Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Jurnal Penelitian Kehutanan Sumatrana?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

Naskah yang dikirimkan belum pernah dipublikasikan sebelumnya dan tidak dalam proses pengajuan di jurnal lain serta mengikuti kaidah berikut ini:

  • BAHASA: Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.
  • FORMAT: Naskah diketik pada kertas ukuran A4 (210 mm x 297 mm)  dengan spasi 1,5. Pada semua tepi kertas dikosongkan 3 cm. Jumlah halaman antara 12 sampai 15 halaman. Isi tulisan diketik dengan Font Tahoma, 11pt.
  • JUDUL: Judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Judul dibuat tidak lebih dari 2 baris (berkisar antara 10-15 kata) dan harus mencerminkan inti dari isi tulisan. Nama penulis dicantumkan di bawah judul tanpa mencantumkan gelar dan jabatan. Judul diketik dengan font Tahoma, 12pt, di bawah nama penulis diikuti nama lembaga tempat penulis bekerja, alamat instansi, no telp/faks serta alamat email penulis.
  • ABSTRAK: Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, tidak lebih dari 250 kata baik dalam bahasa Inggris maupun dalam bahasa Indonesia. Abstrak diketik dengan font Tahoma, 10pt, spasi satu. Menggambarkan esensi isi keseluruhan tulisan.
  • KATA KUNCI: Kata kunci dicantumkan di bawah abstrak, maksimal 5 kata ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, tidak menggunakan kata-kata yang ada dalam judul.
  • TABEL: Judul tabel dan keterangan yang diperlukan ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan jelas dan singkat. Tabel harus diberi nomor. Penggunaan tanda koma (,) dan titik (.) pada angka di dalam tabel masing-masing menunjukkan nilai pecahan desimal dan kebulatan seribu. Seperti contoh berikut (tanpa garis vertikal) :
  • GAMBAR: Grafik dan ilustrasi lain yang berupa gambar harus kontras dan jelas. Setiap gambar harus diberi nomor, judul dan keterangan yang jelas (font yang proporsonal) dalam bahasa Indonesia dan Inggris.
  • FOTO: Foto harus mempunyai ketajaman (rosolusi) yang baik, diberi judul dan keterangan yang jelas dalam bahasa Indonesia dan Inggris.
  • TUBUH NASKAH: Diatur dalam Bab dan Sub Bab secara konsisten sesuai dengan kebutuhan. Semua nomor ditulis rata di batas kiri tulisan, seperti:
        I,II,III,dst. Untuk Bab
        A,B,C,dst. untuk Sub Bab
        1,2,3,dst. untuk Sub subbab
        a,b,c,dst. untuk Sub sub subbab  
  • SISTEMATIKA PENULISAN adalah sebagai berikut :
        Judul: Bahasa Indonesia dan Inggris
        Penulis dan instansi penulis, email penulis
        Abstrak: Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia
        I. Pendahuluan
        II. Metode Penelitian
        III. Hasil dan Pembahasan
        IV. Kesimpulan dan Saran
        Ucapan Terima Kasih, dan Daftar Pustaka  serta Lampiran (jika ada).
  • UCAPAN TERIMA KASIH: Berisi ucapan terima kasih kepada suatu instansi jika penelitian ini didanai atau mendapat dukungan oleh instansi tersebut, atau jika ada pihak yang secara signifikan membantu langsung penelitian atau penulisan artikel ini, jika pihak tersebut sudah tercantum sebagai     penulis, maka tidak perlu disebutkan lagi.
  • KESIMPULAN: adalah hasil dari pembahasan yang menjawab permasalahan penelitian. Isi kesimpulan menggunakan huruf dan gaya paragraf yang sama dengan bagian lainnya serta  menghindari penggunaan bullet atau nomor.
  • DAFTAR PUSTAKA: Pustaka yang dirujuk diusahakan terbitan paling lama sepuluh tahun terakhir dengan jumlah paling sedikit sepuluh pustaka yang bersumber dari acuan primer. Sumber dituliskan dengan mengikuti tatacara (style) yang dikeluarkan oleh APA (American Psychological Association), Daftar pustaka yang dirujuk harus disusun menurut abjad berdasarkan nama belakang penulis buku/sumber dengan mencantumkan nama penulis, tahun terbit, judul pustaka, terbitan (Vol., No., Hlm.), kota penerbit dan penerbit, spasi 1 dan 6 pt setelahnya. Untuk menghindari kesalahan dalam penulisan format daftar pustaka kami sarankan untuk menggunakan aplikasi referensi seperti Mendeley sebagaimana berikut ini:
  • Herawati, H., and H. Santoso. (2011). Tropical forest susceptibility to and risk of fire under changing climate: A review of fire nature, policy and institutions in Indonesia. Forest Policy and Economics, 13(4), 227 – 233.
  • Bowyer, J.L., R. Shmulsky., and J.G. Haygreen. (2007). Forest Products and Wood Science: an introduction. Lowa : Blackwell Publishing.
  • Muslish, M., dan S. Rulliaty. (2011). Kelas awet 15 jenis kayu andalan setempat terhadap rayap kayu kering, rayap tanah dan penggerek di laut. Jurnal Penelitian Hasil Hutan 29(1), 67–77. 
  • Departemen Kehutanan. (2004). Peraturan Menteri Kehutanan Nomor: P.01/Menhut-11/2004 tentang Pemberdayaan Masyarakat Setempat di Dalam dan atau di Sekitar Hutan dalam Rangka Social Forestry. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Dephut.
  • Wikipedia. (2012). Konflik. Wikipedia Bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. http://www.id.wikipedia.org/wiki/Konflik  Diakses tanggal 5 Juni 2012.

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Naskah saya belum pernah diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam proses pada media publikasi yang lain.
  2. Tulisan tersebut adalah benar-benar hasil pemikiran sendiri/tim dan bukan merupakan penjiplakan dari sumber manapun (bebas plagiarisme)
 

Pemberitahuan Hak Cipta

The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Penelitian Kehutanan Sumatrana and Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Palembang, Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aek Nauli dan Balai Litbang Teknologi Serat Tanaman Hutan publisher of the journal.

Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Jurnal Penelitian Kehutanan Sumatrana and Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Palembang, Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aek Nauli dan Balai Litbang Teknologi Serat Tanaman Hutan

Jurnal Penelitian Kehutanan Sumatrana and Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Palembang, Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aek Nauli dan Balai Litbang Teknologi Serat Tanaman Hutan, the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal.

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang masukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau pihak lain.