Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Journal Penelitian Kehutanan FALOAK?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

I. KETENTUAN UMUM

Makalah adalah Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian bidang hasil hutan.

Penulis yang menyerahkan artikelnya harus menjamin bahwa naskah yang diajukan tidak melanggar hak cipta, belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang diajukan ke media lain untuk dipublikasikan, dengan aturan sebagai berikut:

  • BAHASA: Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan menggunakan kaidah penulisan ilmiah.
  • FORMAT: Naskah diketik pada kertas ukuran A4 (210 mm x 297 mm)  dengan 2 spasi. Pada semua tepi kertas dikosongkan 3 cm. Jumlah halaman antara 12 sampai 20 halaman. Isi tulisan diketik dengan Font Times New Roman, 12 pt.
  • JUDUL: Judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Judul dibuat tidak lebih dari 2 baris (berkisar antara 10-15 kata) dan harus mencerminkan inti dari isi tulisan. Nama penulis dicantumkan di bawah judul tanpa mencantumkan gelar dan jabatan. Judul diketik dengan font Times New Roman, 14pt, dicetak tebal, di bawah nama penulis diikuti nama lembaga tempat penulis bekerja, alamat instansi, no telp/faks serta alamat email penulis.
  • ABSTRAK: Abstrak ditulis dalam dua versi, yaitu abstrak panjang (250 kata) dan abtsrak singkat (50 kata), keduanya dalam dua bahasa, yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Abstrak diketik dengan font Times New Roman, 12pt, spasi dua, berisi kalimat pendahuluan, celah penelitian, tujuan penulisan/penelitian, metode, hasil dan kesimpulan yang menggambarkan esensi isi keseluruhan tulisan.
  • KATA KUNCI: Kata atau istilah kunci dicantumkan lima kata/istilah ditulis dalam Bahasa Inggris di bawah abstrak Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia di bawah abstrak Bahasa Indonesia.
  • TABEL: Judul tabel dan keterangan yang diperlukan ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan jelas dan singkat. Tabel harus diberi nomor sesuai urutannya. Penggunaan tanda koma (,) dan titik (.) pada angka di dalam tabel masing-masing menunjukkan nilai pecahan desimal dan kebulatan seribu. Seperti contoh berikut (tanpa garis vertikal) :
  • GAMBAR: Gambar grafik dan ilustrasi lain yang berupa gambar harus kontras dan dibuat dengan warna hitam /berwarna. Setiap gambar diberi nomor, judul dan keterangan yang jelas (font yang proporsional) dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  • FOTO: Foto harus mempunyai ketajaman (resolusi) yang baik, diberi judul dan keterangan yang jelas dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  • TUBUH NASKAH: Diatur dalam Bab dan Sub Bab secara konsisten sesuai dengan kebutuhan. Semua nomor ditulis rata di batas kiri tulisan, seperti:

   I,II,III,dst. untuk Bab
   A,B,C,dst. untuk Sub Bab
   1,2,3,dst. untuk Sub subbab
   a,b,c,dst. untuk Sub sub subbab  

  • SISTEMATIKA PENULISAN sebagai berikut :

        Judul: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (dalam kurung, miring)
        Penulis dan instansi penulis (alamat lengkap, No. telp dan kode pos), email penulis
        Abstrak: Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia
        I. Pendahuluan
        II. Bahan dan Metode
        III. Hasil dan Pembahasan
        IV. Kesimpulan  (ditambahkan Saran bila perlu)
        Ucapan Terima Kasih, dan Daftar Pustaka serta Lampiran (jika ada).

  • UCAPAN TERIMA KASIH: Berisi ucapan terima kasih kepada instansi atau lembaga pemberi dana dan perorangan yang telah mendukung pendanaan dan/atau tenaga yang secara signifikan membantu kelangsungan penelitian atau penulisan manuskrip. Jika indiividu sudah tercantum sebagai penulis, maka tidak perlu disebutkan lagi.
  • KESIMPULAN: adalah hasil dari pembahasan yang menjawab permasalahan penelitian. Isi kesimpulan menggunakan huruf dan gaya paragraf yang sama dengan bagian lainnya dalam bentuk uraian dan tidak dalam bentuk penomoran atau dengan pointer.
  • DAFTAR PUSTAKA: Pustaka yang dirujuk diusahakan terbitan paling lama sepuluh tahun terakhir dengan jumlah paling sedikit sepuluh pustaka yang bersumber dari acuan primer. Sumber dituliskan dengan mengikuti tatacara (style) yang dikeluarkan oleh APA (American Psychological Association) edisi ke-enam. Untuk menghindari kesalahan dalam penulisan format daftar pustaka kami sarankan untuk menggunakan aplikasi referensi seperti Mendeley seperti contoh berikut ini:

Turjaman, M., Santoso, E., Susanto, A., Gaman, S., Limin, S.H., Tamai, Y., ... Tawaraya, K. (2011). Ectomycorrhizal fungi promote growth of Shorea balangeran in degraded peat swamp forests. Wetlands Ecology and Management19(4), 331-339. doi:10.1007/s11273-0011-9219-1.

Hendra, D., Gusti, R.E.P., & Komarayati, S. (2014). Pemanfaatan limbah tempurung kemiri sunan (Aleurites trisperma) sebagai bahan baku pada pembuatan arang aktif [Utilization of kemiri sunan shell waste as raw material in manufacturing of activated charcoal]. Jurnal Penelitian Hasil Hutan32 (4), 271-282.

Wong, J. (2015, November). Are Asian furniture manufacturers ready for industry 4.0? FDM Asia, 27 (6). Diakses dari http://www.fdmasia.com/ebook/2015/NovDec/index.html#p=2

Siswiyanti, Y. (2015). Konstelasi politik kebijakan internasional perubahan iklim dalam pengelolaan hutan Indonesia secara lestari (Desertasi Doktor). Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Puspitojati, T., Rachman, E., & Ginoga, K.L. (2014). Hutan tanaman pangan: Realitas, konsep dan pengembangan. Yogyakarta: PT. Kanisius.

Santoso, A., & Malik, J. (2012). Perekat berbasis resorsinol dari ekstrak limbah kayu merbau. Dalam G. Pari, A. Santoso, Dulsalam, J. Balfas, & Krisdianto (Eds.) Prosiding Seminar Nasional Teknologi Mendukung Industri Hijau Kehutanan (hal.91-101).

II. KETENTUAN LAIN 

  1. Artikel dikirim ke portal ejurnal FALOAK (http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPKF/). Pada halaman login, buat user baru dengan mengklik register/daftar dan selanjutnya silahkan form yang ada diisi.
  2. Penulis dari luar Instansi Badan Litbang Kehutanan diharapkan menyertakan Curriculum Vitae singkat dan alamat yang jelas.
  3. Kepastian naskah dimuat atau tidak, akan diberitahukan secara tertulis.
  4. Dewan redaksi tidak bertanggungjawab terhadap setiap pernyataan dan pendapat ilmiah yang dikemukakan penulis.
  5. Dewan redaksi berhak mengubah naskah tanpa mengurangi isi yang terkandung di dalamnya, dan juga berhak menolak naskah yang dianggap tidak memenuhi ketentuan yang disyaratkan.

Untuk selengkapnya penulis bisa menggunakan template yang sudah kami sediakan pada header dalam sistem OJS ini.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. My manuscript has never been published before, or is being processed in another publication media.
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Naskah yang dikirim penulis ke Jurnal Penelitian Kehutanan Faloak (JPKF), bila diterima dan layak terbit maka hak cipta harus diberikan kepada JPKF dan Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Hasil Hutan Bukan Kayu selaku penerbit jurnal.

Copyright meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel di semua bentuk dan media, termasuk cetak, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Reproduksi setiap bagian dari jurnal ini, penyimpanan dalam database dan transmisi oleh media, seperti elektronik, elektrostatik dan mekanik salinan, fotokopi, rekaman, media magnetik, dll, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari Jurnal Penelitian Kehutanan Faloak dan Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Hasil Hutan Bukan Kayu.

Jurnal Penelitian Kehutanan Faloak dan Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Hasil Hutan Bukan Kayu menjamin para editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data yang salah atau menyesatkan, pendapat atau pernyataan dipublikasikan dalam jurnal.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.