Strategi Penyelamatan Eboni (Diospyros celebica Bakh.) dari Ancaman Kepunahan

Edi Kurniawan

Abstract


Diospyros celebica Bakh. adalah jenis eboni yang hanya dapat dijumpai tumbuh secara alami di Sulawesi, merupakan kayu mewah yang bernilai ekonomi tinggi sehingga tanaman ini banyak dicari. Eksploitasi secara berlebihan tanpa diimbangi dengan usaha rehabilitasi mengakibatkan potensi dan populasinya di hutan alam terus menurun dalam waktu relatif singkat, sehingga menjadikan statusnya dikategorikan sebagai jenis tumbuhan yang mulai langka dan terancam punah. Penyelamatan eboni dari ancaman kepunahan dapat dilakukan melalui tindakan silvikultur dalam bentuk permudaan dan penanaman eboni secara terkendali melalui pengendalian struktur, komposisi, kerapatan tegakan dan  pertumbuhan.

Keywords


Eboni; populasi; tindakan silvikultur

Full Text:

PDF

References


Allo M.K., 2008. Deskripsi ekologi habitat eboni (Diospyros celebica Bakh.) di Cagar Alam Kalaena, Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Penelitian Hutan Tanaman 5 (3) : 175 – 190.

Alrasyid, H. 2001. Kajian budidaya eboni. Makalah Pembahasan pada Lokakarya Manajemen Eboni dalam Mendukung Keunggulan Industri Menuju Otonomisasi dan Era Pasar Bebas. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Antara. 10 Mei, 2011. Kayu eboni Mamuju diselundupkan sampai Eropa.

Darusman, D. 2001. Kajian produksi, perdagangan, industri dan teknologi eboni. Makalah Pemabahasan pada Lokakarya Manajemen Eboni dalam Mendukung Keunggulan Industri Menuju Otonomisasi dan Era Pasar Bebas. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Nurkin, B. 2011. Partisipasi masyarakat dalam konservasi eboni di Maros, Sulawesi Selatan. Prosiding Loka Karya Nasional Status Konservasi dan Formulasi Strategi Konservasi Jenis-jenis Pohon yang Terancam Punah (Ulin, Eboni dan Michelia), Bogor, 18-19 Januari 2011. Hal : 204 - 2013. Pusat Penelitian dan Pengembangan Konservasi dan Rehabilitasi Alam. Bogor : Badan Litbang Kehutanan Bekerjasama dengan ITTO.

Riswan, S. 2001. Kajian biologi Eboni (Diospyros celebica Bakh.) Makalah Pembahasan pada Lokakarya Manajemen Eboni dalam Mendukung Keunggulan Industri Menuju Otonomisasi dan Era Pasar Bebas. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Soerianegara. I. 1967. Beberapa keterangan tentang jenis-jenis eboni Indonesia pengumuman no. 92. Bogor: Lembaga Penelitian Hutan.

Santoso dan Misto, 1995. Pengaruh tingkat naungan terhadap pertumbuhan anakan eboni (Diospyros celebica Bakh.) di HTI PT. Inhutani Gowa- Maros. Jurnal Penelitian Kehutanan, 9 (3), 36.

Soenarno, 1996. Degradasi potensi kayu eboni (Diospyros celebica Bakh.) di Sulawesi Tengah dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Eboni, (1). Ujung Pandang: Balai Penelitian Kehutanan Ujung Pandang.

Samedi, dan I. Kurniwati. 2001.Kajian konservasi Eboni. Manajemen Eboni (Diospyros celebica Bakh.) dalam Mendukung Keunggulan Industri Menuju Otonomisasi dan Era Pasar Bebas, Berita Biologi, 6 (2): 219 -232.




DOI: https://doi.org/10.20886/buleboni.5016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 Buletin Eboni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: