PERSAMAAN ALLOMETRIK BIOMASSA DAN KARBON UNTUK PENDUGAAN SIMPANAN KARBON DALAM MENDUKUNG UPAYA KONSERVASI SAVANA CORYPHA UTAN

Dhany Yuniati, Hery Kurniawan

Abstract


Gewang (Corypha utan) merupakan jenis tanaman yang unik karena fungsinya sebagai sumber pangan, minuman, bahan bangunan (rumah, pagar, kandang) dan industri sederhana rumah tangga. Pemanfaatan oleh masyarakat dilakukan dengan penebangan pohon-pohon yang produktif sehingga mengancam kelestarian tanaman gewang. Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan daerah sebaran alami yang potensial bagi pohon gewang. Di sisi lain tegakan gewang juga memiliki fungsi sebagai penyerap dan penyimpan karbon, sehingga keberadaan tegakan dan proses permudaan perlu dijaga sejalan dengan upaya untuk meningkatkan simpanan karbon hutan savana di NTT. Informasi mengenai kandungan karbon dalam gewang menjadi penting karena dengan informasi tersebut dapat diketahui ukuran yang paling layak bagi gewang untuk ditebang dan dimanfaatkan. Sampai saat ini belum ada persamaan allometrik yang khusus dikembangkan untuk pendugaan potensi simpanan karbon pada savana gewang (C. utan). Penyediaan data dengan tingkat kerincian (Tier) 3 memerlukan pendugaan cadangan karbon yang dimulai dari pendugaan biomassa dan karbon dengan menggunakan yang spesifik terhadap spesies dan tempat (site). Tulisan ini mengemukakan model persamaan allometrik untuk pendugaan biomassa pada tanaman gewang (C. utan) dengan metode destruktif. Disamping itu dikemukakan pula model persamaan allometrik untuk pendugaan simpanan karbon pada tanaman gewang (C. utan) dengan pengukuran langsung menggunakan metode karbonasi atau pengarangan. Model persamaan allometrik untuk pendugaan biomasa batang tanaman gewang (C. utan) y = 19703x , pendugaan biomasa daun y = 8449x dan pendugaan biomasa pelepah y = 16855x . Hasil studi menghasilkan model persamaan allometrik untuk pendugaan karbon secara langsung pada daun tanaman gewang (C. utan) y = 10704x , pendugaan karbon secara langsung pada pelepah y = 15069x dan pendugaan karbon secara langsung pada batang y =27110x.

Keywords


Corypha utan; Persamaan allometrik; biomassa; karbon; konservasi

Full Text:

PDF

References


Losi, C.J., Thomas, G.S., Richard, C., Juan, E.M. 2003. Analysis of Alternative Methods for Estimating Carbon Stock in Young Tropical Plantations, Forest Ecology and Management 184, 355-368.

Monk, K.A., Y., de Fretes, Gayatri, R., Lilley. 1997. The Ecology of Nusa Tenggara dan Maluku. The Ecology of Indonesia Series. Vol V. 187 - 299.

Naiola, B. Paul, Johanis P. Mogea, Subyakto. 2007. Gewang: Biologi, Manfaat, Permasalahan dan Peluang Domestifikasi. Lembaga Ilmu Pe- ngetahuan Indonesia (LIPI). LIPI Press. Bogor.

Walpole, E.R. 1993. Pengantar Statistika (ed ke-3). Gramedia. Jakarta.

Wibowo, A. 2009. RPI Pengembangan Perhitungan Emisi Gas Rumah Kaca Kehutanan. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi dan Kebijakan Kehutanan. Bogor.

Yuniati, D., Hery, K. 2012. Penyusunan Persamaan Allometrik Borassus flabelifer dan Corypha utan Untuk Pendugaan Simpanan Karbon Hutan Savana di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Laporan Hasil Penelitian (Tidak Dipublikasikan).




DOI: https://doi.org/10.20886/jpsek.2013.10.2.75-84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan



Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan Indexed by:

 ...More

Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan (JPSEK)
eISSN : 2502-4221 pISSN : 1979-6013
JPSEK is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.