Jurnal Penelitian Hutan Tanaman

Jurnal Penelitian Hutan Tanaman merupakan publikasi ilmiah resmi yang menerbitkan tulisan hasil penelitian berbagai aspek Hutan Tanaman, antara lain: Perbenihan, Pembibitan, Teknik silvikultur, Pemuliaan pohon, Perlindungan Hutan Tanaman (meliputi hama penyakit, gulma, kebakaran), Biometrika, Sistem Silvikultur, Sosial Ekonomi, dan Pengelolaan Lingkungan Hutan Tanaman. Ruang lingkup Jurnal Penelitian Hutan Tanaman ada penambahan yaitu Sumber Benih.

Terbit pertama kali September 1996 dengan judul Buletin Penelitian Pemuliaan Pohon dengan ISSN 1410-1165, sejak April 2003 berganti judul menjadi Jurnal Pemuliaan Tanaman Hutan dengan ISSN 1693-7147, dan sejak April 2004 berganti Judul menjadi Jurnal Penelitian Hutan Tanaman dengan ISSN 1829-6327.

Dalam Satu tahun Jurnal Penelitian Hutan Tanaman terbit tiga kali (April, Agustus dan Desember), tetapi sejak terbitan terakhir Jurnal Penelitian Hutan Tanaman Vo. 12 N0. 3, Desember 2015, Jurnal Penelitian Hutan Tanaman dalam satu tahun terbit dua kali (Juni dan Desember). 

Pada tahun 2021, Badan Litbang dan Inovasi berubah menjadi Badan Standardisasi Perangkat Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan berubah menjadi Pusat Standardisasi Instrumen Pengelolaan Hutan Berkelanjutan sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 92 Tahun 2020 dan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 15 Tahun 2021. Oleh karena itu, nama penerbit diubah menjadi Pusat Standardisasi Instrumen Pengelolaan Hutan Berkelanjutan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan mulai berlaku pada Volume 19 Nomor 1 Tahun 2022.

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal Penelitian Hutan Tanaman  adalah jurnal akses terbuka, jurnal ini tidak membebankan biaya pengolahan artikel atau biaya pengiriman. Semua naskah yang diserahkan kepada Jurnal Penelitian Hutan Tanaman di bawah model penerbitan open access. Dalam model penerbitan ini, makalah melalui proses review oleh reviewer dan di bawah kendali tim editorial. Naskah akan terbit secara elektronik dan dapat diakses di website kami. Penulis juga dapat menggunakan pdf naskahnya yang telah terbit untuk penggunaan non-komersial di situs pribadi atau situs institusinya. Pengguna memiliki hak untuk membaca, men-download, menyalin, mendistribusikan, cetak, mencari, atau link teks lengkap ke Jurnal Penelitian Hutan Tanaman. 

 


Gambar Beranda Jurnal

Informasi

 

Akreditasi Jurnal Penelitian Hutan Tanaman

 
jpht  
Dikirimkan: 2018-07-18
 
Lebih banyak informasi...

Vol 19, No 1 (2022): Jurnal Penelitian Hutan Tanaman

Daftar Isi

Artikel

Mochamad Chanan, Febri Arif Cahyo Wibowo, Alisa Lila Nidha
PDF
1-9
Hardjanto Hardjanto, Yulius Hero, Melewanto Patabang
PDF
11-26
Endah Wahyuningsih, Maiser Syaputra, Pande Komang Suparyan, Andi Tri Lestari
PDF
29-45
Muhammad Reza Triatmojo, Prijanto Pamoengkas, Darwo Darwo
PDF
47-57
Irma yeny, S.P., M.Sc., Endang Karlina, Raden Garsetiasih, Renny Sawitri
PDF
59-74