Pusat Penelitian dan Pengembangan Konservasi dan Rehabilitasi, Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, Departemen Kehutanan Republik Indonesia. Nama penerbit berubah sesuai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.18/MenLHK-II/2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Pada mulanya, jurnal ini terbit sebanyak tiga kali dalam setahun (April, Agustus dan Desember). Namun, sejak tahun 2015 yaitu terbitan JPHKA Vol. 12 No. 2 bulan Agustus tahun 2015, jurnal ini terbit dua kali dalam setahun (Juni dan Desember).

Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam mengalami perubahan tampilan layout sejak terbitan Vol. 16 No. 1, Juni 2019.

 

Kebijakan Akses Terbuka

JPHKA adalah jurnal akses terbuka. Jurnal ini tidak membebankan biaya pengolahan artikel atau biaya pengiriman naskah. Semua naskah yang diserahkan kepada JPHKA berada di bawah model kebijakan akses terbuka/penerbitan open access. Dalam model penerbitan ini, semua manuskrip melalui proses review oleh para reviewer (peer-reviewed) di bawah kendali tim editorial. Naskah akan terbit secara elektronik dan dapat diakses secara bebas di website kami. Penulis juga dapat menggunakan pdf naskahnya yang telah terbit untuk penggunaan non-komersial di situs pribadi atau situs institusinya. Pengguna memiliki hak untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau terhubung dengan versi lengkap naskah terbitan JPHKA.  

 


Gambar Beranda Jurnal

Informasi

 

Akreditasi Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam

 
Sertifikat-JPHKA-Baru  
Dikirimkan: 2018-07-18
 

Frekuensi Penerbitan Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam (JPHKA)

 
JPHKA diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan (Puslitbang Hutan) dengan frekuensi penerbitan tiga kali setahun (April, Agustus dan Desember). Namun, sejak Vol. 12 No. 2 Agustus 2015, JPHKA terbit dengan frekuensi dua kali setahun (Juni dan Desember)  
Dikirimkan: 2017-02-02
 
Lebih banyak informasi...

Vol 18, No 1 (2021): Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam

Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi alam

##issue.fullIssue##

##issue.viewIssueDescription## PDF

Daftar Isi

Artikel

Zola Anjelia Putri, Nindy Lady Fandela, Elfira Septiansyah, Bimo Premono
PDF
1-12
Muhamad Yusup Hidayat, Ridwan Fauzi, Chairil Anwar Siregar
PDF
13-27
Reza Saputra
29-38
Muhammad Farid Al Faritsi, Yanto Santosa
39-51
Ilham Setiawan Noer, Hendra Gunawan, Dede Aulia Rahman
PDF
53-66
Fadjri Maarif, Himmah Rustiami, Priyanti Priyanti
67-82
Abban Putri Fiqa, Siti Sofiah
83-95