Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Buletin Eboni?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PETUNJUK PENULISAN NASKAH BULETIN EBONI

  1. Buletin Eboni adalah publikasi ilmiah dari Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Makassar yang menerima dan mempublikasikan tulisan hasil penelitian dan tinjauan atau pemikiran ilmiah dari berbagai aspek kehutanan seperti Silvikultur, Konservasi Sumberdaya Hutan, Sosial Ekonomi Kehutanan, Pemanfaatan Hasil Hutan atau makalah kehutanan lainnya yang relevan.
  2. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dan diketik pada kertas ukuran A4 (210 mm x 297 mm) dengan spasi 1,5. Pada semua tepi kertas dikosongkan 2,5 cm kecuali margin kiri lebarnya 3 cm. Jumlah halaman antara 12 sampai 15 halaman. Isi tulisan diketik dengan font Times New Roman, 12pt. Naskah diserahkan melalui penyerahan online di website jurnal.
  3. Isi naskah terdiri atas: Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan. Ucapan Terima Kasih, Daftar  Pustaka, dan Lampiran (jika ada).
  4. Judul Judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, dibuat tidak lebih dari 2 baris dan diusahakan tidak lebih dari 15 kata serta harus mencerminkan isi, tulisan dalam bahasa Indonesia dengan huruf kapital.Pada judul tidak boleh mencantumkan rumus-rumus.
  5. Nama Penulis (satu atau lebih) dicantumkan di bawah judul dengan huruf kecil dan dicantumkan tanpa gelar dan jabatan.
  6. Abstrak Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, merupakan intisari dari makalah secara keseluruhan dan bersifat informatif dan setidaknya mengandung latar belakang, tujuan penelitian, metode penelitian dan hasil penelitian (kesimpuan), dibuat tidak lebih dari 250 kata. Di bawah abstrak dibuat kata kunci dengan maksimal 5 kata.
  7. Pendahuluan berisi latar belakang/masalah, dasar pertimbangan, pendekatan dan tujuan penelitian/penulisan
  8. Uraian isi terdiri dari beberapa bab dan sub bab yang disesuaikan dengan kebutuhan dan informasi yang tersedia.
  9. Gambar, Garis, Grafik dan Foto memiliki ketajaman yang baik agar memungkinkan untuk dicetak jelas, serta diberi keterangan yang jelas dalam bahasa Indonesia dan diberi nomor urut.
  10. Kesimpulan Kesimpulan adalah hasil dari pembahasan yang mennjawab permasalahan penelitian.
  11. Catatan Kaki hanya digunakan pada kasus tertentu, yang mengandung keterangan tambahan dan bukan referensi.
  12. Ucapan Terima Kasih dapat ditulis, yaitu di bawah artikel utama yang menyebutkan, nama, tempat kerja dan bantuan yang diberikan. Ucapan terima kasih disampaikan hanya kepada orang/instansi/kelompok yang apabila tidak disebut akan mengurangi kesempurnaan tulisan.
  13. Daftar Pustaka (dianjurkan 10 tahun terakhir) disusun menurut abjad nama pengarang dengan mencantumkan tahun terbit, judul, media, penerbit dan kota penerbit.
  14. Penulis yang menyerahkan artikelnya bertanggung jawab/menjamin bahwa naskah yang diajukan tidak melanggar hak cipta, belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang diajukan di media lain untuk dipublikasikan.
  15. Tulisan yang merujuk studi pustaka harus dikaitkan dengan hasil penelitian.
  16. Dewan Redaksi dan Sekretaris Redaksi berhak mengubah, memperbaiki  makalah sepanjang tidak mengubah substansi tulisan. Bagi tulisan yang tidak diterbitkan akan dikembalikan kepada penulis apabila diperlukan.
  17. Petunjuk lebih detail bisa dilihat pada template yang kami sediakan dalam Website ini.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah saya belum pernah diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam proses pada media publikasi yang lain.
  2. Tulisan saya adalah benar-benar hasil pemikiran sendiri/tim dan bukan merupakan penjiplakan dari sumber manapun (bebas plagiarisme)
  3. Tulisan yang saya susun ini telah memerhatikan peraturan, pedoman, kaidah penulisan dan kode etik peneliti yang berlaku dibuktikan dengan melampirkan Surat Pernyataan Klirens Etik (Perka LIPI 08/E/2013) ketika penyerahan naskah (Submission online)
  4. Naskah yang diajukan telah ditulis menggunakan Aplikasi Pengolah Kata (Word: .doc /.docx). dengan Format dan Gaya sudah menyesuaikan template yang telah disiapkan
  5. Nama-nama penulis yang saya cantumkan adalah benar memiliki kontribusi signifikan dalam penulisan artikel. Kontribusi signifikan adalah melakukan penelitian, berpartisipasi dalam membuat desain penelitian, menganalisis data, dan menyiapkan tulisan.
  6. Struktur atau sistematika tulisan sudah terdiri: Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan Saran, Ucapan Terima Kasih, dan Daftar Pustaka.
  7. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, tidak lebih dari 250 kata dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Abstrak setidaknya mengandung unsur: latar belakang, tujuan penelitian, metode penelitian, dan hasil penelitian.
  8. Kami sudah mengerti dan paham Tugas dan Tanggung Jawab sebagai Pengarang/Penulis yang terdiri dari 7 (tujuh) poin, dengan membacanya di Kode Etik Publikasi.
  9. Komposisi Acuan Primer pada Daftar Pustaka min. 10 buah dan akan lebih baik jika persentasenya di atas 80% (jurnal internasional, jurnal nasional terakreditasi, skripsi, tesis, disertasi dll.)
 

Copyright Notice

The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Buletin Eboni and Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Makassar (Environment and Forestry Research and Development Institute of Makassar) publisher of the journal.

Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Buletin Eboni and Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Makassar (Environment and Forestry Research and Development Institute of Makassar)

Buletin Eboni and Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Makassar (Environment and Forestry Research and Development Institute of Makassar), the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.